Sukses

12 Penyebab Tumor Payudara yang Harus Diwaspadai, Hati-Hati Bisa Jadi Kanker

Penyebab tumor payudara yang harus diwaspadai dan dihindari karena jika dibiarkan dapat berkembang menjadi kanker.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab tumor payudara hingga saat ini belum diketahui secara pasti, namun terdapat beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan peluang seseorang mengidap tumor payudara. Tumor sendiri merupakan sebuah massa jaringan yang tumbuh abnormal, sedangkan untuk tumor payudara dibagi menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan ganas.

Faktor penyebab tumor payudara baik yang ganas maupun yang jinak umumnya dipengaruhi oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat dan juga paparan radiasi. Meski tidak seganas kanker payudara namun tumor payudara tetap perlu dicegah agar tidak terjadi komplikasi yang lebih berbahaya.

Sayangnya masih banyak wanita yang belum mengetahui faktor penyebab tumor payudara. Untuk meningkatkan kesadaran akan berbahayanya tumor payudara, maka penting untuk mengetahui penyebab tumor payudara bisa berkembang.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang tumor payudara, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber penyebab tumor payudara, Rabu (3/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Tumor Payudara dan Pengertiannya

Pengertian Tumor Payudara dan Perbedaannya dengan Kanker Payudara

Tumor Payudara berbeda dengan kanker payudara. Benjolan pada payudara biasanya dikaitkan dengan kanker payudara. Namun kenyataannya tidak semua benjolan di payudara bersifat kanker dan dapat mengancam nyawa.

Melansir dari National Breast Cancer, dimana terdapat perbedaan antara tumor jinak dan tumor ganas. Pada tumor jinak, biasanya dokter akan membiarkannya dan tidak melakukan prosedur pengangkatan kecuali jika tumor jinak menyebabkan rasa sakit atau komplikasi lainnya.

Sementara tumor ganas bisa disamakan dengan kanker kanker yang agresif karena jaringan tumor ganas ini dapat menyerang dan merusak jaringan di sekitarnya. Ketika tumor payudara dicurigai ganas, dokter akan melakukan tindakan pengangkatan agar jaringan tumor tidak semakin menyebar.

Banyak hal yang dapat menjadi faktor penyebab adanya benjolan di payudara, termasuk kanker. Tetapi sebagian besar benjolan payudara disebabkan oleh kondisi medis lainnya seperti kondisi payudara fibrokistik dan kista.

Kondisi fibrokistik menyebabkan perubahan non-kanker pada payudara yang dapat membuat payudara menjadi kental, nyeri, dan nyeri. Kista merupakan kantung berisi cairan kecil yang dapat berkembang di payudara.

3 dari 5 halaman

Penyebab Tumor Payudara

Penyebab Tumor Payudara

Meski belum ada penyebab pasti terjadinya tumor payudara, namun menurut penelitian yang telah dilakukan terdapat beberapa faktor penyebab tumor payudara, yaitu:

1. Kista Payudara

Penyebab tumor payudara yang pertama adalah adanya kista payudara. Kista payudara merupakan benjolan yang berisi cairan yang bisa terbentuk pada salah satu atau kedua payudara dan tidak bersifat kanker. Kondisi ini bisa dialami wanita di segala usia, tetapi paling sering dialami wanita berusia 35-50 tahun karena faktr hormone.

2. Nekrosis Lemak

Nekrosis lemak merupakan jenis tumor jinak yang disebabkan karena adanya kerusakan pada jaringan lemak di payudara. Kondisi ini bisa disebabkan karena cedera atau terapi radiasi. Nekrosis lemak lebih berisiko tinggi pada wanita yang memiliki payudara besar dibanding dengan payudara kecil.

Umumnya nekrosis lemak di payudara tidak membutuhkan penangan, namun bila pasien merasa tidak nyaman bisa dilakukan penanganan medis seperti, dengan beberapa metode bedah, mulai dari mastektomi, rekonstruksi payudara, lumpektomi, biopsi payudara hingga pengecilan payudara

3. Fibroadenoma

Selanjutnya ada Fibroadenoma, Fibroadenoma adalah salah satu tumor payudara jinak yang bersifat non-kanker. Kondisi ini terjadi ketika jaringan kelenjar dan jaringan stroma atau ikatan tumbuh secara berlebihan dan membentuk massa jaringan tumor. Sama seperti kista, biasanya fibroadenoma terjadi pada wanita berusia 15 hingga 35 tahun.

4. Genetik

Penyebab tumor payudara yang berikutnya adalah karena faktor genetika. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa penyebab tumor payudara yang paling sering ditemui ialah disebabkan oleh adanya faktor genetik. Seseorang dengan riwayat keluarga yang memiliki penyakit kanker payudara atau tumor payudara memiliki peluang lebih tinggi mengalami tumor payudara.

4 dari 5 halaman

Penyebab Tumor Payudara

5. Mengonsumsi Pil KB Berlebihan

Penyebab tumor payudara yang masih jarang diketahui adalah karena konsumsi pil KB secara berlebihan. Pil KB memiliki manfaat menunda masa kehamilan yang tidak diinginkan. Namun penting sekali untuk diketahui bahwa jika pil KB dikonsumsi secara berlebihan, dapat menimbulkan beberapa efek samping.

Salah satu efek samping yang dapat merugikan para perempuan adalah dapat menjadi penyebab tumor payudara, terutama jika dosis yang dikonsumsi terlalu banyak karena dapat mempengaruhi hormone dan pertumbuhan jaringan pada payudara.

6. Hormon

Masih berkaitan dengan penyebab diatas, faktor hormonal dalam tubuh juga menjadi salah satu penyebab tumor payudara. Penelitian menemukan penyebab tumor payudara yang paling sering ditemui ialah karena ketidakstabilan hormon pada tubuh.

Beberapa orang yang mengalami peningkatan pada hormon estrogen secara mendadak atau berlebihan dapat memicu tumbuhnya tumor di payudara. Selain itu, seseorang yang melakukan terapi hormon juga dapat menjadi salah satu pemicunya dan bisa terjadi pada perempuan maupun laki-laki.

7. Fibrokistik

Penyebab tumor payudara yang berikutnya adalah adanya Fibrokistik. Fibrokistik adalah benjolan payudara yang bisa muncul dan hilang selama terjadinya siklus menstruasi yang disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi selama siklus menstruasi. Umumnya fibrokistik dialami wanita usia 20 hingga 30-an tahun dan tidak memerlukan tindakan medis untuk menanganinya.

8. Kelebihan Berat Badan

Penyebab tumor payudara selanjutnya adalah saat anda mengalami kelebihan berat badan. Biasanya  perempuan yang memiliki berat badan yang berlebihan cenderung mudah terserang tumor payudara dan penyakit kronis lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

Hal ini terjadi karena lemak tubuh yang berlebihan dapat membuat hormon pada tubuh menjadi kurang stabil dan memicu tumbuhnya sel tumor atau kanker pada bagian payudara. Untuk itu, penting sekali untuk menjaga berat badan dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat dan rutin olahraga.

5 dari 5 halaman

Penyebab Tumor Payudara

9. Menopause

Penyebab tumor payudara yang masih jarang diketahui selanjutnya adalah karena faktor usia dan menopause. Penelitian menunjukan bahwa menopause juga bisa mejadi faktor penyebab terjadinya tumor payudara.

Banyak penelitian yang menunjukan bahwa seorang perempuan yang sedang menuju masa menopause atau sudah menopause, maka akan terjadi juga peningkatan jaringan tumor pada area payudaranya karena adanya pertumbuhan hormon yang tidak stabil.

10. Papiloma Intraduktal

Penyebab tumor payudara lainnya adalah adanya papiloma intraduktal. Penyebab tumor payudara jenis ini bersifat jinak dan berasal dari tumor kecil yang tersebar di saluran payudara. Papiloma intraduktal terbentuk melalui kelenjar, pembuluh darah dan jaringan fibrosa.

Papiloma intraduktal sendiri bisa berupa tumor tunggal atau solitary intraductal papilloma. Biasanya, papiloma intraduktal tumbuh di dekat puting pada payudara. Papiloma intraduktal perlu diwaspadai karena memiliki risiko tinggi berkembang menjadi kanker.

11. Terlalu Sering Begadang

Sering disepelekan, namun penelitian menunjukan bahwa begadang juga menjadi faktor penyebab tumor payudara. Karena ketika waktu tidur yang dimiliki tidaklah cukup untuk tubuh, maka hal tersebut dapat menjadi penyebab tumor payudara. Hal ini disebabkan oleh kurangnya tidur dapat menyebabkan hormon menjadi tak stabil dan memicu tumbuhnya tumor di area payudara.

12.  Jenis Makanan 

Faktor penyebab tumor payudara yang terakhir adalah salah konsumsi makanan. Perhatikanlah makanan yang dikonsumsi. Hindarilah jenis makanan yang mengandung lemak trans seperti makanan yang berlemak, makanan manis, makanan bersantan, dan berminyak yang kandungan lemak jahat didalamnya dapat menyebabkan tumbuhnya jaringan tumor pada payudara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.