Sukses

7 Cara Mengecilkan Pantat Secara Alami, Atur Pola Makan dan Olahraga

Salah satu cara mengecilkan pantat, bisa dilakukan dengan olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Miliki tubuh yang ramping serta pantat seksi menjadi idaman banyak orang, khususnya bagi kaum wanita. Tidak sedikit dari mereka melakukan berbagai cara untuk membentuk tubuhnya agar area pantat dan paha menjadi terlihat kecil dan kencang. Cara mengecilkan pantat, bisa dilakukan dengan olahraga secara rutin serta mengatur pola makan.

Tak sedikit orang juga rela mengeluarkan biaya yang besar hanya untuk mengecilkan area pantat, mulai dengan konsumsi obat-obatan, operasi, atau perawatan pengikisan lemak atau melakukan cara-cara keras lainnya. Namun terdapat cara mengecilkan pantat yang mudah untuk dilakukan serta alami tanpa obat-obatan atau operasi pengikisan lemak. 

Perlu diketahui bahwa sesuatu yang terbentuk secara instan, tidak selalu aman dan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Melansir dari Journal of American Dietetic, cara mengecilkan pantat bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh.

Berikut ini cara mengecilkan pantat yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Kamis (25/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Pantat

1. Lari Cepat

Lari cepat dapat menjadi solusi sebagai cara mengecilkan pantat dan paha dengan cepat. Anda juga bisa melakukan olahraga ini dengan menggunakan treadmill atau berlari di taman, agar membakar kalori dan meningkatkan metabolisme Anda. Cara untuk melakukan olahraga ini adalah dengan berlari dengan kecepatan tinggi selama 30 detik, kemudian istirahat selama 30 detik, serta ulangi sesuai kemampuan fisik Anda. Semakin cepat Anda berlari maka semakin cepat juga otot pantat juga paha mengecil

2. Latihan Squat Jump

Cara mengecilkan pantat juga bisa melakukan olahraga squat jump. Olahraga ini merupakan alternatif untuk cara mengecilkan pantat dan paha dengan cepat. Cara untuk melakukan squat jump ini bisa dilakukan dengan berdiri, dan posisi kaki dibuka selebar bahu. Setelah itu, turunkan badan seperti Anda sedang duduk di kursi, dan menekuk lutut juga menurunkan pantat Anda. Cobalah untuk menjaga tubuh Anda agar tetap tegak lurus dan tahan selama beberapa detik, kemudian kembali ke posisi awal. Lakukan latihan ini secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

3 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Pantat

3. Naik Turun Tangga

Dengan naik turun tangga, maka dapat memudahkan Anda untuk mengecilkan pantat. Mungkin terdengar sepele, namun, cara mengecilkan pantat ini dapat mudah dilakukan serta memiliki hasil yang dapat maksimal. Lakukan latihan ini sebanyak mungkin selama 30 detik, kemudian istirahat selama 30 detik, dan ulangi selama 5 menit. Ketika olahraga naik turun tangga, otot betis, paha, juga pantat akan terlatih dan tertarik, serta menyingkirkan lemak maupun selulit. Jika tidak ada tangga maka Anda bisa menggunakan kotak atau kursi kecil setinggi lutut dengan permukaan datar. Kemudian berdiri di depannya, lakukan naik turun kursi selama 30 detik dan di ulangi ke dalam lima step.

4. Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu cara untuk mengecilkan pantat. Olahraga ini juga mudah untuk dilakukan. Ketika mengayuh sepeda, otot betis, papa, hingga pantat akan terlatih, serta mampu meluruhkan lemak di seluruh tubuh. Jika tidak memiliki sepeda, Anda bisa menggunakan sepeda stasioner di gym atau pusat kebugaran, lakukan sprint dengan mengayuh sepeda dengan cepat selama 20 detik, lalu istirahat selama 10 detik. Ulangi kegiatan ini sebanyak yang Anda rasakan nyaman.

5. Mengatur Pola Makan

Cara mengecilkan pantat juga bisa dilakukan tanpa olahraga, hanya dengan mengatur pola makan. Jika melakukan olahraga namun tidak seimbang dengan pola makan yang sehat, maka akan terasa sia - sia. Pada dasarnya, seseorang bisa menjadi gemuk jika asupan makan tidak terkontrol. Oleh karena itu, mulai menerapkan pola hidup yang sehat, dengan mengurangi makanan yang tinggi kalori dan lemak. Anda bisa mengganjal perut dengan mengonsumsi sayur atau buah-buahan segar, atau mengganti nasi dengan kentang dan telur rebus. 

 

4 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Pantat

6. Latihan Kardio

Cara mengecilkan pantat selanjutnya bisa dilakukan dengan mengikuti  latihan kardio secara rutin. Latihan kardiovaskular dapat membakar kalori dan memperkuat jantung, serta membantu mengurangi lemak tubuh. Memasukkan latihan interval intensitas tinggi (HIIT) dan latihan kardio dalam kondisi mapan, maka mengurangi total lemak tubuh dan mengencangkan paha Anda. Untuk latihan yang lebih maju dan pembakaran kalori, pertimbangkan untuk menambahkan satu sesi pengkondisian metabolik ke rencana kebugaran Anda. 

7. Olahraga Ketahanan Tubuh

Ikut berpartisipasi dalam aktivitas penguatan otot seluruh tubuh setidaknya dua hari seminggu cukup ampuh dalam membakar kalori, mengurangi massa lemak, juga memperkuat serta mengecilkan pantat dan paha. Sertakan latihan tubuh bagian bawah seperti lunge, wall sits, inner, uter thigh lift, dan step-up hanya dengan beban tubuh, lalu kunci untuk memperkuat kaki tanpa menggembung adalah menjaga repetisi tinggi 

Lakukan tiga putaran setiap latihan dengan istirahat minimal di antara setiap gerakan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan gerakan tubuh bagian atas ke latihan tubuh bagian bawah untuk gerakan dua-dalam-satu yang hebat untuk kebugaran secara keseluruhan. Misalnya, ambil beberapa dumbel dan lakukan lunge dengan bicep curl, atau squat dengan overhead shoulder press.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.