Sukses

8 Cara Mencegah Korosi, Ketahui Penyebabnya

Cara mencegah korosi berbeda-beda dan memiliki banyak jenis, tergantung bahan dari suatu barang yang akan dilakukan pencegahan agar tidak terjadi korosi.

Liputan6.com, Jakarta Cara mencegah korosi berbeda-beda dan memiliki banyak jenis, tergantung bahan dari suatu barang yang akan dilakukan pencegahan agar tidak terjadi korosi. Korosi adalah peristiwa perusakan logam karena terjadinya reaksi kimia antara logam dengan zat-zat di lingkungannya membentuk senyawa yang tak dikehendaki.

Contoh peristiwa korosi antara lain karat pada besi, pudarnya warna mengkilap pada perak, dan munculnya warna kehijauan pada tembaga. Reaksi kimia yang terjadi termasuk proses elektrokimia di mana terjadi reaksi oksidasi logam membentuk senyawa-senyawa oksida logam ataupun sulfida logam.

Hal-hal terkait cara mencegah korosi harus diketahui oleh setiap orang guna untuk melindungi keindahan alat dan barang dirumah, dikantor, ataupun di beberapa tempat yang alat dan bahannya berbahan besi. Kenali cara pencegahannya segera mungkin agar tidak menyebabkan kerusakan parah akibat korosi tersebut.

Bahan besi baja merupakan bahan yang memiliki daya tahan yang tinggi. Akan tetapi proses korosi atau pengkaratan sedikit banyak tidak bisa dihindarkan. Oleh karena itu perlu diupayakan beberapa cara mencegah korosi pada besi baja secara manual.

Berikut liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Senin (16/3/2020) tentang 8 cara mencegah korosi, ketahui penyebabnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Korosi

Terdapat beberapa cara untuk mencegah korosi pada besi dan baja agar tetap terlihat indah dan menarik.

1. Pengecatan

Pengecatan merupakan salah satu cara mencegah korosi yang mudah untuk dilakukan. Dengan mengecat besi baja, kita bisa menghindarkan kontak langsung besi dengan lingkungan. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya kontak langsung dan juga oksidasi pada besi baja sehingga tidak akan terjadi korosi. Selain untuk melindungi dari korosi, pengecatan juga akan menambah keindahan tersendiri pada barang yang berbahan besi.

2. Pelumuran dengan Oli atau Gemuk

Cara mencegah korosi selanjutnya yaitu dengan pelumuran oli atau gemuk. Pelapisan besi baja dengan menggunakan oli atau gemuk ini bisa dilakukan untuk bahan-bahan yang tidak berhubungan dengan estetika karena akan merusak pemandangan.

3. Pembalutan Dengan Plastik

Besi dan baja cukup banyak digunakan untuk oleh beberapa orang. Hal ini disebabkan karena kemampuan pertahanannya yang cukup tinggi. Cara mencegah korosi selanjutnya yakni bisa menggunakan pembalutan dengan plastik. Pencegahan korosi pada besi baja dengan menggunakan plastik ini merupakan ide yang sangat cocok untuk pelapisan bahan-bahan besi baja yang digunakan untuk keperluan sehari-hari dan membutuhkan unsur estetika atau keindahan.

4. Tin Plating

Tin plating merupakan cara mencegah korosi selanjutnya yang bisa untuk digunakan. Tin plating merupakan sebuah proses elektrolisis yang dilakukan untuk menghindarkan bahan dari kerusakan. Bahan yang bisa di lindungi dengan menggunakan proses ini adalah bahan-bahan besi serta besi baja dan juga bahan-bahan yang tidak terbuat dari besi. Tin plating memang sangat bermanfaat untuk melindungi barang berbahan besi yang mudah mengalami korosi.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Korosi

5. Chromium Plating

Selain pelapisan-pelapisan yang disebutkan sebelumnya, Chromium plating merupakan cara mencegah korosi selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengamankan besi baja. Plating krom atau chromium plating adalah pelapisan bahan seperti besi dan juga besi baja dengan bahan krom. Bahan krom merupakan bahan yang dapat di lapiskan pada bahan-bahan seperti yang telah disebutkan sebelumnya untuk perlindungan. Sifat perlindungan yang diberikan oleh krom ini mirip dengan zink. Pelapisan besi dan juga baja dengan menggunakan bahan ini bisa dilakukan untuk bagian-bagian seperti bumper mobil dan lain-lainnya.

6. Pengorbanan Anode

Satu lagi cara untuk mencegah korosi yaitu dengan pengorbanan anode atau sacrificial protection. Perlindungan ini dilakukan dengan melapisi besi baja dengan bahan yang lebih mudah berkarat. Salah satu bahan yang digunakan adalah bahan magnesium. Bahan ini merupakan bahan yang aktif sehingga lebih mudah berkarat, jika anda menggunakan bahan ini untuk melapisi besi maka bahan ini akan berkarat sedangkan besinya tidak.

7. Galvanisasi

Galvanisasi adalah cara mencegah korosi selanjutnya yang bisa digunakan. Galvanisasi merupakan pelapisan yang dilakukan dengan zink plating. Setelah proses galvanisasi, besi dapat dilindungi dan zink yang mengalami oksidasi. Besi galvanis sering digunakan untuk badn mobil-mobil, pisa besi, tiang telpon, dan lain sebagainya.

8. Mengontrol Kelembapan Udara

Mengontrol kelembapan udara merupakan cara mencegah korosi secara alami yang dapat dicoba untuk dipraktikkan. Anda bisa membuat lingkungan yang terbebas dari oksigen sehinggan mencegah terjadinya korosi.

4 dari 4 halaman

Penyebab Terjadinya Korosi

Setelah mengetahui cara mencegah korosi, selanjutnya penting untuk mengetahui penyebab terjadinya korosi yang dapat menghilangkan estetika atau keindahan suatu barang tersebut. Faktor yang menyebabkan terjadinya korosi yakni terdiri dari dua faktor, beberapa diantaranya :

1. Faktor internal:

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari bahan itu sendiri. faktor yang berasal dari bahan itu sendiri misalnya : kemurnian bahan, struktur bahan, dan bentuk bahan.  

2. Faktor eksternal:

Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari lingkungan sekitar. misalnya : pencemaran udara, tempartur, kelembapan, keberadaan zat kimia, dll.

Itulah beberapa penyebab korosi dan cara mencegah korosi yang dapat digunakan dan dipraktikkan agar tidak menghilangkan estetika atau keindahan suatu barang anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini