Sukses

9 Cara Membasmi Rayap di Rumah yang Ampuh dan Tips Pencegahannya

Rayap menjadi salah satu masalah besar di rumah, karena bisa menyebabkan kerusakan pada perabotan dan lain sebagainya.

Liputan6.com, Jakarta Rayap adalah salah satu jenis serangga yang termasuk ke dalam Ordo Isopter dan gemar hidup berkoloni. Keberadaan rayap di dalam rumah kerap kali berisiko merusak perabotan dan barang-barang lainnya.

Barang yang bisa dirusak rayap bisa berupa dokumen, pondasi rumah, tumbuhan maupun berbagai benda-benda dengan kelembapan berlebih lainnya. Maka tidak heran, jika banyak yang mencari tahu bagaimana cara membasmi rayap, tentunya yang ampuh dan juga mudah dilakukan. 

Selain cara membasmi rayap, perlu juga diketahui bagaimana cara untuk mencegah kemunculan rayap di rumah. Pasalnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut Liputan6.com telah merangkum bagaimana cara membasmi rayap yang ampuh dan mudah dilakukan. Tidak lupa juga disertai dengan cara pencegahannya, Kamis (31/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membasmi Rayap

1. Air cucian beras

Cara membasmi rayap yang pertama yaitu dengan menggunakan air bekas cucian beras. Air cucian beras ternyata sangat ampuh unutk dimanfatkan membasmi rayap di rumah. Selain ampuh, cara membasmi rayap ini lebih aman dan tidak akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan penghuni rumah.

Proses yang dilakukan cukup mudah. Pertama-tama, siapkan air bekas cucian beras yang masih baru di dalam wadah semprotan air. Setelah itu, cukup semprotkan air cucian beras tersebut ke pada area yang menjadi tempat bersarang rayap. 

2. Daun kemangi

Salah satu jenis tanaman yang biasa dijadikan pendamping makanan ini memiliki aroma khas yang cukup kuat. Aroma yang dihasilkan oleh kemangi ini sangat efektif dalam membasmi rayap. Caranya cukup dengan meletakkan daun kemangi pada perabotan kayu atau di area yang terkena serangan rayap. Lakukan dengan rutin agar hasilnya maksimal.

3. Kapur barus

Penggunaan kapur barus memang sudah terbukti ampuh, salah satunya sebagai cara membasmi rayap. Kapur barus memiliki kandungan naftalena yang cukup efektif untuk membasmi rayap. Aroma dihasilkan oleh kapur barus, ternyata dibenci oleh rayap.

Anda bisa meletakkan kapur barus di sudut-sudut rumah atau di perabotan kayu yang sangat rentan terkena serangan rayap. Kemudian dengan sendirinya rayap akan menghindari area-area tersebut.

3 dari 5 halaman

Cara Membasmi Rayap

4. Air sabun

Cara membasmi rayap selanjutnya dengan air dengan campuran sabun. Air sabun dapat mengganggu sistem pernapasan rayap. Maka tidak heran jika rayap akan lebih mudah mati. Cara penggunaannya, cukup larutkan terlebih dulu sabun dengan air. Lalu masukkan ke dalam semprotan air dan gunakan untuk menyemprot perabotan yang diserang rayap atau area-area yang menjadi sarang rayap. 

5. Larutan garam dapur

Selain mudah didapatkan, garam dapur juga ampuh digunakan membasmi rayap. Larutan air garam akan membuat rayap lemas kemudian mati secara perlahan. Cara penggunaannya sudah pasti sangat mudah, yaitu dengan melarutkan garam dengan air dan semprotkan ke area tempat tinggal rayap.

6. Oli atau solar

Selain beberapa cara membasmi rayap di atas, bisa juga menggunakan oli, solar maupun bahan bakar minyak lainnya untuk membasmi rayap. Sebab, efek berupa rasa panas yang dihasilkan bahan-bahan tersebut akan berguna untuk membasmi rayap dari rumah.

4 dari 5 halaman

Cara Membasmi Rayap

7. Minyak jeruk

Minyak jeruk memiliki kandungan yang beracun bagi serangga seperti rayap. Penggunaannya bisa dengan dilarutkan sedikir dengan air. Tapi memang, cara membasmi rayap ini tidak terlalu banyak dilakukan, karena tidak semua toko menjual minyak jeruk. 

8. Asam borat

Bahan kimia berupa asam borat mungkin menjadi salag satu cara membasmi rayap yang sangat efektif. Penggunaannya cukup dengan kuas atau disemprotkan pada perabotan. Meski begitu, penggunaan asam borat perlu berhati-hati, karena bisa saja menimbulkan efek samping bagi kesehatan penghuni rumah. 

9. Jasa pembasmi rayap

Cara ini mungkin menjadi satu-satunya jalan jika berbagai cara membasmi rayap di atas masih belum dirasa berhasil atau mungkin Anda belum sempat melakukannya. Cukup hubungi jasa pembasmi rayap professional untuk menghilangkan rayap-rayap yang masih bersarang di celah-celah tembok dan bagian tak terlihat lainnya.

5 dari 5 halaman

Tips Mencegah Munculnya Rayap

Setelah menyimak bagaimana cara membasmi rayap di atas, tentunya perlu juga memahami bagaimana cara mencegahnya agar tidak muncul kembali. Berikut tips-tipsnya:

1. Perbanyak ventilasi

Ketika kondisi ruangan lembap maka akan sangat mudah untuk rayap berkembang biak dan menetap. Dengan ventilasi udara yang cukup, bisa mencegah ruangan lembap berlebihan dan membuat cahaya masuk ke dalam ruangan secara menyeluruh. 

2. Perbaiki keramik dan pipa yang rusak

Keramik yang rusak dan terdapat celah, bisa menjadi penyebab uap air masuk ke dalam rumah. Hal ini menyebabkan kondisi rumah jadi lembab. Selain itu, pipa rumah yang bocor bisa menyebabkan air rembes ke berbagai area. Hal ini juga menjadi penyebab rumah semakin lembap dan banyak rayap. Maka dari itu, segera perbaiki agar rayap tidak muncul kembali.

3. Bersihkan genangan air

Genangan air adalah tempat favprit rayap untuk berkembang biak. Itulah mengapa, pastikan area di sekeliling rumah tidak terdapat genangan air baik di halaman atau selokan. Terutama jika musim hujan tiba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini