Sukses

3 Cara Membuat Acar Bawang Putih ala Korea dan Manfaatnya

Acar bawang putih sempat viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat acar bawang putih kini banyak dicari. Acar bawang putih sempat populer di media sosial. Di TikTok misalnya, ada banyak video yang menampilkan cara membuat acar bawang putih ada orang yang mengonsumsinya.

Ini membuat cara membuat acar bawang putih sempat viral. Banyak orang yang kemudian mencoba cara membuat acar bawang putih sendiri. Acar bawang putih memang sudah terkenal sebagai makanan fermentasi di Korea.

Cara membuat acar bawang putih sebenarnya cukup sederhana. Cara membuat acar bawang putih memanfaatkan proses fermentasi. Dengan cara membuat acar bawang putih, bawang akan tersimpan lebih lama dan lebih nikmat dikonsumsi.

Berikut cara membuat acar bawang putih yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (20/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara membuat acar bawang putih

Bahan:

450 gram siung bawang putih

1 sdm garam

300 ml air

150 ml cuka masak

Cara membuat acar bawang putih:

1. Rendam bawang putih dalam air panas selama 30 menit, kupas, cuci bersih, lalu masukkan dalam stoples.

2. Larutkan cuka dengan air dan garam. Tuang ke dalam stoples. Stoples ditutup rapat.

3. Diamkan selama 5-7 hari. Acar bawang putih siap dikonsumsi.

3 dari 6 halaman

Cara membuat acar bawang putih pedas

Bahan:

4 sampai 6 umbi bawang putih

3 buah cabai merah kering

1 cup cuka

1 sendok teh garam

1 sendok teh gula

Cara membuat acar bawang putih pedas:

1. Didihkan air dalam panci besar. Sementara itu, pisahkan bawang menjadi siung utuh. Masukkan bawang putih ke dalam air mendidih dan masak selama 30 detik.

2. Tiriskan dan bilas bawang putih dengan air dingin. Kupas bawang.

3. Masukkan bawang dalam stoples 1 liter, dan masukkan cabai kering.

4. Campurkan cuka, garam, dan gula dalam mangkuk, aduk hingga garam dan gula larut sepenuhnya.

5. Tuangkan campuran di atas siung bawang putih untuk menutupinya sepenuhnya.

6. Tutup stoples dengan penutup dan simpan di lemari es setidaknya selama 1 bulan sebelum digunakan. Acar bawang putih akan terus, dingin, untuk setidaknya satu tahun.

4 dari 6 halaman

Cara membuat acar bawang putih tunggal

Bahan:

500 gram siung bawang putih tunggal

1-2 sendok teh garam

1-2 sendok makan gula pasir

3 sendok makan cuka masak

250 ml air

Cara membuat acar bawang putih tunggal:

1. Rendam bawang putih tunggal dalam air panas selama 30 menit. Kemudian kupas, cuci bersih, dan masukkan ke dalam toples.

2. Setelah itu, tambahkan garam dan aduk merata dengan bawang putih tunggal dan simpan di dalam toples yang telah ditutup dengan rapat.

3. Rebus air dengan gula hingga larut. Lalu, tambahkan cuka masak, aduk rata dan tunggu hingga agak dingin.

4. Tuangkan hasil rebusan gula, air, dan cuka tadi ke dalam toples yang berisi bawang putih tunggal dan tutup dengan rapat.

5. Diamkan sekitar 2-3 hari untuk membuat acar bawang putih tunggal menjadi lebih sempurna.

5 dari 6 halaman

Manfaat bawang putih

Antibiotik alami

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Antimicrobial Chemotherapy, bawang putih dikenal dengan sifat antibiotiknya yang kuat. Dialil sulfida, senyawa dalam bawang putih, 100 kali lebih efektif daripada dua antibiotik populer dalam memerangi bakteri Campylobacter. Bakteri Campylobacter adalah salah satu penyebab paling umum dari infeksi usus.

Lindungi jantung

Bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Efek ini dapat menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Konsumsi bawang termasuk cara yang aman dan sederhana untuk menjaga kesehatan jantung.

Kontrol kolesterol

Bawang putih dapat menurunkan kolesterol total dan LDL. Ilmuwan Amerika menemukan bahwa suplemen ekstrak bawang putih tua dapat membantu menurunkan kolesterol LDL sebesar 10% pada partisipan pria hiperkolesterolemia.

Kontrol tekanan darah

Ekstrak bawang putih matang mengandung senyawa belerang bioaktif, S-allylcysteine, yang telah ditemukan secara efektif menurunkan tekanan darah.

 

6 dari 6 halaman

Manfaat bawang putih

Mendetoksifikasi Logam Berat dalam Tubuh

Pada dosis tinggi, senyawa belerang dalam bawang putih telah terbukti melindungi terhadap kerusakan organ dari toksisitas logam berat. Sebuah studi empat minggu pada karyawan pabrik aki mobil (paparan timbal yang berlebihan) menemukan bahwa bawang putih mengurangi kadar timbal dalam darah sebesar 19%. Ini juga mengurangi banyak tanda-tanda klinis toksisitas, termasuk sakit kepala dan tekanan darah.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Penelitian pada hewan pengerat telah menunjukkan bahwa itu dapat meminimalkan keropos tulang dengan meningkatkan estrogen. Satu studi pada wanita menopause menemukan bahwa dosis harian ekstrak bawang putih kering (sama dengan 2 gram bawang putih mentah) secara signifikan menurunkan penanda defisiensi estrogen.

Mencegah Penyakit Alzheimer dan Demensia

Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Efek gabungan pada pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat mengurangi risiko penyakit otak umum seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

Atasi pilek

Bawang putih tunggal mengandung enzim alliinase dan alliin yang bisa menangkal virus. Sehingga jika kita rutin mengonsumsinya dapat memperkuat daya tahan tubuh. Ini bisa membantu mencegah pilek dan flu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.