Sukses

12 Penyebab Gigi Kuning yang Harus Kamu Waspadai

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa penyebab gigi kuning yang perlu kamu ketahui dan pahami. Pasalnya, gigi kuning bisa mempengaruhi penampilamu dan bisa menyebabkan seeorang kehilangan kepercayaan dirinya. Banyak orang yang mengira bahwa penyebab gigi kuning adalah makanan dan minuman yang dikonsumsinya saja. Padahal, faktor-faktor lain seperti genetik juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning.

Perubahan warna yang terjadi pada gigi terkadang berlangsung secara perlahan dan bertahap. Perubahan yang berlangsung secara perlahan bisa membuat orang tidak sadar dan mengabaikan permasalahan ini. Gigi kuning bukanlah masalah kesehatan yang serius, akan tetapi gigi kuning bisa membuat kita merasa kurang percaya diri ketika berbicara dengan orang lain ataupun tersenyum.

Beberapa orang mengira kalau penyebab gigi kuning adalah membusuknya makanan yang menempel di gigi. Akan tetapi, penyebab gigi kuning adalah menipisnya enamel gigi yang menyebabkan lapisan gigi yang kedua yang berwarna kuning (dentin) terlihat.

Berikut ini adalah beberapa penyebab gigi kuning yang dirangkum oleh iputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/7/2022)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Minuman Berkafein dan Makanan Manis

1. Minuman Berkafein

Penyebab gigi kuning yang pertama ialah konsumsi minuman berkafein. Minuman-minuman yang mengandung kafein adalah kopi, teh, dan cokelat. Minuman-minuman tersebut mengandung zat tannin yang bisa mengubah warna gigi dan menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning. Semakin banyak mengkonsumsi minuman berkafein, semakin cepat pula gigi menjadi berwarna kuning.

Kandungan tannin bisa menempel pada lapisan terluar gigi. Tannin yang menempel di gigi bisa menyebabkan warna gigi berubah menjadi kuning. Noda kuning di gigi bisa terlihat semakin jelas bila permukaan gigimu tidak rata.

Sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Dental Hygiene menemukan bahwa menambahkan susu pada teh bisa mengurangi risiko munculnya noda pada gigi. Hal ini terjadi karena kandungan protein dalam susu dapat mengikat tannin.

2. Mengkonsumsi Makanan Manis

Seperti yang sudah umum diketahui, mengkonsumsi makanan-makanan manis bisa menjadi penyebab gigi kuning. Mengkonsumsi berbagai makanan manis seperti permen dan es krim bisa membuat gigimu menjadi kuning.

Akan tetapi, munculnya noda pada gigi tersebut disebabkan oleh pewarna makanan yang terkandung dalam makanan tersebut, bukan karena kandungan gulanya. Pewarna makanan pada makanan tersebut bisa membuat gigi tampak kuning setelah dikonsumsi. Tidak hanya itu, pewarna makanan ini bahkan bisa menyerang akar gigi yang terlihat. Permasalahan ini lebih rentan menyerang anak-anak dibandingkan orang dewasa.

3 dari 7 halaman

Makan Kari dan Saus Tomat serta Obat Kumur

3. Konsumsi Kari dan Saus Tomat

Penyebab gigi kuning yang selanjutnya ialah konsumsi kari dan saus tomat. Mengkonsumsi kari bisa membuat gigi terlihat berwarna kuning. Hal ini disebabkan oleh warna kari tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa menambahkan sayur bayam ke dalam kari.

Di samping kari, saus tomat juga bisa menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning. Hal ini terjadi karena tomat mengandung asam yang bisa merusak gigi. Kandungan asam yang terdapat baik dalam kari dan saus tomat bisa merusak lapisan enamel gigi dan menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning.

4. Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Terlalu sering menggunakan obat kumur bisa menjadi salah satu penyebab gigi kuning. Kamu memang bisa menggunakan obat kumur untuk merawat kondisi gigimu. Obat ini bisa membantumu membunuh bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam mulutmu.

Akan tetapi, terlalu sering menggunakan obat kumur bisa merusak gigimu. Kandungan chlorhexidine yang merupakan senyawa pembunuh bakteri dan mengobati gingivitis dalam obat kumur bisa merusak gigimu dan menyebabkan gigimu menjadi kuning. Obat kumur memiliki kadar asam yang tinggi yang bisa menyebabkan mulut menjadi kering dan merusak lapisan enamel gigi. Mulut yang kering juga bisa membuat air liur tidak dapat bekerja secara maksimal. Padahal, air liur memiliki berbagai tugas seperti menjaga kelembapan mulut, mengurangi tingkat keasaman, melumpuhkan bakteri jahat, dan mencegah noda menempel pada enamel.

4 dari 7 halaman

Usia dan Genetik

5. Penuaan

Bertambahnya usia dapat menjadi penyebab gigi kuning. Seiring dengan bertambahnya usia, lapisan enamel pada gigi seseorang bisa menjadi semakin tipis dan rusak membuat gigi tersebut menjadi berwarna kuning. Selain itu, produksi air liur yang semakin sedikit juga bisa semakin mempercepat penggelapan warna di gigi.

Dilansir dari laman Mayo Clinic, perlindungan terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah penipisan lapisan enamel gigi adalah dengan memastikan produksi air liur yang tepat, sehingga dapat membersihkan makanan dan plak gigi, serta mendapatkan fluoride yang cukup.

Anda bisa menyikat gigi anda dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi berfluoride, minum air yang diolah dengan fluoride, dan temui dokter jika mengalami mulut kering untuk membantu mencegah lapisan enamel gigi semakin menipis.

6. Genetik

Penyebab gigi kuning yang berikutnya ialah genetik. Ya, faktor genetik bisa menyebabkan seseorang memiliki gigi yang berwarna kuning.

Seseorang memiliki gigi kuningn karena adanya ketidaksempurnaan pada dentinogenesis dan amelogenesis imperfekta seseorang. . Hal ini bisa menyebabkan gigi berkembang secara tidak tepat dan menyebabkan perubahan warna. Hal ini juga yang memengaruhi beberapa orang memiliki enamel gigi alami yang lebih terang atau lebih tebal daripada yang lainnya.

5 dari 7 halaman

Minuman Bersoda dan Antibiotik

7. Konsumsi Minuman Bersoda dan Alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda dan juga alkohol adalah salah satu penyebab gigi kuning. Minuman bersoda yang berwarna gelap memiliki sifat asam dan kaya akan kromogen, membuat gigi berubah warnanya menjadi kuning. Baik minuman bersoda maupun alkohol bisa merusak gigi dan membuat gigi menjadi berwarna kuning.

Selain itu, mengkonsumsi minuman bersoda yang dingin juga bisa mempengaruhi kesehatan gigimu. Minuman soda yang dingin bisa membuat gigimu menjadi ngilu. Selain itu, suhu dingin minuman bisa membuat pori-pori gigi menjadi terbuka membuat kandungan warna pada minuman tersebut menyerap ke dalam pori-pori gigi dan menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning.

8. Konsumsi Antibiotik

Penyebab gigi kuning yang berikutnya ialah konsumsi obat-obatan antibiotik yang berlebihan. Untuk orang-orang yang memiliki kondisi medis tertentu, mengkonsumsi obat--obatan ini adalah sebuah kebutuhan. Akan tetapi, terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik bisa menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning. Jenis obat-obatan dan antibiotik yang dimaksudkan seperti tetracycyline dan doxycycline. Keduanya sangat berisiko menjadi penyebab gigi berwarna kuning.

Selain kedua obat-obatan tersebut, ada beberapa obat lainnya seperti obat alergi dan tekanan darah yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Oleh sebab itu, anda perlu berkonsultasi dengan dokter anda supaya anda tidak mengkonsumsi obat-obatan tersebut secara berlebihan dan merusak gigi anda.

6 dari 7 halaman

Cara Menggosok Gigi dan Kelebihan Fluoride

9. Cara Menggosok Gigi yang Salah

Salah satu penyebab gigi kuning ialah cara menggosok gigi yang salah. Sebagian orang tidak peduli terhadap cara menggosok gigi yang baik dan tepat. Padahal, cara menggosok dan membersihkan gigi yang salah bisa menyebabkan lapisan enamel gigi menipis dan membuat gigi menjadi berwarna kuning.

Salah satu kebiasaan ketika seseorang menggosok gigi yang bisa merusak gigi adalah menggosok gigi terlalu keras dan kencang. Ketika seseorang menggosok giginya terlalu keras dan kencang, ia bisa merusak lapisan enamel gigi dan menyebabkan gigi terlihat menjadi kuning.

Oleh sebab itu, janganlah menggosok gigimu terlalu keras dan kencang. Selain itu, bersihkan gigimu minimal dua kali sehari, yakni setelah makan dan sebelum tidur untuk menjaga gigimu tetap sehat.

10. Kelebihan Fluoride

Fluoride adalah salah satu mineral yang penting bagi kesehatan gigi. Mineral ini dapat membantu kita untuk memperkuat enamel gigi dan mencegah pembusukan gigi. Meskipun kekurangan fluoride bisa menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan gigi, terlalu banyak fluoride juga tidak baik untuk gigimu.

Terlalu banya fluoride dapat menghasilkan Fluorosis . Hal ini dapat menimbulkan garis-garis putih atau bintik-bintik coklat pada gigi. Meskipun air sumur diketahui memiliki kadar fluoride yang cukup tinggi, akan tetapi biasanya kelebihan fluoride juga bisa terjadi karena bisa terjadi karena konsumsi suplemen secara teratur maupun berkumur menggunakan bilasan pasta gigi.

7 dari 7 halaman

Penyakit dan Merokok

11. Penyakit Tertentu

Ada berbagai kondisi medis ataupun penyakit tertentu yang bisa menjadi penyebab gigi kuning. Menurut beberapa peneliti, demam tinggi yang diderita ketika usia muda bisa menyebabkan gigi menjadi kuning karena terjadi infeksi.

Cedera yang dialami oleh seseorang juga bisa menjadi penyebab gigi kuning. Pada anak-anak cedera bisa mengganggu pembentukan enamel gigi di saat gigi permanen anak-anak masih berkembang, dan dapat membuat warna gigi menjadi keabu-abuan. Sementara itu, pada orang dewasa, cedera bisa merusak saraf gigi yang menyebabkan gigi menjadi kuning. Perawatan kanker juga bisa menyebabkan masalah ini.

12. Merokok

Seperti yang sudah banyak diketahui, merokok bisa menjadi salah satu menyebab gigi kuning. Terlalu banyak merokok dalam jangka waktu yang sama bisa merusak gigimu dan juga membuat gigimu menjadi gelap, dan bahkan merubah warna gusi. Selain itu, merokok juga bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan lain pada tubuhmu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS