Sukses

15 Cara Menghilangkan Ngorok, Secara Alami Hingga Medis

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan Ngorok atau mendengkur menjadi topik yang kerap kali ditanyakan. Ngorok atau mendengkur merupakan dampak dari terhalangnya saluran pernapasan yang akhirnya menyebabkan getaran pada saluran pernapasan sehingga menimbulkan suara dengkuran.

Suara dengkuran yang dihasilkan ini biasanya akan mengganggu orang lain dan mengurangi kualitas tidur dari penderita, oleh karena itu saat seseorang ngorok atau mendengkur perlu segera ditangani dengan berbagai macam cara menghilangkan ngorok yang bisa dilakukan.

Cara menghilangkan ngorok atau mendengkur harus disesuaikan dengan penyebab dari ngorok yang dialami seperti karena penyakit gondok, obesitas, tulang hidung bengkok atau hanya karena adanya sumbatan pada saluran pernafasan.

Dilansir dari laman healthline.com berikut ini Liputan6.com rangkum beberapa cara menghilangkan ngorok yang bisa dicoba, sesuai dengan penyebab dari kondisi ngorok atau mendengkur yang sedang dialami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Ngorok Dengan Pengobatan Rumahan Dan Perubahan Gaya Hidup

Kasus mendengkur yang disebabkan oleh faktor ringan seperti posisi tidur, seringkali dapat diobati dengan pengobatan sederhana. Perubahan gaya hidup tertentu juga dapat membantu mengobati dengkuran.

1. Tidur miring

Cara menghilangkan ngorok yang pertama adalah Tidur miring. Hal ini karena tidur telentang terkadang menyebabkan lidah bergerak ke bagian belakang tenggorokan, yang sebagian menghalangi aliran udara melalui tenggorokan. Tidur miring memungkinkan udara mengalir dengan mudah dan mengurangi atau menghentikan dengkuran anda.

 

2. Tidur yang cukup

Cara menghilangkan ngorok yang kedua adalah dengan memastikan mendapat waktu tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-9 jam tidur yang dibutuhkan orang dewasa setiap malam. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko mendengkur. Hal ini karena dapat menyebabkan otot-otot tenggorokan menjadi tidak rileks dan membuat anda lebih rentan terhadap obstruksi jalan napas.

 

3. Angkat kepala tempat tidur

Cara menghilangkan ngorok berikutnya yang bisa dicoba adalah mengangkat kepala tempat tidur beberapa inci agar dapat membantu mengurangi dengkuran dengan menjaga saluran udara tetap terbuka. Anda juga dapat menggunakan produk seperti penambah tempat tidur atau bantal untuk mendapatkan ketinggian kepala tempat tidur yang lebih baik.

 

 4. Gunakan strip hidung atau dilator hidung

Cara menghilangkan ngorok selanjutnya adalah dengan menggunakan strip hidung tempel yang ditempatkan di pangkal hidung  untuk membantu menambah ruang di saluran hidung. Hal ini dapat membuat pernapasan anda lebih efektif dan mengurangi atau menghilangkan dengkuran.

Anda juga bisa mencoba dilator hidung eksternal, yang merupakan strip perekat kaku yang dioleskan di atas hidung melintasi lubang hidung. Ini dapat mengurangi hambatan aliran udara, membuatnya lebih mudah untuk bernapas.

 

5. Batasi atau hindari alkohol sebelum tidur

Cara menghilangkan ngorok yang patut dicoba bagi anda yang mengkonsumsi alkohol adalah dengan tidak mengkonsumsi alkohol atau setidaknya selama 3 jam menjelang waktu tidur anda. Hal ini karena alkohol dapat mengendurkan otot-otot tenggorokan, menyebabkan dengkuran.

 

6. Hindari minum obat penenang sebelum tidur

Cara menghilangkan ngorok yang bisa dilakukan oleh orang yang mengalami insomnia adalah dengan menghindari obat penenang sebelum tidur. Jika anda menggunakan obat penenang , bicarakan dengan dokter untuk melihat apa pilihan obat penenang anda akan menyebabkan dengkuran atau tidak. Menghentikan penggunaan obat penenang sebelum tidur dapat meredakan dengkuran. Hal ini karena obat penenang juga dapat menyebabkan otot seperti otot tenggorokan menjadi rileks.

 

7. Cobalah untuk berhenti merokok, jika anda merokok

Berhenti merokok menjadi cara menghilangkan ngorok berikutnya, hal ini karena ,merokok adalah kebiasaan yang dapat memperburuk dengkuran anda. Salah satu alasan adalah karena merokok dapat meningkatkan risiko OSA atau memperburuk kondisi OSA yang dialami orang dengan gangguan pernapasan.

 

8. Pertahankan berat badan ideal

Cara menghilangkan ngorok yang berhubungan dengan gaya hidup yang harus dilakukan adalah menjaga berat badan. Jika anda memiliki kelebihan berat badan, penurunan berat badan akan membantu mengurangi jumlah jaringan di tenggorokan. Jaringan berlebih inilah yang kemudian menyebabkan anda mendengkur.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Ngorok Dengan Perawatan Medis

Dalam beberapa kasus mendengkur, penting untuk mencari perawatan dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang dibutuhkan untuk mengatasi kondisi yang mendasari terjadinya kondisi mendengkur. Berikut adalah perawatan medis yang biasa digunakan untuk mengobati dengkuran dan berbagai penyebabnya:

9. Mengobati alergi kronis

Cara menghilangkan ngorok melalui medis pertama adalah dengan mengobati alergi yang dimiliki. Banyak diketahui bahwa alergi dapat mengurangi aliran udara melalui hidung, yang memaksa anda untuk bernapas melalui mulut. Ini meningkatkan kemungkinan anda mendengkur. Bicarakan dengan dokter tentang jenis obat alergi yang dijual bebas  atau resep yang dapat memperbaiki kondisi alergi anda.

 

10. Memperbaiki masalah struktur anatomi di hidung

Cara menghilangkan ngorok yang bisa dilakukan berikutnya adalah dengan memperbaiki struktur bentuk hidung, hal ini biasanya dilakukan pada orang yang dilahirkan dengan struktur hidung yang tidak normal atau mengalami cedera seperti kecelakaan, struktur hidung yang tidak normal dapat berupa ketidak sejajaran dinding yang memisahkan kedua sisi hidung, yang membatasi aliran udara.

Struktur hidung yang tidak normal dapat menyebabkan pernapasan mulut saat tidur, mengakibatkan mendengkur. Untuk memperbaikinya mungkin anda perlu menjalani operasi, yang disebut septoplasty, untuk memperbaiki kondisi ini.

 

11. Gunakan mesin continuous positive airway pressure (CPAP) untuk OSA

Cara menghilangkan ngorok yang bisa dicoba untuk anda penderita OSA adalah dengan menggunakan mesin CPAP. Mesin CPAP adalah perawatan standar untuk OSA. Ini mengharuskan anda untuk mengenakan masker udara bertekanan tinggi di atas hidung, mulut, atau keduanya saat tidur. Mesin ini dapat membantu menjaga saluran udara pernapasan untuk tetap terbuka.

 

12. Gunakan alat oral

Cara menghilangkan ngorok secara medis berikutnya adalah dengan menggunakan alat oral yang harus diresepkan oleh dokter gigi. Peralatan mulut adalah perangkat khusus yang diresepkan dan dipasang oleh dokter gigi. Perangkat ini meningkatkan ukuran saluran napas bagian atas saat tidur, yang dapat mengurangi dengkuran.

 

13. Lakukan implan palatal

Cara menghilangkan ngorok secara medis selanjutnya adalah dengan melakukan implan palatal. Disebut juga prosedur pilar, operasi ini dirancang untuk mengurangi atau menghentikan dengkuran. Dalam prosedur ini, implan kecil dimasukkan ke dalam langit-langit lunak untuk mengurangi getaran pada jaringan. Implan palatal dirancang untuk menguatkan langit-langit lunak sehingga membantu menghentikan dengkuran.

 

14. Lakukan uvulopalatopharyngoplasty (UPPP)

Cara menghilangkan ngorok secara medis yang bisa dicoba lainnya adalah melakukan uvulopalatopharyngoplasty (UPPP). UPPP adalah prosedur yang digunakan untuk membuang jaringan berlebih di tenggorokan untuk memperlebar jalan napas. Hal ini membuat udara lebih mudah bergerak melalui tenggorokan saat bernapas, sehingga mengurangi dengkuran. Ini dapat dilakukan melalui teknik bedah tradisional atau bantuan laser.

 

15. Lakukan radiofrequency ablation (RFA)

Cara menghilangkan ngorok secara medis terakhir yang bisa dicoba adalah dengan melakukan radiofrequency ablation. Perawatan medis ini terbilang ringan karena menggunakan gelombang radio dengan intensitas rendah untuk mengecilkan jaringan di langit-langit hidung agar mengecil dan dapat mengurangi dengkuran.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS