Sukses

9 Ciri-ciri Kucing Sakit Mata, Bisa Dilihat dari Fisik dan Tingkah Lakunya

Ciri-ciri kucing sakit mata bisa dilihat dari fisik dan tingkah lakunya.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri kucing sakit mata sudah sepatutnya diketahui oleh pemiliknya. Hal ini biasanya disebabkan oleh perawatan yang kurang baik oleh pemiliknya. Oleh karena itu, untuk mencegah kucing sakit mata tentunya kamu harus mengetahui cara merawat kucing yang benar terlebih dahulu.

Kondisi sakit mata pada kucing tentunya bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan lainnya, baik di area sekitar mata, maupun bagi kesehatan kucing secara keseluruhan. Diperlukan perhatian ekstra saat kucing telah mengalami sakit mata.

Ciri-ciri kucing sakit mata bisa dilihat dari fisik dan sikapnya. Berbagai tanda pada area mata hingga perilaku yang tidak normal yang tidak biasa ditunjukkannya bisa menjadi tanda kucing kamu mengalami sakit mata.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/10/2019) ciri-ciri kucing sakit mata yang harus diperhatikan sang pemilik hewan peliharaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ada Kotoran dan Berair

Adanya Kotoran di Area Mata

Ciri-ciri kucing sakit mata yang pertama adalah adanya kotoran di area mata. hal ini mungkin sering kamu lita pada kucing liar. Kamu wajib memerhatikan hal ini agar kesehatan kucing tetap terjaga. Jika tidak, penyakit mata ini akan menyebabkan iritasi dan membuat mata bengkak jika tidak cepat-cepat ditangani.

Mata Berair dan Setengah Menutup

Selain itu, ciri-ciri kucing sakit mata selanjutnya adalah matanya berair dan setengah menutup. Hal ini biasanya terjadi saat kucing mengalami penyakit painful eye. Mata kucing akan terus berair dan juga setengah menutup karena penyakit mata ini disebabkan oleh cedera kornea seperti glaukoma dan uveitis.

Jika terlalu lama dibiarkan, penyakit ini akan semakin berkembang menjadi bertambah parah.

3 dari 5 halaman

Mata Kecil Sebelah dan Konjungtiva

Mata Kecil Sebelah

Ciri-ciri kucing sakit mata berikutnya adalah matanya kecil sebelah. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri bernama chlamydia, sehingga salah satu mata kucing akan berukuran lebih kecil dan tidak simetris.

Lama kelamaan penyakit ini akan menyebabkan mata kucing menonjol keluar, bahkan tidak hanya satu mata namun kedua mata kucing akan terlihat seperti keluar.

Kamu bisa menanganinya dengan memberikan obat antibiotik atau obat tetes mata pada kucing. Namun, sebaiknya berkonsultasi pada dokter hewan terlebih dahulu agar lebih aman.

Mata Merah Muda atau Konjungtiva

Mata merah muda atau konjungtiva ini juga merupakan ciri-ciri kucing sakit mata yang cukup sering ditemui. Pada penyakit ini, mata kucing akan terlihat membengkan dan berair. Konjungtiva diakibatkan oleh bakteri atau virus karena alergi. Penyakit ini bahkan dapat menular dan kucing juga biasanya akan lebih sering mengeong karena kesakitan.

Jika dibiarkan, penyakit ini dapat menyebabkan iritasi pada kucing dan membuatnya bertambah parah. Oleh karena itu, segera konsultasikan ke dokter hewan sebelum menggunakan obat antibiotik untuk lebih amannya.

4 dari 5 halaman

Mata Cekung dan Kering

Mata Cekung

Selanjutnya, mata cekung juga merupakan salah satu ciri-ciri kucing sakit mata yang harus diwaspadai. Penyakit ini bisa berkembang menjadi cukup parah bila dibiarkan, karena dapat menyebabkan tumor atau dehidrasi. Mata cekung merupakan penyakit mata yang dapat mengundang penyakit mata lainnya yang lebih akut.

Kamu perlu memperhatikan kucing dengan selalu memenuhi kebutuhan air minum yang bersih untuknya. Hal ini karena mata cekung biasanya terjadi karena tubuh kucing kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi.

Benjolan Pada Mata

Jika kamu melihat kucingmu mengalami benjolan di area mata dan terus membesar, hal ini bisa menjadi tanda si kucing terkena tumor mata. Tumor adalah penyakit yang paling berbahaya dan membutuhkan biaya yang banyak untuk mengatasinya.

Biasanya, banyak orang yang memberikan serbuk kulit manggis yang dicampurkan dengan makanan kucing pada peliharaannya. Hal ini dilakukan sebagai alternatif untuk pengobatan tumor tersebut.

Mata Kucing Kering

Mata kucing kering ini biasanya disebabkan oleh tersumbatnya saluran air pada mata kucing karena bakteri Nasolacrimal Occlusion. Ciri-ciri kucing sakit mata ini sangat berbahaya dan mengakibatkan mata kucing menjadi kering dan mudah iritasi.

Kamu bisa mengtasinya dengan obat tetes mata untuk kucing, namun sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.

 

5 dari 5 halaman

Perbedaan Perilaku Kucing

Tidak Mau Terkena Cahaya

Ciri-ciri kucing sakit mata dilihat dari perbedaan perilakunya yang pertama adalah kucing tidak mau terkena cahaya. Jika kamu melihat mata kucing berair dan adanya cacing halus di matanya, maka kamu harus segera membawanya ke dokter hewan, karena ini bisa menjadi pertanda yang sangat membahayakan bagi kucing.

Gejala ini sangat berbahaya dan mematikan bagi kucing. Cacing yang hinggap di mata kucing dapat berubah menjadi penyakit peradangan yang parah.

Nafsu Makan Menurun

Beberapa penyakit mata seperti Feline Herpesvirus mengganggu nafsu makan kucing. Jika penyakit ini sudah parah akan menjalar hingga tenggorokan kucing. Penyakit ini biasanya terjadi pada kucing anakan.

Untuk mengatasinya kamu bisa membawanya ke dokter untuk di berikan obat.

Memelihara kucing memang tidak boleh sembarangan. Kamu harus benar-benar memperhatikan berbagai kebutuhannya dan kondisi kesehatannya agar kucing bisa beraktivitas dengan baik, dan kamu bisa tetap ditemani olehnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.