Sukses

Kenapa Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Nyeri Punggung?

Wanita yang berperan ganda itu banyak mengeluhkan nyeri leher dan pundak. Ini semua berhubungan dengan aktivitasnya.

Zaman sekarang, makin banyak wanita yang menjalankan peran ganda. Tidak hanya sibuk dengan urusan rumah tangga tetapi juga dengan pekerjaan kantor.

"Sekarang, banyak wanita modern yang melakukan peran ganda baik sebagai ibu rumah tangga maupun wanita karir. Untuk itu sebaiknya para wanita perlu menjaga kondisi tubuhnya agar tantangan dapat diatasi," kata Corporate Communications Manager Philips Indonesia, Cathrine Siswoyo.

Tak heran, Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik Physiatrics, dr. Jovita Maria Melania, Sp.KFR menyebutkan, banyak wanita yang berperan ganda mengeluhkan nyeri leher dan pundak.

"Masalah yang paling sering dikeluhkan para wanita sekarang yang memiliki peran ganda yaitu nyeri leher dan nyeri pundak," kata dr. Jonita saat diwawancarai Liputan6.com di showroom Philips, Jakarta, ditulis Kamis (18/12/2013).

Menurutnya, ini karena aktivitas yang dilakukan kebanyakan melibatkan leher dan pundak.

"Biasanya pekerja kantoran yang mengeluhkan ini. Aktivitas mereka yang selalu ada di depan monitor dan terkadang mereka hanya menggerakan leher dan pundaknya ke kanan kiri untuk menerima telepon atau faks, sehingga otot-ototnya dengan posisi yang salah memicu rasa nyeri," katanya menjelaskan.

Karena itu, para wanita perlu meningkatkan kesadaran terkait kesehatan dan risiko penyakit. "Karena terlalu sibuk terkadang para wanita itu tidak menghiraukan kesehatannya. Pemeriksaan rutin dan upaya preventatif itu penting sekali. Para wanita sebaiknya sadar akan risiko penyakit yang suatu saat menghampiri," ujar dr. Jovita.

Ketika kondisi nyeri terjadi terus menerus, ini akan memengaruhi kesehatan tubuh bagian belakang. "Nyeri yang  dibiarkan dan gerakan terus menerus dilakukan yang hanya melibatkan beberapa bagian saja itu berpengaruh pada bentuk tulang bagian belakang," jelasnya.

Kalau kondisinya sudah demikian, pijat boleh dilakukan saat kondisi tidak terlalu parah. Namun, konsultasilah ke dokter bila ada struktur tulang yang bermasalah dan nyeri tidak kunjung hilang, jelas Jovita.

(Mia/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.