Sukses

7 Cara Belajar Gitar dengan Cepat dan Mudah untuk Pemula, Harus Rajin Latihan

Cara belajar gitar untuk pemula bisa dipraktikkan dengan mudah, sehingga kamu cepat bisa.

Liputan6.com, Jakarta Cara belajar gitar untuk pemula bisa dipraktikkan dengan mudah, sehingga kamu cepat bisa. Namun, dalam menerapkannya kamu harus rajin latihan dengan rutin, sehingga kamu terbiasa. Latihan secara rutin akan membuat kamu cepat menguasai kunci-kunci dan lihai bermain gitar.

Gitar sendiri merupakan alat musik petik yang cukup populer di kalangan orang tua maupun anak muda. Apalagi alat musik satu ini sering digunakan untuk menghasilkan berbagai musik populer zaman sekarang.

Cara belajar gitar tak ayal menjadi suatu hal yang banyak dicari, terutama oleh anak muda. Selain menghibur, bisa bermain gitar dianggap membuat seseorang tampak keren. Banyak orang yang rela mengeluarkan uang untuk pandai bermain gitar dengan mengikuti les.

Bagi kamu yang tidak memiliki budget untuk mengikuti les gitar, kamu bisa mengikuti beberapa langkah mudah belajar gitar untuk pemula. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/6/2021) tentang cara belajar gitar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Belajar Gitar

Tentukan Posisi yang Nyaman

Langkah pertama cara belajar gitar untuk pemula adalah mengetahui bagaimana posisi bermain dan cara memegang gitar yang benar. Kamu perlu mencoba membuat dirimu merasa nyaman saat bermain gitar.

Pastikan tahapan pertama ini adalah memilih posisi yang nyaman. Pasalnya, jika kamu tidak nyaman dengan posisi dudukmu, akan membuatmu tidak fokus saat belajar cara bemain gitar.

Cara menentukan posisi yang nyaman adalah duduk di kursi dengan nyaman, dan tegakkan punggung dan bahu. Kemudian, dekatkan badan gitar ke perut dan dada. Lalu pegang bagian leher gitar dengan tangan kiri membentuk huruf V—ibu jari di bagian belakang dan 4 jari sisanya di depan.

Setelah itu, tahan badan gitar dengan bantuan kaki kananmu. Kemudian, coba tekan-tekan senar secara asal, mulai dari pelan hingga cepat, untuk melatih keseimbangan. Cobalah terus posisi memegang gitar ini setiap 5 menit sekali untuk membiasakan dan menyeimbangkan diri. Di awal-awal, punggung dan bahumu mungkin akan terasa sakit, tapi kamu akan terbiasa.

Pelajari Cara Tuning

Setelah mendapatkan posisi yang nyaman, maka saatnya kamu belajar untuk menyetem senar gitar. Pasalnya, enggak semua senar gitar langsung mengeluarkan suara merdu saat dipetik, apalagi jika baru pertama kali dibeli.

Belajar tuning perlu kamu lakukan agar gitar bisa menghasilkan suara petikan yang merdu. Belajar cara tuning senar gitar sangat penting karena bisa membuat telingamu terbiasa mendengar nada yang tepat.

Tips cara menyetem senar gitar:

- Ketahui nama-nama senar. Dari atas (yang paling tebal) ke bawah (yang paling tipis) urutannya adalah E, A, D, G, B, dan E’.

- Atur tuner (putaran yang ada di kepala gitar) sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau menginginkan nada yang tinggi, kencangkan senar gitarmu. Tapi jika kamu menginginkan nada rendah, putar tuner-nya sampai senar mengendur dengan tepat.

Kencang atau kendurnya senar ini sangat mempengaruhi nada yang akan dihasilkan. Tepat atau tidaknya nada yang dihasilkan bisa kamu ketahui sendiri jika sudah terbiasa mendengarnya.

Sekarang ini sudah banyak aplikasi gitar tuner yang memudahkanmu dalam menyetem gitar. Kamu tinggal menyamakan nada yang senar dengan yang tertera pada aplikasi tersebut. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk malas-malasan berlatih.

3 dari 4 halaman

Cara Belajar Gitar

Pelajari Kunci Dasar

Mempelajari kunci dasar merupakan salah satu cara belajar gitar yang sangat penting. Ada kunci A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan juga G. Setiap kuncinya, memiliki cara sendiri untuk dimainkan dan dipetik. Pengetahuan dasar semacam ini harusnya sudah kamu ketahui dulu sebelum mulai belajar memainkan kunci-kunci lainnya. Untuk memudahkan proses belajar, kamu bisa mencatat kunci-kunci dasar gitar di buku khusus.

Cara Memetik

Setelah mengenali chord atau kunci dasar, kamu bisa mulai untuk naik level dengan belajar memetik gitar. Cara belajar gitar ini tak kalah penting untuk dipelajari, karena kamu harus hafal penempatan jari pada setiap senar. Pada tahap ini kamu belajar menggunakan 5 jari.

Cobalah mulai dengan meletakkan ibu jari di senar paling atas untuk memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4. Kemudian jari telunjuk digunakan untuk senar nomor 3, jari tengah nomor 2, dan jari manis untuk senar nomor 1.

Dengan cara belajar gitar ini, pelan-pelan kamu bisa lebih mudah untuk menguasai bagaimana memetik senar gitar. Terpenting adalah hafal di mana letak atau posisi jari kamu pada senar. Setiap kunci gitar memiliki cara sendiri dan menghasilkan nada yang berbeda.

4 dari 4 halaman

Cara Belajar Gitar

Kuasai Kunci Dasar dengan Latihan Rutin

Cara belajar gitar untuk pemula yang paling penting adalah rutin belajar menekan senar pada fret atau logam tegak lurus yang ada di leher gitar. Pastikan kamu hanya merasakan getaran di jari yang menekan senar saja. Setelah itu mulailah memainkan kunci dasar.

Pilih dari yang menurut kamu termudah, misalnya kunci A karena masih berada dalam 1 ruas yang sama. Jangan asal genjreng saja. Usahakan kamu bisa menghasilkan nada yang merdu dan jernih. Kalau sudah berhasil memainkan 1 kunci dengan jernih, kamu baru boleh berganti memainkan kunci yang lainnya.

Ulangi langkah-langkah tersebut untuk memainkan kunci yang lain. Jika sudah bisa semua, jangan langsung buru-buru ingin memainkan lagu. Berlatihlah lagi selama beberapa waktu supaya kamu semakin hafal letak kuncinya dan jarimu semakin lihai dalam memainkannya.

Kuasai 1 Lagu dengan Kunci Dasar

Setelah mahir memainkan kunci dasar maka cara belajar gitar selanjutnya adalah memilih satu lagu dengan kunci dasar. Pilih dulu lagu yang mudah dengan kunci-kunci dasar supaya jarimu lebih terbiasa. Dengan memilih satu lagu utuh, maka jari-jari akan terlatih untuk bergerak dari satu kunci ke kunci lainnya. 

Jika sudah berhasil memainkan satu lagu secara utuh, kamu bisa mencoba memainkannya di depan teman-temanmu untuk meminta kritik dan saran, untuk kemudian naik level untuk belajar melodi.

Belajar Melodi

Bagi pemula yang sedang berlatih cara belajar gitar, tahap ini mungkin merupakan bagian paling sulit. Pada tahap ini kamu mulai belajar melodi dan membaca not. Berikut ini ada 3 langkah yang bisa kamu lakukan saat belajar melodi:

1. Cari tahu melodi gitar dengan membaca tabulasi. Tabulasi adalah proses menempatkan sebuah data dalam bentuk tabel yang isinya not-not untuk memudahkan kamu dalam belajar melodi.

2. Pahami scale. Ini adalah cara untuk mencari melodi dalam lagu. Kalau kamu sudah paham tentang scale, kamu bakal mudah menebak melodi pada lagu. Scale yang paling umum dan mudah dipahami adalah pentatonic scale.

3. Kalau kamu sudah mengenali tabulasi dan scale, tahap terakhir cara belajar gitar untuk pemula adalah belajar berimprovisasi. Cara ini membutuhkan feeling yang bagus, pendengaran, dan insting yang kuat dalam menentukan nada. Kamu bisa melatihkan dengan mendengar sebuah lagu, kemudian menyusun nada yang sesuai dengan alur dalam satu melodi.

Tahap ini memang lebih rumit dari langkah sebelumnya. Proses terpenting dalam belajar melodi adalah feeling, skill, dan improvisasi dalam menghubungkan not demi not. Sehingga dengan cara itu, kamu bisa menciptakan harmoni yang indah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini