Sukses

12 Manfaat Kunir Asem bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat kunir asem bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kunir asem bagi kesehatan dan kecantikan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Kunir asem sendiri merupakan minuman tradisional atau jamu yang diracik dari dua jenis rempah yang berbeda, yaitu kunyit dan asam Jawa.

Kunyit dan asam jawa biasa digunakan sebagai bahan masakan. Tidak hanya itu, saat kamu mengonsumsinya dalam bentuk jamu, yaitu kunir asem, kamu juga akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan. Kunir sendiri kaya kandungan kurkumin, sedangkan asem kaya kandungan vitamin.

Manfaat kunir asem bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Jamu sendiri dikenal sebagai obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan. Bahkan, jamu juga bisa dikonsumsi untuk mencegah serangan berbagai penyakit atau sekadar menyegarkan tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/9/2020) tentang manfaat kunir asem.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengatasi Nyeri Haid dan Mengontrol Berat Badan

Mengatasi Nyeri Haid

Salah satu manfaat kunir asem untuk kesehatan adalah dapat mengatasi nyeri haid. Hal ini merupakan masalah yang paling sering dialami wanita. Nyeri ini pun akan semakin parah bagi penderita endometriosis. Meredakan nyeri hadi bisa dengan mencoba konsumsi kunir asem.

Manfaat kunir asem untuk wanita sangat baik untuk meredakan nyeri haid, Kunir akan mempermudah peluruhan dinding rahim. Hingga kamu tak akan merasakan nyeri berlebih. Begitu juga dengan kurkumin yang bisa menjadi inflamasi pereda kontraksi.

Mengontrol Berat Badan

Selain itu, manfaat kunir asem selanjutnya adalah untuk mengontrol berat badan.  Hal ini karena mengonsumsi kunir asem dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh wanita. Metabolisme yang lancar akan mendukung kontrol berat badan yang sehat. Begitu juga dengan asem atau asam Jawa yang mampu cegah obesitas. Sementara kunir mampu mengontrol nafsu makan teratur dan mencegah makan berlebihan.

3 dari 7 halaman

Mecegah Penuaan Dini dan Mengatasi Jerawat

Mecegah Penuaan Dini

Penuaan bisa menyerang semua orang, hal ini dipengaruhi oleh radikal bebas dan konsumsi makanan yang salah. Kamu bisa mengonsumsi manfaat kunir asem untuk mencegah masalah ini terjadi.

Hal ini dipengaruhi oleh kandungan antioksidan yang dimilikinya. Antioksidan kunir asem sangatlah tinggi. Antioksidan yang tinggi dalam jamu bisa membantu memperlambat proses penuaan dini. Kemudian mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV. Begitu juga dengan efek pemakaian kosmetik dan jerawat.

Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Manfaat kunir asem juga dapat mengatasi jerawat. Kulit wajah yang bersih dan terawat adalah impian kebanyak wanita. Akan tetapi, masih banyak wanita yang kuwalahan mendapatkannya. Apalagi jika jerawat masih saja menghantui wajahnya.

Mengonsumsi kunir asem dapat mengatasi masalah jerawat. Selain dapat meredakan peradangannya, kunir asem juga bisa mencegah kemunculannya. Manfaat ini berasal dari vitamin A dan vitamin C yang dimiliki keduanya.

4 dari 7 halaman

Detoksifikasi dan Menghilangkan Bau Badan

Detoksifikasi

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik akan membuat kamu terhindar dari serangan penyakit. Misalnya saja seperti infeksi virus, bakteri, kuman, dan racun lainnya. Hal ini bisa didapatkan dari manfaat kunir asem untuk kesehatan

Hal ini dipengaruhi oleh sifat detoksifikasi yang dimiliki kunir asem. Sifat ini ampuh keluarkan racun penyebab berbagai masalah penyakit. Termasuk mendukung fungsi hati agar terhindar dari racun.

Menghilangkan Bau Badan

Memiliki masalah dengan bau badan jelas membuat kamu tidak nyaman. Bukan karena keringat, tetapi bau badan sebenarnya berasal dari bakteri dan kuman di badan. Agar bisa terhindar dari bau badan yang menyengat, kamu bisa mengonsumsi kunir asem.

Manfaat kunir asem ampuh menghilangkan bau badan. Manfaat ini dipengaruhi oleh sifat anti-bakteri yang dimiliki kunir asem. Ada zat klavikula dan estradiol yang dapat hilangkan bau badan, mengontrol hormon, dan keringat.

5 dari 7 halaman

Cerahkan Kulit dan Meredakan Stres

Cerahkan Kulit

Sejalan dengan manfaat kunir asem untuk jerawat, kamu juga bisa mendapatkan kulit yang cerah dengan mengonsumsinya secara rutin. Jika jerawat sudah bisa teratasi, pasti bekasnya masih menempel. Bekas jerawat ini umumnya akan menyebabkan kulit wajah menjadi kusam.

Padahal kulit wajah yang cerah adalah impian setiap orang. Kunir asem bisa mencerahkan kulit secara alami. Manfaat ini dipengaruhi oleh antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang dimilikinya.

Meredakan Stres

Mengalami depresi dan stres memang berisiko menghampiri pria dan wanita. Akan tetapi, masalah ini akan sangat berdampak buruk bagi wanita. Stres dan depresi bisa memengaruhi siklus menstruasi atau haidnya.

Jika dirasa sedang mengalaminya, coba redakan dengan mengonsumsi kunir asem. Manfaat kunir asem ampuh meredakan stres. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan kurkumin yang dapat meningkatkan neurotransmiter otak serotonin dan dopamin.

6 dari 7 halaman

Mengatasi Keputihan dan Meningkatkan Energi

Mengatasi Keputihan

Selain nyeri haid, masalah wanita yang tak ada habisnya adalah masalah keputihan. Tak hanya wanita dewasa, tetapi remaja dan lansia juga masih ada yang mengalaminya. Terutama ketika sudah mendekati waktu menstruasi atau haid dan menopause.

Manfaat kunir asem bisa bantu menghentikan keputihan. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan mineral dan minyak atsiri yang dimilikinya. Kedua kandungan ini mampu membersihkan darah haid yang tersisa pada saluran tubafalopi. Kandungan ini juga sangat efektif hentikan dan cegah keputihan. Untuk bisa merasakan manfaatnya, mengonsumsi secara rutin dengan takaran pas sangat dianjurkan.

Meningkatkan Energi

Manfaat kunir asem selanjutnya adalah untuk meningkatkan energi. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin yang dimilikinya. Dengan mengonsumsinya secara rutin, kamu akan mendapatkan tubuh yang lebih berstamina. Tentunya akan lebih baik lagi jika konsumsi kunir asem diimbangi dengan olahraga dan makan sehat.

7 dari 7 halaman

Melindungi Usus dan Meningkatkan Fungsi Otak

Melindungi Usus dan Lambung

Manfaat kunir asem selanjutnya adalah untuk melindungi usus dan lambung. Kunyit yang mengandung zat antiradang dan antioksidan ini telah terbukti dapat meredakan gangguan pencernaan dan melindungi hati. Lebih jauh lagi, rempah ini dapat membantu pengobatan dan mencegah timbulnya tukak lambung.

Meningkatkan Fungsi Otak

Ketika kemampuan otak mengalami penurunan dapat mengakibatkan masalah seperti depresi atau Alzheimer. Menariknya kurkumin dalam kunyit asam dapat meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF).

Konsumsi kunyit asam sama halnya mampu meningkatkan fungsi otak. Kerentanan terkena penyakit otak pun menurun. Kamu dapat mengonsumsi ramuan jamu kunyit asam secara rutin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.