Sukses

4 Manfaat Tumbuhan Paku bagi Manusia, Kenali Jenis-Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai manfaat tumbuhan paku yang wajib untuk kamu ketahui. Tumbuhan paku juga banyak dikenal di Indonesia sebagai pakis-pakisan. Tumbuhan ini banyak hidup di wilayah yang basah dan beriklim lembap. Tumbuhan ini juga cenderung banyak ditemukan di daerah yang relatif kurang subur.

Tumbuhan paku adalah salah satu jenis tumbuhan yang masuk ke dalam golongan Tracheophyta. Artinya, tumbuhan paku adalah jenis tumbuhan yang memiliki pembuluh sejati. Sistem pembuluh pada tanaman paku meliputi akar, batang, dan juga daunnya.

Bila tumbuhan lain berkembang biak dengan memproduksi biji, tetapi tumbuhan paku berkembang biak dengan memproduksi dan menggunakan spora. Spora yang dihasilkan oleh tanaman paku ini disimpan di dalam kotak spora atau yang disebut sebagai sporangium. Sementara itu, kumpulan sporangium berkumpul di dalam sorus yang dilindungi selaput disebut insidium.

Ada berbagai manfaat tumbuhan paku bagi kehidupan manusia. Manfaat tumbuhan paku yang paling terkenal dan populer ialah sebagai tumbuhan hias. Sebagian jenis tumbuhan ini juga bisa digunakan sebagai bahan makanan.

Berikut ini adalah berbagai manfaat tumbuhan paku bagi manusia yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (9/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Jenis Tumbuhan Paku Berdasarkan Fungsi Daun

Sebelum membahas tentang manfaat tumbuhan paku, kita harus membahas terlebih dahulu mengenai jenis tumbuhan paku. Jenis tumbuhan paku dibagi berdasarkan fungsi daunnya, ukuran daunnya, serta jenis spora yang dihasilkan. Berikut ini adalah berbagai jenis tumbuhan paku yang perlu kamu ketahui:

1. Jenis Tumbuhan Paku Berdasarkan Fungsi daunnya

Tumbuhan Paku Tropofil

Jenis tumbuhan paku berdasarkan fungsi daunnya yang pertama ialah paku tropofil. Pada tumbuhan paku tropofil, daun pada tumbuhan tersebut tidak menghasilkan spora. Daun pada paku jenis tropofil hanya bertugas sebagai tempat untuk proses fotosintesis (proses pembuatan makanan) pada tumbuhan itu saja. Daun ini akan membantu tumbuhan untuk menyerap air yang disalurkan melalui stomata yang kemudian akan diproses dalam fotosintesis.

Tumbuhan Paku Sporofil

Jenis tumbuhan paku berdasarkan fungsi daunnya yang kedua ialah tumbuhan paku sporofil. Pada jenis paku ini, daun bertugas untuk memproduksi spora untuk keperluan reproduksi tumbuhan paku tersebut. Spora yang diproduksi daun tersebut kemudian akan disimpan di dalam sporangium. Kumpulan spongarium yang juga di sebut sebagai sorus terletak di bagian bawah daun tersebut. Kamu bisa melihatnya sebagai bintik-bintik yang berwarna kuning, cokelat, atau cokelat kehitaman. Selain itu, sorus-sorus yang masih muda juga dilapisi oleh lapisan yang disebut insidium yang bertugas untuk melindunginya.

3 dari 5 halaman

Jenis Tumbuhan Paku Berdasarkan Jenis Spora

2. Jenis Tumbuhan Paku Berdasarkan Jenis Spora

Tumbuhan Paku Homospora

Jenis tumbuhan paku berdasarkan jenis sporanya ialah tumbuhan paku homospora. Spora yang dihasilkan oleh tumbuhan paku jenis ini hanyalah satu jenis saja. Selain itu, sporanya juga memiliki bentuk dan juga ukuran yang sama. Tumbuhan Paku homospora juga disebut sebagai tumbuhan berumah satu karena spora yang dihasilkan akan tumbuh menjadi protalium pembentuk anteridium maupun arkegonium.

Tumbuhan Paku Heterospora

Tumbuhan paku heterospora adalah jenis tumbuhan paku yang menghasilkan 2 jenis spora yang berbeda. Ukuran spora yang dihasilkan oleh tanaman ini juga berbeda. Paku heterospora disebut juga berumah dua. Spora yang berukuran besar atau makrospora berkelamin betina yang akan tumbuh menjadi makroprotalium pembentuk arkegonium. Spora yang berukuran kecil atau mikrospora berkelamin jantan akan tumbuh menjadi mikroprotalium pembentuk anteridium.

Tumbuhan Paku Peralihan

Tumbuhan paku peralihan adalah salah satu jenis tumbuhan paku berumah dua. Akan tetapi, berbeda dengan paku heterospora yang menghasilkan 2 jenis spora dengan ukuran yang berbeda, paku peralihan memproduksi 2 jenis spora dengan ukuran yang sama. Spora yang diproduksi oleh tanaman paku ini dapat tumbuh menjadi protalium yang akan membentuk salah satu alat kelamin.

4 dari 5 halaman

Jenis Tumbuhan Paku Berdasarkan Ukuran Daun

3. Jenis Tumbuhan Paku Berdasarkan Ukuran Daun

Tumbuhan Paku Mikrofil

Jenis tumbuhan paku berdasarkan ukuran daunnya yang pertama ialah tumbuhan paku mikrofil. Tumbuhan paku jenis ini memiliki daun yang berukuran kecil. Daun pada paku mikrofil tidak memiliki tulang pada struktur daunnya. Bentuk daunnya juga menyerpai sisik atau rambut serta tidak memiliki tangkai pada struktur daunnya. Paku mikrofil juga biasanya tidak memiliki diferensiasi sel untuk proses berkembangbiak.

Tumbuhan Paku Makrofil

Jenis tumbuhan paku berdasarkan ukuran daunnya yang selanjutnya ialah tumbuhan paku makrofil. Tumbuhan paku makrofil adalah jenis tumbuhan paku yang memiliki daun berukuran besar atau lebar. Daun pada tumbuhan paku makrofil biasanya bercabang dan memiliki tulang daun. Selain itu, daun tumbuhan paku jenis ini memiliki tangkai. Tumbuhan paku berdaun makrofil juga sudah mempunyai diferensiasi sel untuk proses perkembangbiakannya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Tumbuhan Paku

Setelah mengenal berbagai jenis tumbuhan paku, saatnya kita membahas tentang manfaat tumbuhan paku. Tumbuhan paku atau pakis-pakisan adalah salah satu jenis tumbuhan yang dapat dengan mudah ditemui di berbagai wilayah di Indonesia. Tumbuhan ini banyak ditemukan tumbuh liar di berbagai tempat, mulai dari di dinding hingga di selokan.

Banyaknya tanaman paku yang ditemukan di sekitar kita membuat tumbuhan ini sering kali hanya dilirik sebelah mata. Padahal, tanaman paku mempunyai berbagai manfaat bagi kehidupan manusia. Berikut ini adalah berbagai manfaat tumbuhan paku:

- Tanaman Hias: manfaat tumbuhan paku yang paling terkenal adalah sebagai tanaman hias. Ada berbagai jenis tumbuhan paku yang memiliki daun yang indah dan cantik membuat banyak orang memanfaatkannya untuk mendekorasi rumah mereka.

- Obat-Obatan: Tanaman paku juga terkenal sebagai tanaman obat. Tidak semua tumbuhan paku dapat digunakan untuk obat-obatan. Manfaat tumbuhan paku sebagai obat-obatan adalah untuk mengobati diare, reumatik, konstipasi, hingga peradangan liver.

- Pupuk: Manfaat tumbuhan paku yang berikutnya ialah sebagai pupuk. Ada berbagai jenis tumbuhan paku yang dapat membantu untuk menyuburkan tanah. Salah satu tumbuhan paku yang dapat membantu menyuburkan tanah ialah Azolla yang banyak ditemukan di tempat-tempat yang tergenang air seperti di sawah.

- Pakan Ternak: Manfaat tumbuhan paku yang berikutnya ialah sebagai pakan ternak. Daun paku, khususnya daun paku yang kering banyak digunakan sebagai pakan ternak.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS