Sukses

Pengertian Ekspresi adalah Gambaran Perasaan Seseorang, Ini Macam dan Fungsinya

Ekspresi adalah bisa diamati dari mimik muka hingga gestur tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Apa arti dari ekspresi? Memahami pengertian ekspresi adalah gambaran dari perasaan seseorang. Pengertian ekspresi adalah diungkap para ahli, bisa diamati dari mimik muka hingga gestur tubuh seseorang saat sedang berkomunikasi.

“Pengertian ekspresi adalah pandangan air muka yang memperlihatkan perasaan seseorang,” dijelaskan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Pengertian ekspresi adalah bagian terpenting dalam komunikasi. Seseorang yang pandai mengungkapkan ekspresi adalah bisa disebut sebagai seseorang yang memiliki keterampilan baik dalam komunikasi. Apa saja macam-macam ekspresi itu?

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian ekspresi, macam-macam ekspresi, dan fungsi ekspresi, Senin (11/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengertian Ekspresi adalah Gambaran Perasaan Seseorang

Memahami pengertian ekspresi adalah ungkapan yang bisa dilihat dari diri seseorang. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian ekspresi adalah pengungkapan atau proses menyatakan maksud, gagasan , perasaan, dan lainnya.

“Pengertian ekspresi adalah pandangan air muka yang memperlihatkan perasaan seseorang,” dijelaskan lebih mendalam.

Para ahli lainnya, Carole Wade & Carol Tavris (2007) dalam modul Jenis-Jenis dan Manfaat Senyuman yang dipublikasikan Universitas Komputer Indonesia, mengungkap pengertian ekspresi adalah berhubungan dengan gerak tubuh seseorang dan bisa disampaikan melalui bahasa.

Berdasarkan pengertian ekspresi adalah sebagaimana diungkap dalam KBBI dan ahli, pengertian ekspresi adalah bisa diamati dari wajah, mimik muka, sikap, atau perilaku seseorang terhadap suatu keadaan. Pengertian ekspresi adalah menjadi bagian terpenting dalam proses komunikasi atau penentu keberhasilan komunikasi.

Keadaan seperti apa saja yang bisa memengaruhi sesuai pengertian ekspresi tersebut?

Memahami keadaan yang bisa menggambarkan pengertian ekspresi adalah ada tujuh, keadaan ini biasa disebut sebagai macam-macam ekspresi. Masih melansir dari sumber modul yang sama, mengutip dari ahli dalam bidang ini Paul Ukman (2003) ini macam-macam ekspresi dan penjelasannya:

1. Ekspresi Marah

Ekspresi marah adalah dapat dipahami ketika kedua mata terlihat lebih tajam, kedua alis mengkerut, dan menekan area di sekitar hidung, dan daerah bibir menyempit.

2. Ekspresi Sedih

Ekspresi sedih adalah memiliki ciri mata bagian atas turun ke arah bawah, mata menjadi tidak fokus, dan bagian sudut bibir sedikit turun.

3. Ekspresi Senang

Ekspresi senang adalah memiliki ciri-ciri sudut mata berkerut, kedua sudut bibir menarik ke atas, dan kedua pipi terdorong naik. Ekspresi ini juga disebut senyuman.

4. Ekspresi Penghinaan

Ekpresi penghinaan adalah ditandai dengan sudut bibir menegang dan diangkat pada salah satu sisi wajah.

5. Ekspresi Jijik

Ekspresi jijik adalah terjadi ketika hidung dan daerah mata mengerut di daerah bagian atas dan bibir atas diangkat.

6. Ekspresi Takut

Ekspresi takut adalah memiliki ciri yaitu kedua alis terangkat secara bersamaan, kelopak mata di bagian atas terangkat, kelopak mata bawah menjadi tegang, dan bibir membentang horizontal meraik ke arah telinga.

7. Ekspresi Kaget

Ekspresi kaget adalah ditandai dengan kedua alis terangkat, mulut sedikit terbuka, dan kedua mata terbelalak.

3 dari 3 halaman

Fungsi Ekspresi dalam Komunikasi dan Penjelasannya

Pengertian ekspresi adalah bagian terpenting dalam proses komunikasi. Itu artinya dengan ekspresi adalah lawan bicara atau komunikan bisa memahami perasaan seseorang melalui gerak tubuh, pandangan mata atau kontak mata, ekspresi wajah, dan lainnya.

Selain memahami perasaan seseorang, apa fungsi ekspresi dalam komunikasi sebenarnya? Dalam modul berjudul 8 Fungsi Ekspresi dalam Komunikasi yang dipublikasikan Pakar Komunikasi, ini penjelasan tentang fungsi ekspresi dalam komunikasi:

1. Memahami Kepribadian Seseorang

Fungsi ekspresi adalah memahami atau mengetahui karakter seseorang yang biasanya dapat terlihat ketika seseorang sedang berbicara seperti pada saat interview. Kepribadian atau karakter yang baik mempengaruhi kehidupan seseorang yang memiliki profesi dalam suatu perusahaan. Hal ini berhubungan dengan kecerdasan emosi atau emosional dalam diri seseorang.

2. Mengukur Emosi Seseorang

Fungsi ekspresi adalah mengukur dan memperkirakan emosi atau emosional seseorang. Mengapa bisa demikian?

Ekspresi adalah tidak hanya dilihat dari raut wajah tetapi ekspresi dapat dilihat melalui gestur tubuh. Dijelaskan, apabila seseorang dalam kondisi sedih akan terlihat dari ekspresi wajah yang murung dan gestur tubuh yang lemas.

Sedangkan orang yang gembira memiliki ekspresi semangat dengan gestur tubuh yang segar dan licah. Sementara ekspresi wajah yang ceria adalah akan menampilkan sebuah senyuman.

3. Menghindari Kesalahpahaman

Fungsi ekspresi adalah memengaruhi keberhasilan komunikasi karena ini bisa menghindari terjadinya sebuah kesalahpahaman.

Dijelaskan, ketika seseorang tidak dapat memahami komunikasi verbal maka komunikasi non verbal seperti ekspresi mampu memberikan komunikasi yang lebih mudah dimengerti.

4. Meyakinkan Seseorang saat Berkomunikasi

Fungsi ekspresi adalah bisa meyakinkan seseorang saat berkomunikasi. Dicontohkan, seseorang dapat berbohong melalui komunikasi verbal tetapi melalui ekspresi seseorang akan sulit menutupi kebohongannya.

“Seseorang yang berbohong akan merasa gugup ketika menatap lawan bicaranya dan menunjukkan ekspresi wajah kebohongan lainnya,” dijelaskan.

5. Mewakili Komunikasi Verbal

Fungsi ekspresi adalah ini mewakili komunikasi verbal seseorang. Ekspresi sebagai komunikasi non verbal berfungsi untuk mewakili komunikasi verbal.

Dijelaskan, ketika seseorang berada dalam jarak yang cukup jauh, biasanya orang tersebut sulit berkomunikasi melalui verbal, maka lebih mudah menggunakan ekspresi seperti gestur tubuh.

6. Pelengkap dalam Komunikasi

Fungsi ekspresi adalah menjadi bagian pelengkap dalam komunikasi. Ekspresi sebagai komunikasi non verbal berfungsi sebagai complement atau pelengkap dalam komunikasi.

Dijelaskan, ekspresi adalah dalam gestur tubuh seringkali menjadi pelengkap dalam komunikasi verbal, tepat ketika seseorang kurang memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator.

7. Memahami Pola Pikir Orang Lain

Fungsi ekspresi adalah bisa membuat seseorang mudah memahami pola pikir orang lain hingga kepribadian orang lain bisa dipahami juga.

Dijelaskan, memahami pola pikir orang lain dapat dilakukan dengan mengetahui gestur tubuh dan ekspresi wajah seseorang. Orang memiliki masalah terlihat dari ekspresi wajah yang cemas.

8. Keterampilan dalam Komunikasi

Fungsi ekspresi adalah menjadi bagian dari keterampilan komunikasi. Dicontohkan, orang yang pandai menyesuaikan komunikasi dan ekspresi lebih mudah meraih kesuksesan.

“Seorang direktur perusahaan yang sedang sedih tidak akan menunjukkan kesedihannya ketika berdiskusi dengan koleganya,” dijelaskan.

Hal ini berhubungan dengan profesionalitas dalam bekerja. Orang yang memiliki jiwa profesional berarti orang tersebut menunjukkan ekspresinya sebagai keterampilan dalam berkomunikasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.