Sukses

12 Manfaat Kayu Manis dan Madu, Baik untuk Kesehatan hingga Kecantikan

Manfaat kayu manis dan madu baik untuk kesehatan hingga kecantikan, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh hingga menjaga kulit dari iritasi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kayu manis dan madu sudah banyak dimanfaatkan sejak jaman dahulu sebagai salah satu bahan obat herbal tradisional. Rasanya yang manis dan enak membuat kayu manis dan madu menjadi salah satu bahan alami serta obat tradisional favorit banyak orang.

Tidak hanya rasanya yang enak, manfaat kayu manis dan madu juga sangat banyak. Kayu manis dan madu ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan menyembuhkan beberapa penyakit serta bisa dijadikan bahan dasar untuk produk kecantikan.

Banyak literatur yang mendukung manfaat kayu manis dan madu yang baik untuk kesehatan serta kecantikan. Mulai dari kemampuannya dalam meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan penyakit batuk hingga melembabkan kulit yang kering.

Menjadi kombinasi obat herbal yang kaya rasa, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/8/2022). Tentang manfaat kayu manis dan madu yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kayu Manis Dan Madu

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat kayu manis dan madu yang pertama adalah dapat menurunkan resiko seseorang terserang penyakit jantung. Ramuan madu kayu manis sangat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dan mengontrolnya tetap dalam kadar normal.

Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan aterosklerosis, tetapi dengan memasukkan madu dan kayu manis ke dalam makanan sehari-hari anda, anda dapat mencegah risiko terkena penyakit terkait jantung.

 

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Asupan campuran madu kayu manis secara teratur diyakini dapat meningkatkan tingkat kekebalan pada individu. Ini juga kaya akan antioksidan dan sifat anti-bakteri yang membantu meningkatkan sistem pencernaan dan memperkuatnya untuk melawan berbagai penyakit dan penyakit.

Mengambil satu sendok teh madu, kayu manis dengan jus lemon dan air hangat dapat membantu membuang radikal bebas dan racun berbahaya dari sistem. Dengan demikian, memberi anda usus yang sehat dan membuat anda tetap aktif sepanjang hari.

 

3. Penambah Energi

Manfaat kayu manis dan madu yang berikutnya adalah untuk menambah energi. Campuran kayu manis dan madu serta air panas maupun dingin dapat membantu tubuh tetap berenergi dan waspada. Campurkan 3 sdt madu mentah dicampur dengan 1 sdt kayu manis kemudian dicampur dengan air hangat, lakukan hal ini untuk membuat minuman kesehatan alami yang lezat yang memberikan energi instan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kayu Manis Dan Madu

4. Memperkuat Sendi

Arthritis adalah rasa sakit yang disebabkan karena pembengkakan, peradangan dan kekakuan pada area persendian. Meskipun tidak ada bukti ilmiah langsung untuk menggunakan madu membantu mencegah rasa sakit, tetapi tetap disarankan untuk mengonsumsi campuran kayu manis dan madu setiap hari untuk meredakan rasa sakit.

Hal ini karena madu memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan dan meredakan rasa sakit. Madu juga dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga membantu menjaga anda terlindungi dari masalah persendian. Kayu manis dan madu juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan sendi.

 

5. Melawan Alergi

Manfaat kayu manis dan madu yang selanjutnya adalah dapat membantu melawan alergi. Alergi yang menyebabkan pilek dan batuk dapat disembuhkan dengan mengonsumsi 1 sdm madu yang dicampur dengan 1 sdt bubuk kayu manis. Namun, campuran ini harus diminum secara teratur selama 3 hari untuk hasil terbaik.

 

6. Menghilangkan Bau Mulut

Kehadiran propolis dalam madu membantu menyembuhkan masalah bau mulut. Ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang membantu penyembuhan gusi dan gigi dan mencegah infeksi penyakit. Dengan menggunakan madu pada gigi dan gusi akan membantu mengendalikan penyebaran bakteri berbahaya di dalam mulut.

Bakteri yang bila menumpuk di dalam mulut atau di lidah ini dapat menyebabkan mulut anda berbau tidak sedap. Berkumur dengan campuran madu dan kayu manis dengan air hangat membantu menghilangkan bau mulut. Lakukan setidaknya dua kali seminggu selama periode waktu tertentu untuk hasil yang diinginkan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kayu Manis Dan Madu

7. Menyembuhkan Masalah Tenggorokan

Menyembuhkan masalah tenggorokan menjadi manfaat kayu manis dan madu yang berikutnya. Sifat anti-bakteri, antimikroba, dan anti-virus dari madu dan kayu manis membantu menyembuhkan masalah tenggorokan dan infeksi tenggorokan. Cara terbaik untuk menyiapkan ini adalah dengan merebus 3-4 batang kayu manis dan mencampur air matang dengan 1 sdt madu.

 

8. Dapat Mengontrol Diabetes

Kayu manis mengandung flavonoid antioksidan yang efeknya sangat mirip dengan insulin, yang berarti dapat mendorong glukosa keluar dari aliran darah dan masuk ke sel-sel yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi.

Madu, sebagai sumber gula alami murni, tidak menyebabkan fluktuasi kadar gula darah seperti yang dilakukan oleh banyak sumber gula buatan, dan efek kayu manis, bila dikombinasikan dengannya, menunjukkan penggunaan glukosa yang stabil oleh tubuh, dan peningkatan diabetes tipe 2.

 

9. Mencegah Infeksi Kandung Kemih

Manfaat kayu manis dan madu yang masih sangat jarang diketahui adalah untuk mengobati dan mencegah infeksi kandung kemih. Satu sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dengan setengah sendok teh madu dalam air hangat membantu menghancurkan bakteri yang ditemukan di kandung kemih. Dengan demikian, menjaga anda terhindar dari tertular infeksi kandung kemih.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kayu Manis Dan Madu

10. Mengobati Gatal

Pasta yang terbuat dari madu dan kayu manis sering digunakan untuk mengobati gigitan serangga dan meredakan peradangan pada sumbernya. Kayu manis dianggap sebagai zat anti-inflamasi, sedangkan madu adalah komponen antiseptik dan terapeutik dari banyak produk kecantikan dan kosmetik.

Saat anda merasa gatal pada kulit namun tidak dapat menggunakan obat salep karena resiko alergi karena kulit sensitif, anda dapat menggunakan campuran kayu manis dan madu untuk salep. Dengan demikian, kombinasi mereka bekerja pada semua aspek iritasi kulit dan gigitan serangga secara bersamaan, sekaligus menjaga anda dari infeksi.

 

11. Membantu Perawatan Kulit

Manfaat kayu manis dan madu juga meluas ke perawatan kulit, di mana infeksi kulit ringan dan jerawat dapat diobati dengan aplikasi sederhana dari pasta yang terbentuk dari dua bahan alami dan obat tradisional ini.

Kayu manis dan madu dapat diterapkan pada luka atau pada kulit sebagai penyembuh karena karakteristik anti-inflamasi, antiseptik, dan antioksidan nya, yang dapat mengurangi munculnya bintik-bintik dan kerutan terkait usia dengan mengurangi dampak radikal bebas pada kulit.

 

12. Mengobati Arthritis

Mengobati Arthritis menjadi manfaat kayu manis dan madu berikutnya yang masih jarang diketahui. Madu dan kayu manis bermanfaat dalam meredakan radang sendi. Asupan pasta campuran kayu manis dan madu secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mengurangi nyeri sendi. Anda juga dapat mencampur madu dan bubuk kayu manis dalam air hangat dan mengonsumsinya teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.