Sukses

Viral Cara Unik Pengerasan Jalan di Thailand, Ternyata Pernah Dicoba Indonesia

Cara unik yang dipakai Thailand rupanya pernah diterapkan Indonesia di tahun 80an hingga 90an.

Liputan6.com, Jakarta Viral di media sosial menampilkan video pengerasan atau pemadatan jalan yang unik di Thailand. Dalam video berdurasi 2 menit 25 detik itu, tampak jalanan yang masih berupa tanah membentang panjang dan disamping kanan kirinya terdapat pohon-pohon tinggi rimbun seperti hutan.

Dalam video yang diunggah oleh laman TikTok @susilo_samin_blora1, tampak banyak pekerja yang sedang mengerjakan proyek pembangunan jalan tersebut. Jalan yang masih berupa tanah lalu dicampur dengan semen. Semen tersebut diturunkan satu per satu dari atas truk dan diletakkan di sepanjang jalan.

"Pengerasan pemadatan jalan yang unik di Thailand," tulis pemilik akun TikTok @susilo_samin_blora1 dalam keterangan unggahan, seperti yang dikutip Liputan6.com pada Rabu (5/1/2022).

Para pekerja kemudian membuka satu per satu semen agar tercecer menutupi tanah. Mereka juga menggunakan motor grader untuk meratakan semen. Setelah itu, cairan khusus pun disiapkan untuk nantinya disemprotkan ke jalan yang akan dipadatkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Unik di Thailand

Sebelum cairan khusus itu disemprotkan, motor grader harus terus bolak balik untuk memastikan agar semen sudah bercampur rata dengan tanah. Baru setelah campuran tanah dan semen sudah benar-benar merata, cairan khusus yang tidak disebutkan namanya itu siap untuk disemprotkan.

Setelah proses penyemprotan tadi, alat berat tandem roller pun siap diturunkan untuk memadatkan dan meratakan jalan. Di Thailand, cara seperti pada video merupakan teknik unik yang dipakai oleh Negeri Gajah Putih tersebut untuk mengeraskan jalan.

3 dari 4 halaman

Pernah Dipakai di Indonesia

Mengutip dari komentar warganet dalam video TikTok tersebut, cara unik yang dilakukan Thailand rupanya sudah pernah diterapkan di Indonesia sejak tahun 80an hingga 90an. Menurut beberapa warganet, teknik ini sudah tidak lagi digunakan Indonesia karena hasilnya kurang memuaskan.

"Di Indonesia nggak zaman seperti itu teknik kuno hasilnya kurang memuaskan," tulis akun @ba***g.

"Ini bukan teknik baru, tahun 85 pernah diterapkan di Jambi oleh PT. Abun Sendi lokasi dari Paal V sampai Muara Bulian Jambi, jalan Lintas Sumatera," ujar akun @mul***an.

"Ini diterapkan di Indonesia juga. Di bawah tahun 1998. Rata-rata begini prosesnya, beda dengan sekarang," ungkap akun @om***bi.

Sementara itu, video ini telah ditonton hingga 5,1 juta oleh pengguna TikTok.

4 dari 4 halaman

Tonton videonya berikut:

@susilo_samin_blora1

Pengerasan Pemadatan jalan yang unik di Thailand #Jalan #buatjalan #faktaunik #tekniksipil #thailand🇹🇭 #gajahputih #alatberat #wowunix #trending #fypシ #viral

♬ suara asli - SusiloSamin_Blora - SusiloSamin_Blora

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.