Sukses

Ini Pertolongan Pertama Luka Bakar, Jangan Olesi Pasta Gigi!

Pasta gigi kerap menjadi pertolongan pertama ketika ada orang yang terkena luka bakar.

Pasta gigi kerap menjadi pertolongan pertama ketika ada orang yang terkena luka bakar. Biasanya, pasta gigi itu akan dioleskan pada luka bakar. Padahal, untuk luka bakar sendiri pertolongan pertamanya adalah diguyur menggunakan air yang mengalir.

Penjelasan ini disampaikan langsung oleh Spesialias Bedah Plastik Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta, dr. Vera Ikasari, SpBP, dalam acara 'Wound Care Unit: Perawatan Luka Modern dan Terkini', di RSU Bunda, Jakarta, Jumat (22/11/2013)

"Untuk luka bakar ringan, pertolongan pertama yang benar adalah diguyur dengan menggunakan air mengalir dari kran selama 30 sampai 40 menit. Paling bagus diberikan es," kata dr. Vera Ikasari menjelaskan.

Lebih lanjut dr. Vera mengatakan, guyuran air kran yang mengalir ini dimaksudkan agar suhu air selalu konstan, dan tidak mengikuti suhu tubuh. "Tujuannya, agar panas tidak masuk lalu menjalar ke jaringan yang lebih dalam," kata dr. Vera menambahkan.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Luka bakar merupakan kondisi yang timbul akibat pajanan panas suhu sedang – tinggi terhadap kulit tubuh.

    Luka Bakar