Sukses

4 Potensi Desa Wisata Tembi, Bantul, Yogyakarta, Ini Paket Wisatanya

Desa Wisata Tembi berada di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Liputan6.com, Jakarta - Desa Wisata Tembi berada di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Lokasi dari Desa Wisata Tembi ada di Jalan Parangtritis Km 8.5 yang diduduki oleh 866 jiwa. Apa saja yang menjadi potensi Desa Wisata Tembi ini?

Melansir dari situs website resmi Desa Wisata Bantul dan penelitian berjudul Strategi Pengembangan Desa Wisata Tembi dan Desa Wisata Nglanggeran dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat oleh Syfa Fauziah, ada empat potensi Desa Wisata Tembi yang perlu diketahui.

Potensi Desa Wisata Tembi yang dimaksudkan adalah wisata alamnya, wisata budaya, kesenian, dan kerajinannya. Wisatawan yang ingin menikmati potensi Desa Wisata Tembi bisa langsung berkunjung dan memilih paket wisata di Desa Wisata Tembi.

Berikut Liputan6.com ulas empat potensi Desa Wisata Tembi, Bantul, Yogyakarta, lengkap paket wisatanya, Kamis (25/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potensi Desa Wisata Tembi, Bantul, Yogyakarta

1. Wisata Alam Desa Wisata Tembi, Bantul, Yogyakarta

Alam yang menjadi potensi Desa Wisata Tembi tidak perlu diragukan lagi. Banyak area yang masih sangat asri dan hijau, seperti luasnya area persawahan. Nuansa asli pedesaan Yogyakarta sangat bisa dirasakan di Desa Wisata Tembi.

Wisata alam yang menjadi potensi Desa Wisata Tembi, memiliki area persawahan yang sangat luas dan terlihat hijau, serta banyak pepohonan yang berada di sela-sela rumah penduduk memberikan kesan teduh, adem, dan ayem.

Melansir dari situs website resminya, dari dua pintu masuk, sudah terlihat pemandangan yang sangat kental dengan nuansa desa. Sawah dan sungai mengelilingi dusun Tembi, ini memberi kesan pedesaan kondisi alam yang banyak disukai para wisatawan baik domestik atau mancanegara.

2. Kerajinan Desa Wisata Tembi, Bantul, Yogyakarta

Potensi kerajinan Desa Wisata Tembi ada banyak sekali. Kerajinan Desa Wisata Tembi ini dihasilkan oleh warga Tembi. Tak hanya diperjualbelikan kepada warga lokal, tetapi sudah ada yang di ekspor ke luar negeri seperti Amerika, Eropa, hingga Timur Tengah.

Kerajinan yang menjadi potensi Desa Wisata Tembi, terbuat dari bahan yang berserat alami. Ini adalah serat alam, seperti mendong, daun pandan, agel, kulit batang pisang (gedebok), gerabah, dan sebagainya.

Tak hanya dari serat alam, tetapi kerjinan yang menjadi potensi Desa Wisata Tembi juga berasal dari kulit hewan asli, kulit sintetis (vinyl), anyaman lidi dan bahan lainnya. Bahan tersebut mampu menghasilkan kotak pensil, pigura, tissue box, box, batik, keramik, gerabah dan masih banyak jenisnya.

Wisatawan bisa melihat hasil kerajinan sebagai potensi Desa Wisata Tembi di showroom pengrajin. Begitu pula bisa melihat secara langsung proses pembuatan kerajinan.

Di Desa Wisata Tembi, ada rumah kerajinan (workshop), sehingga wisatawan bisa mencoba membuat kerajinannya sendiri dengan bimbingan dari pengrajin Tembi yang sudah berpengalaman.

3 dari 4 halaman

Potensi Desa Wisata Tembi, Bantul, Yogyakarta Selanjutnya

3. Kesenian Desa Wisata Tembi, Bantul, Yogyakarta

Kesenian yang menjadi potensi Desa Wisata Tembi adalah berupa kesenian musik tradisional. Sebutan dari potensi Desa Wisata Tembi ini, seni musik Bangbung.

Musik Bangbung menjadi potensi Desa Wisata Tembi yang sangat ikonik, sudah ada sejak tahun 1947. Kesenian dari potensi Desa Wisata Tembi ini diciptakan guna menghibur para bala tentara yang sedang berjuang melawan penjajah pada saat itu.

Kelahiran potensi Desa Wisata Tembi ini terjadi pada saat Yogyakarta menjadi daerah ibukota. Apa saja yang termasuk alat musik sebagai kesenian potensi Desa Wisata Tembi?

- Bass atau Gong

- Gendang(Klenthing)

- Melodi terdiri dari Suling dan Harmonika

- Kencrung

Kini, musik potensi Desa Wisata Tembi seperti Bangbung digunakan dalam acara 17-an, sunatan, dan pernikahan. Lagu-lagu yang dimainkan Bangbung sebagai potensi Desa Wisata Tembi, lagu-lagu campur sari, keroncong, maupun lagu-lagu modern.

Bahkan saat ini, musik sebagai potensi Desa Wisata Tembi masih ada satu komunitas pelestari Bangbung yang bernama “Bangbung Kampoeng Tembi”.

4. Wisata Budaya Desa Wisata Tembi, Bantul, Yogyakarta

Budaya yang menjadi potensi Desa Wisata Tembi adalah berupa rumah adat yang masih kokoh berdiri dan adat istiadatnya. Kebanyakan dari penduduk di Desa Wisata Tembi masih menjalankan adat istiadat turun temurun dan tradisi kejawen.

Adat dan tradisi dari potensi Desa Wisata Tembi ini sudah ada sejak zaman dahulu, seperti genduren, genduri apem, nyadran, merti dusun, wiwit, among-among. Sementara rumah adat yang masih berdiri kokoh dan terus dilestarikan berupa rumah joglo, pendopo dan limasan.

4 dari 4 halaman

Paket Wisata Desa Wisata Tembi, Bantul, Yogyakarta

Apabila sudah memahami potensi Desa Wisata Tembi, kemudian jangan ragu-ragu lagi untuk mengunjunginya. Di potensi Desa Wisata Tembi, sudah ada beberapa paket wisata yang cocok disambangi bersama keluarga, kerabat, teman, dan pasangan.

Ini paket wisata dari potensi Desa Wisata Tembi yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Penginapan

Homestay Desa Wisata Tembi memiliki fasilitas lengkap. Pengunjung dapat memilih homestay yang ber AC atau pun tidak ber AC. Setiap kamar bisa dikenai harga mulai dari Rp300.000 hingga Rp750.000.

2. Outbound

Paket wisata Outbound ini dikenakan tarif Rp 20.000/orang untuk pelajar dan Rp 35.000/orang untuk umum. Kegiatan outbound di sini berupa aktivitas khas pedesaan seperti bermain di sawah atau permainan tradisional.

Beberapa kegiatan meliputi Lomba Banyu Mili, Pegang Belut di sawah, Pegang Bebek di Sawah, Lomba Bakiak/ Lari Theklek, Menyusuri Pematang Sawah, Membuat Memedi Manuk/ Hantu Sawah, Bajak Sawah, Tandur/Bertani, Gobag Sodor, Estafet Holahop, dan Tarik tambang lumpur.

3. Keliling Desa

Di sini pengunjung bisa berkeliling desa Tembi, Desa Gabusan, dan Desa Manding. Ada banyak rute yang bisa dipilih. Harga yang dibaderol pun tergantung pada rute yang akan dilewati. Ada pula paket keliling desa dengan sepeda onthel dengan tarif Rp. 35.000/10 jam.

4. Kuliner

Peserta akan diajak membuat jajanan tradisional seperti kue sagon dan goreng pisang. Penduduk Dusun Tembi ini sendiri yang akan turun tangan langsung mengajari para peserta. Paket kuliner tradisional ini dikenakan tarif Rp. 20.000/orang.

5. Lainnya

Menurut laman resminya, Paket Kegiatan Desa Wisata Tembi ini dibanderol mulai Rp. 187.500/orang hingga Rp. 320.000/orang. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain:

- Membatik kain atau topeng

- Membuat kerajinan tempat pensil

- Membuat atau mewarnai tembikar

- Paket kesenian gejok lesung atau Angklung

- Membuat tempe kedelai

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.