Sukses

Begini Cara Anak Bantu Redakan Stres Ibu di Rumah

Ketika ibu mengalami stres, anak dapat membantu meredakannya dengan beberapa cara diantaranya berperan sebagai alarm kesehatan ibu.

Ketika ibu mengalami stres, para anak juga dapat membantu meredakannya agar ibu kembali ceria. Antara ayah dan ibu, menurut survei dari American Psychological Association emosi lebih tinggi biasanya menimpa ibu. Laporan dari Pew Research Center mencatat para ibu menghabiskan waktu 14 jam lebih untuk melakukan pekerjaan di rumah ataupun di kantor.

Fenomena stres terjadi pada ibu yang sudah memiliki anak dan masih sibuk dengan pekerjaannya Dikutip Foxnews, Senin (30/12/2013) Katrina Alcron penulis buku maxed out mengatakan para ibu di permukaanya terlihat baik-baik saja padahal di dalamnya runtuh.

Untuk meredakan emosi sang ibu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan anak untuk mengembalikan perasaan hatinya, yaitu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman



1. Ciptakan Waktu Berkualitas

Ketika sudah mulai melihat tanda stres pada ibu, para anak coba menyempatkan satu waktu entah di akhir pekan atau di musim liburan ini. Ciptakan waktu berkualitas bersama ibu, hal tersebut membuatnya tersenyum kembali. Jangan biarkan dia bekerja terus menerus tanpa memikirkan kesehatan dan kebahagiaan dirinya.

"Kita sebagai anak harus mencari tahu apa yang sedang diinginkan ibu, biarkan dia yang memilih tempat untuk menghabiskan waktu bersama," kata Alcorn.
3 dari 6 halaman



2. Pola Makan Sehat

Para ibu terkadang kerap lupa makan karena terlalu sibuk menyiapkan kebutuhan keluarga. Anak berperan seperti alarm yang selalu mengingatkan makan teratur dan sehat. Jangan lupakan pola makan sehat di keluarga, selalu ingatkan para ibu untuk meminum air putih.
4 dari 6 halaman


3. Tidur

Karena terlalu sibuknya, para ibu terkadang menghabiskan waktu tidur hanya beberapa jam saja. Sekali lagi anak berperan sebagai alarm, mengingatkan jam tidurnya. Di akhir pekan atau musim liburan, para anak membantu mengerjakan semua yang biasa ibu lakukan, dan biarkan ibu memanfaatkan waktu istirahatnya.
5 dari 6 halaman


4. Ajak Berkumpul dengan Teman

Tidak ada yang salah ketika mengajak teman-teman ibu untuk berkumpul sekadar makan siang atau makan malam. Melihatnya tersenyum dan berbagi cerita dengan temannya membuat perasaan ibu kembali membaik.
6 dari 6 halaman


5. Berolahraga

Sempatkan waktu berolahraga bersama ibu, jadikan sebagai aktivitas yang menyenangkan. Dengan olahraga akan membantu menjernihkan pikirannya dan melepas lelah.

(Mia/Abd)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik dicpns.liputan6.com

Baca Juga :

Pelukan dan Senyuman Anak Obat Manjur Ibu Stres
Minuman-minuman yang Bantu Redakan Stres
Wanita Harus Lebih Banyak Tidur Ketimbang Pria

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.