Sukses

6 Potret Butet Manurung, Wanita Indonesia yang Terpilih Jadi Model Boneka Barbie

Aktivis Butet Manurung terpilih jadi model boneka Barbie.

Liputan6.com, Jakarta Butet Manurung atau yang punya nama lengkap Saur Marlina Manurung terpilih menjadi salah satu dari 12 panutan global yang dibuatkan figur boneka oleh Barbie. Boneka Barbie Butet ditampilkan dalam busana daerah yang memakai atasan dari batik berwarna merah dipadukan dengan kain jarit.

Ia merupakan aktivis sosial asal Indonesia yang jadi model Barbie edisi menyambut Hari Perempuan Internasional 2022. Lewat unggahannya di Instagram, lulusan S1 Antropologi dan Sastra Indonesia di Universitas Padjadjaran itu mengungkapkan rasa bahagia dan syukurnya. Ia menyampaikan bahwa perempuan bisa menjadi apapun yang mereka impikan.

Dalam postingannya pada Jumat (4/3/2022) lalu itu Butet Manurung juga mengungkapkan harapannya pada anak-anak dan gadis-gadis muda di seluruh dunia untuk yakin pada dirinya sendiri. Selain Butet, ada 11 perempuan inspiratif lain yang terpilih menjadi model Barbie edisi khusus ini.

Wakilkan Indonesia, berikut ini 6 potret Butet Manurung yang jadi model boneka Barbie dirangkum dari Instagram pribadinya oleh Liputan6.com, Selasa (8/3/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Pemilik nama asli Saur Marlina Manurung ini merupakan aktivis sosial sekaligus antropolog Indonesia.

3 dari 7 halaman

2. Wanita kelahiran 21 Februari 1972 ini juga sekaligus sebagai pelaku pendidikan alternatif bagi masyarakat adat di Indonesia.

4 dari 7 halaman

3. Butet telah mendirikan sekolah sejak 2003 silam dan rela meninggalkan ibu kota demi memberikan ilmu bagi anak-anak yang ada di pedalaman.

5 dari 7 halaman

4. Sokola Rimba yang didirikannya telah berubah menjadi Sokola Institute. Sekolah ini bermanfaat bagi masyarakat adat untuk bisa mendapatkan pendidikan formal.

6 dari 7 halaman

5. Berbagai penghargaan pun pernah diraihnya, salah satunya penghargaan “Nobel Asia” Ramon Magsaysay Award 2014.

7 dari 7 halaman

6. Butet terpilih bersama 11 Barbie's Role Model lainnya, yakni para wanita inspiratif dari berbagai bidang seperti fashion designer, digital creator, astronaut, dokter, pengarang dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.