Sukses

Jangan Gunakan Minyak Rambut Saat Ketombe

Minyak rambut sebaiknya tak digunakan untuk mengobati ketombe.

Minyak rambut sering dianggap sebagai obat dari semua masalah rambut, termasuk saat ketombe. Namun, Dermatologis dari Sri Balaji Action Medical Institute DelbiDr Vijay Singhal tak menyarankan Anda memakai minyak rambut saat berketombe.

Minyak rambut bisa meringankan kulit kepala yang gatal dan mengurangi serpihan ketombe. Namun, minyak rambut bisa melembabkan rambut. Kenyatannya, minyak rambut membentuk lapisan pada kulit kepala yang mencegah kelembaban masuk ke kulit secara alami. Hal ini menyebabkan pembentukan serpih dan ketombe karena pori-pori tertutup.

"Jadi saya tak menyarankan menggunakan minyak rambut," kata Dr Singhal seperti dikutip dari ToI, Senin (17/2/2014).

Mengoleskan minyak rambut ke kepala, yang sudah terkena ketombe bisa membuat rambut rontok. Ketika minyak rambut menempel dalam waktu yang lama, rambut kehilangan sinarnya sehingga menjadi kusam. Jadi penting untuk menghindari penggunaan minyak rambut di kepala Anda jika Anda sedang berketombe.

Anda bisa mencoba pengobatan rumahan untuk mengurangi gatal karena ketombe:

1. Perasan lemon

Pijat perasan lemon di kulit kepala Anda sebelum mandi. Cuci rambut Anda secar menyeluruh setelah 15-20 menit. Perawatan ini membantu menghilangkan ketombe dan membuat rambut Anda terlihat bersinar.

2. Lidah buaya

20 Menit sebelum mandi, cobalah menggosokkan gel lidah buaya pada kulit kepala Anda. Biarkan selama 20 menit dan kemudian cuci rambut dengan sampo.

3. Yogurt

Menerapkan yogurt ke rambut dan kulit kepala dan biarkan selama setidaknya satu jam. Cuci dengan rambu ringan secara menyeluruh. Lakukan ini setidaknya dua kali seminggu.

(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.