Sukses

Erwin Prasetya Basis Pertama Dewa 19 Meninggal dunia, Ini 5 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali menyelimuti dunia musik Tanah Air. Pasalnya, mantan pemain bass Dewa 19, Erwin Prasetya dikabarkan meninggal dunia.

Kabar terkait meninggalnya basis pertama Dewa 19 ini disampaikan oleh Ari Lasso melalui unggahan di akun Instagram pribadinya. Pada unggahan tersebut, mantan vokalis Dewa 19 ini juga mengunggah foto lawasnya bersama Erwin dan para pemain Dewa 19 kala itu.

Unggahan terkait Ari Lasso pun langsung dibanjiri ucapan duka dan bela sungkawa dari para artis Tanah Air serta masyarakat. Erwin Prasetya sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Asih, Siputat, Tangerang Selatan sebelum meninggal dunia pada Sabtu (2/5/2020) pagi.

Jenazah pun akan dimakamkan di tanah kelahirannya Suarabaya, Jawa Timur. Menurut pengamat musik Stanley Tulung, jenazah akan dibawa ke Suaraba pada hari ini (2/5/2020).

Erwin Prasetya sendiri tak hanya dikenal sebagai manyan basis Dewa 19. Akan tetapi dirinya juga dikenal sebagai salah satu musisi berbakat Tanah Air. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait dengan Erwin Prasetya, Sabtu (2/5/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Pencipta lagu berbakat

Erwin Prasetya dikenal sebagai seorang musikus, komposer serta penulis lagu. Dirinya bergabung dengan Dewa 19 mulai dari terbentuk band tersebut sebelum memutuskan hengkang pada 2002.

Selama menjadi anggota dari grup band Dewa 19, pria kelahiran 29 Januari 1972 ini juga memiliki andil dalam menciptakan lagu hits seperti, Kirana, Kamulah Satu-satunya, Sebelum Kau Terlelap, Selatan Jakarta. Restoe Boemi, Selatan Jakarta, serta Still I'm Sure We'll Love Again. Tak hanya itu saja, akan tetapi dirinya juga menciptakan lagu hits dari Ari Lasso yang berjudul Misteri Ilahi.

3 dari 6 halaman

2. Bergabung dengan TIC Band dan KLa Project

Meski telah memutuskan hengkang dari grup Dewa 19, akan tetapi Erwin tak serta merta berhenti bermusik. Bahkan, dirinya pun kembali menyibukkan diri dengan menjadi seorang pemain cabutan pada album ketiga dari TIC Band.

Selama masa hengkang dari Dewa 19, pria kelahiran Surabaya ini pun sempat bergabung dengan KLa Project bersama Katon Bagaskara. Dirinya pun turut andil dalam pembuatan album KLa Project berjudul New Chapter.

4 dari 6 halaman

3. Produser musik

Pada 2006 lalu, Erwin pun memutuskan untuk memproduseri sebuah grup musik bernama EVO Band. Grup yang diartikan dari Evolusi ini pun beranggotakan dari beberapa mantan pemain band Indonesia lainnya. Namun, pada vokalis grup ini membuka audisi melalayi salah satu stasiun televisi.

5 dari 6 halaman

4. Bentuk Band Matadewa

Masih memiliki semangat berkarya dan bermusik, pada 2009 erwin bersama teman lamanya drummer Dewa 19, Wawan Juniarso membentuk grup band dengan nama Matadewa.

Grup yang beranggotakan Erwin Prasetya (bassist), Wawan Juniarso (drummer),Yuda (gitaris),Roby Zoelky(vokalis) ini juga telah mengeluarkan beberapa singel hits. Mulai dari Kirana, Cintamu Cintaku, Sehidup Semati, Kembali seperti Dulu, Kuingin serta beberapa lagu lainnya.

6 dari 6 halaman

5. Meninggal karena pendarahan lambung

Kabar mengenai meninggalnya Erwin Prasetya tentu saja cukup mengejutkan banyak pihak. Mantan basis Dewa 19 ini meninggal dunia pada usia 48 tahun. Jenazah Erwin pun berencana akan dimakamkan di TPU Keputih Surabaya.

"Bakal dimakamkan di TPU Keputih di Surabaya. Jenazah akan dibawa hari ini juga ke Surabaya. Lewat jalan darat ya bukan dengan pesawat," ujar Stanley Tulung, Sabtu (2/5/2020).

Meninggalnya Erwin sendiri diketahui akibat dari pendarahan lambung. Hal ini juga disampaikan oleh Stanley Tulung saat dihubungi Liputan6.com pada Sabtu (2/5/2020). Terkait penyebab meninggalnya Erwin pun telah dikonfirmasi oleh pentolan Band Dewa 19, Ahmad Dhani saat dihubungi terpisah pada Sabtu (2/5/2020) pagi.

Berbagai ucapan duka pun turut membanjiri akun Instagram dari Dewa 19.

"Selamat jalan mas erwin.. bassist legend.. trimakasih sdh menemani masa2 ABG kami.." ujar akun @andy.r.wijaya.

"Yang membuatku suka sama dewa harus berpulang, Rest In Peace" tulis akun @tomihutabarat17.

"Selamat jalan mas Erwin. We love you baladewa sejati" ujar akun nasgor_miegor_kwitgor.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS