Sukses

Cara Membuat Lirik Lagu yang Berkualitas, Mudah Dipraktikkan Pemula

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat lirik lagu kerap dibutuhkan bagi pemula yang baru saja berkecimpung di dunia musik. Lirik lagu merupakan faktor penentu dalam kesuksesan sebuah lagu, yang termasuk ke dalam penilaian kualitas lagu. Ya, kualitas lagu terkadang dilihat dari liriknya.

Kamu bisa saja membuat melodi yang indah, namun jika lirik lagu kamu tidak bagus, hal ini bisa mempengaruhi lagu kamu secara keseluruhan. Untuk itu, penting untuk memahami cara membuat lirik lagu.

Ada beberapa langkah khusus yang perlu diperhatikan dalam membuat lirik lagu. Kekuatan lagu dapat mengubah suasana hati, sikap, cara berpikir, bahkan perilaku. Berikut ada beberapa cara membuat lirik lagu yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/10/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Pahami Struktur Lagu Secara Umum

Cara membuat lirik lagu untuk pemula yang pertama adalah memahami struktur umum lagu. Ada beberapa standar yang digunakan di sebagian besar lagu. Berikut bagian-bagian yang perlu dipahami.

Kamu perlu memahami bagian-bagian pembuatan lirik lagu seperti intro, bait, dan bridge. Setelah memahami masing-masing bagian tersebut, pahami juga struktur AABA. Ini merupakan struktur standar yang bisa dicoba pemula.

Struktur ini merupakan struktur lagu yang paling banyak digunakan dalam musik modern populer. Di dalam ilmu tentang struktur lagu, A biasanya menandakan bait dan B menandakan chorus. Dengan kata lain, di dalam struktur ini terdapat dua bait, satu chorus, dan kemudian bait terakhir.

3 dari 7 halaman

Menentukan Tema Lirik

Cara membuat lirik lagu yang perlu diperhatikan pemula selanjutnya adalah menentukan ide atau tema. Kamu bisa menentukan tema terlebih dahulu. Ada banyak tema yang bisa digunakan seperti seputar percintaan, spiritual, kritik sosial, keresahan, dan lain sebagainya.

Kamu bisa secara bebas menentukan tema dari lirik lagu. Hal ini bertujuan untuk menyatukan musik dan lirik agar lebih serasi, meskipun tidak harus seperti itu.

4 dari 7 halaman

Menentukan Penggunaan Kata-kata

Cara membuat lirik lagu selanjutnya adalah menemukan kata-kata yang tepat dan cocok. Lirik lagu yang baik, sama seperti tulisan yang bagus, dapat membuat kamu merasakan emosi tertentu karena orang lain menangkap pengalaman tersebut.

Jangan menggunakan kata-kata yang mengajari orang lain untuk merasakannya. Cobalah untuk menuliskan seperti apa rasanya memiliki seuatu, bukan mengatakannya kepada pendengar.

Penting juga untuk menghindari seluruh lirik berrima, dan rima yang dipilih harus terdengar alami. Jangan gunakan frase yang aneh hanya untuk membuat lirik kamu berrima. Bahkan sebenarnya lirik lagu kamu tidak perlu berrima sama sekali.

Namun, apabila kamu ingin membuat rima lirik lagu menonjol dan mencegahnya terdengar murahan, kamu bisa mencoba gara rima lagu yang berbeda-beda. Pelajari rima perulangan huruf vocal atau konsonan, pararima, alliterasi, forced rhymes, dan lain sebagainya.

Penting untuk menghindari menuliskan hal yang klise. Hal ini hanya akan membuat lagu kamu tidak menonjol.

5 dari 7 halaman

Proses Membuat Melodi

Untuk membuat lirik yang menarik dan memiliki makna mendalam, kamu harus memastikan bahwa setiap baris lirik harus memiliki suku kata yang sama dan ritme harus tetap terkendali.

Saat pertama kali menulis lirik lagu, alangkah lebih baiknya untuk mencari melodi yang sudah ditulis. Hal ini merupakan cara membuat lirik lagu yang mudah dilakukan dibandingkan mencoba menciptakan melodi sendiri.

Kamu bisa menuliskan melodi kamu sendiri, bekerja dengan teman yang berbakat dalam memainkan alat musik, atau kamu bisa mengadopsi melodi klasik. Ketika kamu membuat melodi, buatlah rentang nadanya tidak terlalu jauh sehingga seseorang bisa ikut menyanyikannya.

Jangan lupa untuk memberikan dua atau empat ketukan ekstra di beberapa bagian lagu kamu sehingga yang menyanyikan lirik lagu kamu bisa berhenti beberapa saat untuk bernapas. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk memberikan kesempatan bagi pendengar lagu untuk mencerna apa yang dikatakan.

6 dari 7 halaman

Proses Menyelesaikan Lirik Lagu

Setelah selesai merangkai kata hingga menjadi sebuah lirik lagu, pastikan untuk membaca ulang tulisan yang telah dibuat. Jika dirasa rangkain tersebut sudah pas dan nyaman, kamu bisa menulisnya lagi.

Ketika lirik lagu yang telah dibuat dimainkan bersama musik, tidak menutup kemungkinan terjadi beberapa perubahan. Hal ini memang kerap terjadi, sampai benar-benar mendapatkan suara yang sempurna.

7 dari 7 halaman

Minta Saran ke Orang Lain

Setelah cara membuat lirik lagu di atas dipahami dan dipraktikkan, proses terakhir yang perlu dilakukan adalah meminta saran kepada orang lain. Kamu bisa memperlihatkan lirik lagu yang sudah dibuat ke teman kamu.

Hal ini berguna untuk mendapatkan masukan, apakah lirik yang dibuat sudah sesuai dan mudah dimengerti atau belum. Apabila ada yang perlu direvisi, silakan kamu mempertimbangkan lagi dan sesuaikan ulang dengan lirik yang ada.

Memang, cara ini dibutuhkan bagi pembuat lirik lagu pemula. Penting untuk meminta saran atau mendiskusikannya dengan yang lebih mengerti soal merangkai kata-kata. Nah, jika sudah terbiasa kamu tidak perlu melakukan cara ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS