Sukses

6 Perlengkapan Home Recording, Hasilkan Karya Terbaik dari Rumah

Ingin membuat home recordung sendiri? Siapkan beberapa perlengkapan home recording ini agar hasil karyamu semakin maksimal.

Liputan6.com, Jakarta Perlengkapan home recording sebaiknya dimiliki jika kamu seorang musisi yang selalu membuat karya. Untuk memiliki perlengkapan home recording sendiri sebenarnya tidak perlu biaya yang mahal, sebab perlengkapan home recording yang diperlukan tidak sebanyak perlengkapan recording yang ada di studio profesional.

Meski perlengkapan home recording lebih minim dibandingkan studio profesional, bukan berarti hasil karyamu tidak bagus. Seiring kemajuan teknologi, berbagai perlengkapan home recording juga mengalami inovasi-inovasi baru. Contohnya salah satu perlengkapan home recording yaitu mikrofon. Saat ini mikrofon sudah tersedia dengan jenis koneksi USB.

Selain itu, telah banyak software recording yang mampu membantumu untuk membuat berbagai aransemen musik tanpa harus mahir memainkannya. Bahkan kamu bisa ‘menggambar’ pola dari suara drum yang kamu inginkan hanya dari software tersebut.

Keuntungan lain dari memiliki perlengkapan home recording tentunya hemat biaya, sebab tidak diperlukan berbagai macam perlengkapan yang harganya terlalu mahal. Dan ruangan untuk home recording juga tidak perlu yang terlalu ‘wah’, yang terpenting tidak terganggu oleh sumber suara dari luar ruangan recording, seperti suara motor contohnya.

Nah, apakah kamu berminat memiliki home recording sendiri? Jika ingin memiliki home recording sendiri maka ada beberapa perlengkapan yang perlu kamu miliki. Agar semakin jelas apa saja perlengkapan home recording tersebut, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkumnya untuk kamu, Jumat (19/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Laptop atau Komputer

Hal pertama yang menjadi dasar untuk membuat home recording yaitu memiliki laptop atau komputer. Mengapa? Sebab laptop atau komputer ini akan menjadi alat kerjamu dalam mengatur segala hal yang berhubungan dengan recording, seperti mengatur software rekaman, melakukan editing audio, serta berbagai kebutuhan dalam melakukan produksi audio tersebut.

Mungkin biaya yang cukup besar dalam membuat sebuah home recording ada pada laptop atau komputer. Sebab, hasil dari recording tersebut akan lebih baik kualitasnya ketika menggunakan laptop atau komputer yang memiliki spesifikasi memadai.

Selain itu, laptop atau komputer yang memadai juga akan menghindarkan kamu dari eror yang biasa menimpa software untuk recording. Sangat direkomendasikan sebenarnya untuk laptop atau komputermu memiliki kapasitas RAM yang besar.

Namun jika dari segi budget tidak memungkinkan kamu tetap bisa memaksimalkan penggunaan laptop atau komputer dengan spesifikasi yang ada. Dan suatu saat jika memungkinkan, kamu bisa bertahap untuk melakukan upgrade pada laptop atau komputermu.

3 dari 7 halaman

2. Digital Audio Workstation (DAW)

Setelah memiliki laptop atau komputer yang memadai, maka selanjutnya kamu perlu menginstall Digital Audio Workstation (DAW). Sebab, DAW yang akan menjadi program untuk kamu gunakan dalam merekam serta melakukan berbagai kegiatan editing audio.

DAW ini memang menjadi alat yang benar-benar membantu dalam melakukan rekaman home recording. Pasalnya DAW memiliki segala fitur serta fungsi yang biasanya dimiliki oleh studio rekaman profesional seperti adanya efek reverb, EQ, kompresor, dan lain sebagainya.

Di DAW ini juga kamuu bisa membuat pola dari suara drum yang kamu inginkan, atau biasanya disebut dengan ‘menggambar’. Di pasaran terdapat sangat banyak pilihan DAW, dan di setiap DAW tersebut memiliki penggemarnya sendiri. Selain itu, tiap DAW juga memiliki keunggulannya masing-masing. Untuk memilih DAW mana yang harus kamu gunakan tidak perlu ambil pusing, cukup pastikan DAW sesuai dengan kemampuan laptop atau komputermu.

4 dari 7 halaman

3. Audio Interface (Sound Card)

Jika poin pertama dan kedua sudah kamu miliki, maka selanjutnya kamu perlu memiliki audio interface atau yang umum disebut sound card. Apa sih fungsi sound card ini? Nah, sound card akan membantumu dalam mengubah suara analog menjadi digital. Itulah mengapa suara yang dihasilkan dari mikrofon bisa terekam dengan bagus di DAW yang kamu gunakan.

Pada beberapa merek sound card biasanya sudah disertakan DAW bawaan. Dan DAW bawaan tersebut biasanya ringan untuk digunakan pada berbagai jenis spesifikasi laptop atau komputer. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan sound card dengan DAW lainnya ya. Selama kamu melakukan instalasi ‘driver’ sound card tersebut, maka sound card akan tetap terbaca oleh DAW yang ada.

5 dari 7 halaman

4. Monitor Suara

Meski kamu sudah memiliki berbagai perlengkapan di atas, kamu juga perlu menyiapkan alat monitor suara yang keluar dari DAW milikmu. Monitor suara yang digunakan tidak boleh sembarangan, sebab akan sangat mempengaruhi hasil dari suara yang diproduksi.

Monitor suara tersebut bisa berbentuk speaker atau headphone. Usahakan dalam memilih monitor suara tersebut yang memiliki frekuensi datar atau flat. Sebab hal tersebut akan membantumu dalam menilai hasil dair editing audio dengan lebih objektif.

6 dari 7 halaman

5. Mikrofon

Jika kamu berniat untuk merekam suara vocal atau berbagai instrumen akustik lainnya, maka kamu perlu menggunakan mikrofon. Mikrofon ini jenisnya sangat bermacam-macam, tergantung dari karakter suara yang dihasilkan.

Namun untuk home recording, ada baiknya kamu memiliki mikrofon kondenser. Mikrofon condenser ini memiliki sensitifitas yang lebih tinggi dibanding mikrofon pada umumnya. Saat ini mikrofon condenser sudah banyak dijual di pasaran dan harganya juga beraneka ragam, mulai dari yang memiliki harga ratusan ribu rupiah, hingga yang harganya belasan juta rupiah bahkan lebih.

7 dari 7 halaman

6. Kabel dan Stand Mikrofon

Setelah semua siap, maka selanjutnya merupakan hal yang sangat penting, yaitu memiliki stand mikrofon serta kabel pendukungnya. Sebab tanpa kabel, tentu kamu tidak akan bisa menghubungkan mikofonmu dengan sound card.

Kabel ini juga perlu jika kamu ingin merekam instrument lainnya, seperti gitar. Usahakan memilih kabel dengan kualitas baik, agar menghindari timbulnya suara ‘noise’ yang biasanya muncul dan jika terlalu parah bisa mengganggu kualitas recording.

Dan yang terakhir jangan lupa beli stand mic, karena tanpa stand mic justru akan menyusahkanmu ketika melakukan rekaman. Apabila semua perlengkapan home recording telah siap, maka jangan lupa juga untuk menambahkan stabilizer listrik. Tujuannya agar peralatan listrikmu seperti komputer tidak rusak ketika menghadapi arus listrik yang bisanya tidak stabil. Selamat mencoba dan berkarya ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.