Sukses

10 Manfaat Belerang untuk Kulit, Efektif Jaga Kesehatannya

Manfaat belerang untuk kulit didapat karena adanya kandungan zat anti-bakteri dan anti-inflamasi di dalamnya yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat belerang untuk kulit sudah terkenal sejak zaman dulu dan menjadi salah satu elemen penting bagi kehidupan. Meski memiliki aroma tidak enak, manfaat belerang sudah lama dikenal, terlebih dalam bidang kesehatan.

Belerang merupakan zat kimia yang termasuk ke dalam unsur non-logam yang tidak memiliki rasa tetapi memiliki aroma khas. Belerang banyak ditemukan di berbagai wilayah pegunungan Indonesia seperti Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat dan Dieng Jawa Tengah.

Di dalam dunia farmasi, manfaat belerang untuk kulit sudah lama digunakan. Hal ini dikarenakan belerang bertindak sebagai zat keratolitik yang mampu mengelupaskan kulit mati. Fungsi belerang yang lain untuk kulit adalah sebagai pembunuh bakteri, jamur, dan parasit seperti tungau kudis.

Untuk mendapatkan manfaat belerang untuk kulit, biasanya belerang dibuat menjadi losion, krim, bubuk, atau sabun. Manfaat belerang untuk kulit didapat karena adanya kandungan zat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit.

Berikut manfaat belerang untuk kulit yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/3/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mengobati Panu, Kurap, dan Jerawat

Mengobati Panu dan Kurap

Manfaat belerang untuk kulit pertama bisa kamu jadikan sebagai pengobatan panu dan kurap. Manfaat belerang untuk panu dan kurap dapat dilihat hasilnya dengan cara mencampurkan bubuk belerang dengan minyak sayur, kemudian mengoleskannya pada bagian kulit yang terdapat panu dan kurap.

Mengatasi Jerawat

Manfaat belerang untuk kulit berikutnya dapat mengobati jerawat. Selain menimbulkan rasa perih dan gatal, jerawat juga mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri berkurang.

Belerang menjadi salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Hal ini dikarenakan belerang mengandung anti-bakteri yang mampu melenyapkan bakteri penyebab jerawat dan memulihkan bagian kulit yang terdapat bekas jerawat.

 

3 dari 8 halaman

Mengobati Eksim dan Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Mengobati Eksim

Manfaat belerang untuk kulit selanjutnya bisa digunakan untuk menyembuhkan eksim. Penyakit gatal-gatal ini menyerang kulit hingga menimbulkan koreng bernanah yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.

Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Penumpukan sel-sel kulit mati bisa membuat wajah menjadi kusam, untuk itu sel-sel tersebut harus segera dibersihkan. Penggunaan belerang mampu dijadikan solusi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Hal ini dikarenakan belerang memiliki sifat keratolitik yang mampu membersihkan sel kulit mati.

 

4 dari 8 halaman

Membersihkan Pori-pori dan Mengatasi Gatal-gatal

Membersihkan Kotoran di Pori-pori

Manfaat belerang untuk kulit juga bisa digunakan untuk membersihkan pori-pori kulit. Penggunaan belerang pada kulit akan membuat bakteri yang ada di dalam pori-pori tertarik keluar. Selain itu, minyak di wajah yang menyumbat pori-pori juga bisa dibersihkan keluar.

Mengatasi Gatal-gatal

Gatal-gatal pada kulit biasanya disebabkan karena bakteri dan kuman. Apabila tidak segera diatasi, lama kelamaan kulit akan menjadi iritasi karena terlau sering di garuk. Untuk mengatasi kulit gatal-gatal ini, kamu bisa berendam di air belerang.

Sifat belerang yang panas, dan kandungan anti-bakteri di dalamnya mampu membasmi kuman serta jamur dan bakteri yang menyebabkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, koreng dan kudis sembuh secara efektif.

5 dari 8 halaman

Mengatasi Penyakit Rosacea dan Mencegah Penuaan

Mengatasi Penyakit Rosacea

Belerang juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit rosacea. Penyakit ini memiliki gejala kemerahan pada wajah yang diakibatkan oleh bakteri dan radang. Penggunaan belerang pada wajah yang mengalami penyakit ini bisa meredakan peradangan yang terjadi dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat belerang juga bisa membuat kulit keriput akan kembali kencang bahkan lebih halus. Penggunaan masker belerang juga dipercaya mampu menghilangkan bintik-bintik penuaan serta mata panda.

 

6 dari 8 halaman

Mengurangi Ketombe dan Mengobati Nyeri Sendi

Mengurangi Ketombe

Selain manfaat belerang untuk kulit wajah, belerang juga bisa dirasakan untuk menyembuhkan kulit kepala yang bermasalah seperti ketombe. Belerang bisa melakukan tindakan eksfoliasi pada kulit rambut secara teratur sehingga menghilangkan ketombe di rambut.

Mengobati Nyeri Radang Sendi

Belerang yang digunakan untuk mengurangi nyeri pada sendi biasanya terdapat di dalam suplemen yang ditemukan dalam bentuk sulfoxide dimetil (DMSO) dan methylsulfonylmethane (MSM). Dalam dunia kesehatan, MSM penting untuk kesehatan sendi dan membantu pembentukan jaringan ikat, seperti tulang rawan, tendon, dan ligamen.

MSM terkandung secara alami di dalam buah-buahan, sayur-sayuran, dan beberapa jenis biji-bijian. Dalam dunia kesehatan, MSM penting untuk kesehatan sendi dan membantu pembentukan jaringan ikat seperti tulang rawan, tendon, dan ligamen. MSM merupakan suplemen untuk meredakan rasa nyeri akibat radang sendi, baik osteoarthritis maupun rheumatoid arthritis.

7 dari 8 halaman

Efek Samping Belerang pada Kulit

Meskipun manfaat belerang untuk kulit cukup banyak, namun kamu tetap perlu waspada terhadap kemungkinan efek samping yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan belerang pada kulit.

Efek samping belerang bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Namun, penggunaan dalam dosis yang tepat dapat menurunkan risiko ini. Di samping itu, penggunaan belerang secara oral memungkinkan terjadinya masalah pencernaan diare.

Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan dosis yang tepat dan informasi keamanan penggunaannya. Untuk bayi, anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui tidak menggunakan belerang secara oral maupun topical sebelum berkonsultasi dengan dokter.

8 dari 8 halaman

Cara Membuat Masker Belerang untuk Kulit

- Siapkan belerang sekitar 2 hingga 3 sendok belerang yang sudah dihaluskan.

- Berikan sedikit air.

- Aduk belerang hingga tercampur rata dengan air dan bertekstur seperti pasta.

- Setelah menyerupai pasta, belerang sudah siap digunakan untuk masker.

- Sebelum mengaplikasikan masker belerang di wajah, pastikan wajah sudah bersih. Kemudian oleskan ke wajah secara merata. Masker belerang juga bisa ditambahkan dengan bahan lain seperti madu, minyak zaitun, minyak kelapa, dan air mawar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini