Sukses

8 Macam Cabang Olahraga yang Populer di Indonesia

Inilah beberapa macam cabang olahraga yang populer di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai macam cabang olahraga yang terkenal di Indonesia. Olahraga adalah aktivitas yang melibatkan fisik dan keterampilan baik individu maupun kelompok. Olahraga bertujuan baik untuk menggunakan ataupun meningkatkan keterampilan fisik seseorang. Selain itu, olahraga juga bisa menjadi hiburan bagi penonton ataupun para pemainnya.

Olahraga tidak hanya menarik untuk hiburan, tetapi juga bagi kesehatan tubuh. Ketika seseorang berolahraga, seseorang harus menggerakkan sebagian atau seluruh tubuhnya. Dengan demikian, tubuh akan menjadi semakin terlatih dan semakin sehat. Selain itu, berolahraga juga bisa membantu kita untuk membakar lemak dan menjaga berat badan supaya tetap ideal. Oleh sebab itu, berolahraga secara rutin sering disarankan untuk menjaga supaya tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Olahraga juga membantu kita meningkatkan hubungan sosial kita. Dengan berolahraga, khususnya olahraga tim seperti sepak bola, dapat membantu kita untuk belajar bekerja sama di dalam tim atau kelompok dan membangun rasa kekeluargaan dan solidaritas. Selain itu, olahraga juga membantu kita untuk mengasah sportiitas.

Di Indonesia sendiri ada beberapa macam cabang olahraga yang terkenal. Setiap cabang olahraga memiliki keunikan dan peminatnya masing-masing. Lalu apa saja macam cabang olahraga yang terkenal di Indonesia?

Berikut ini adalah beberapa macam cabang olahraga yang terkenal di Indonesia yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (22/7/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Macam Cabang Olahraga

1. Sepak Bola

Macam cabang olahraga pertama yang paling terkenal dan terpopuler di Indonesia adalah sepak bola. Olahraga ini digilai oleh jutaan warga Indonesia, baik muda maupun tua.

Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang berjumlah 11 orang. Olahraga ini dimainkan di atas lapangan rumput yang memiliki panjang 100-110 meter dan lebar 64-75 meter. Di kedua ujung lapangan terdapat gawang yang masing-masing dijaga oleh satu tim.

Tujuan utama dari olahraga ini ialah untuk menjebol gawang lawan menggunakan kaki atau bagian tubuh lainnya selain tangan. Hanya penjaga gawang yang boleh menggunakan tangan untuk mencegah masuknya bola ke gawangnya di dalam kotak pinalti. Selain menjebol gawang lawan, tujuan lain dari olahraga ini adalah untuk menjaga gawang dari serangan musuh.

2. Futsal

Macam cabang olahraga berikutnya yang digandrungi di Indonesia ialah futsal. Banyak orang yang gemar bermain futsal untuk berolahraga dan menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Tidak hanya itu, olahraga ini juga banyak dijadikan kegiatan ekstrakulikuler di sekolah-sekolah.

Secara garis besar, olahraga futsal memiliki banyak kesamaan dengan sepak bola. Hanya saja, olah raga ini dimainkan di lapangan dalam ruangan (indoor) yang berukuran lebih kecil dari sepak bola. Lapangan futsal memiliki panjang 25 meter dan lebar 15 meter. Olahraga ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing beranggotakan 5 orang dan beberapa pemain cadangan. Sama seperti sepakbola, tujuan dari permainan ini adalah untuk menjebol gawang lawan yang berada di ujung lapangan dan menjaga gawang milik timnya dari serangan lawan.

3 dari 5 halaman

Macam Cabang Olahraga

3. Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah salah satu macam cabang olahraga yang terkenal dan populer di Indonesia. Banyak warga Indonesia, dari muda hingga tua, yang mencintai cabang olahraga ini. Kepopuleran bulu tangkis di Indonesia juga ditunjang dengan munculnya atlit-atlit bulu tangkis Indonesia yang menorehkan banyak prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Bulu tangkis sendiri bisa dimainkan secara perorangan ataupun beregu yang berisi 2 orang. Di sini para pemain harus memukul shuttlecock supaya mendarat di area permainan lawan untuk mencetak skor.

4. Tenis

Macam cabang olahraga yang selanjutnya ialah tenis. Tenis adalah cabang olah raga raket yang dapat dimainkan oleh individu melawan individu (tunggal) ataupun oleh dua regu yang beranggotakan dua orang. Dalam permainan ini, setiap pemain harus memukul bola karet yang berlubang dan dilapisi kain flanel ke area permainan lawan dengan menggunakan raket yang digantung dengan tali atau senar.

Olahraga ini bisa dimainkan di dalam ruangan maupun luar ruangan. Lapangan tenis memiliki ukuran panjang 23,77 meter dan lebar 8.23 meter untuk permainan tunggal. Sementara itu, untuk pertandingan ganda ukuran lapangannya memiliki panjang 23,77 meter dan lebar 10.97 meter. Permukaan lapangan tenis biasanya adalah lapangan rumput, keras, dan tanah liat.

4 dari 5 halaman

Macam Cabang Olahraga

5. Tenis Meja

Macam cabang olahraga yang terkenal di Indonesia yang berikutnya ialah tenis meja. Olahraga yang juga dikenal dengan nama ping pong ini hampir mirip dengan tenis. Olahraga ini berkembang sebagai olahraga dalam ruangan karena orang-orang yang ingin bermain tenis di musim dingin.

Olah raga ini cukup di mainkan di atas meja kecil yang berukuran 274 cm X 152,5 cm. Pada olahraga ini, para pemain harus memukul bola yang berukuran kecil dengan menggunakan raket yang terbuat dari kayu.

6. Basket

Macam cabang olahraga berikutnya yang populer di Indonesia ialah olahraga bola basket. Olahraga yang sangat terkenal di Amerika Serikat ini juga digilai oleh banyak orang di Indonesia. Sama seperti futsal, canbang olahraga ini juga banyak dijadikan aktivitas ekstrakulikuler di berbagai sekolah.

Cabang olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 5 orang dan beberapa pemain cadangan. Setiap tim harus melemparkan bola ke dalam ring yang memiliki ketinggian 10 kaki. Olahraga ini terkenal sebagai olahraga yang banyak mencetak pemain dengan postur tubuh tinggi.

 

5 dari 5 halaman

Macam Cabang Olahraga

7. Bola Voli

Bola voli adalah cabang olahraga berikutnya yang terkenal di Indonesia. Permainan yang satu ini digandrungi oleh banyak orang karena alat yang dibutuhkan dan cara memainkannya yang mudah.

Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang memiliki anggota 6 orang. Kedua tim tersebut harus mengirimkan bola menggunakan tangan ataupun anggota tubuh lainnya melewati net yang terdapat di tengah lapangan ke area permainan musuh. Setiap tim harus mencegah bola jatuh di area permainannya supaya tim lawan tidak mencetak poin.

8. Berenang

Macam cabang olahraga yang populer di Indonesia yang berikutnya ialah berenang. Berenang adalah sebuah cabang olahraga individu kompetitif. Setiap perenang berlomba-lomba untuk berenang dan mencapai garis finish lebih cepat dari perenang yang lain.

Berenang menjadi olahraga yang favorit dimasyarakat khususnya di musim panas. Berenang di musim panas tidak hanya membantu melatih tubuh, tetapi juga dapat menyegarkan tubuh. Dinginnya air kolam renang bisa membantu kita menyegarkan tubuh di hari yang panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.