Sukses

Balada Wajah Silikon Mpok Atiek dan Penyesalan Seumur Hidupnya

Komedian Mpok Atiek masih mengingat jelas bagaimana jalan pintas yang ia lakukan 23 tahun lalu demi mendapatkan wajah cantik. Ya, selama puluhan tahun, Mpok Atiek menikmati wajah cantik silikonnya, namun belakangan silikon itu malah membuatnya menderita.


Wanita kelahiran Cirebon, 28 Februari 1956 menceritakan bagaimana awal mula ia berkenalan dengan silikon. Pada 23 tahun lalu, seorang temannya memamerkan wajah cantik dengan kulit mulus dan kencangnya.


Percakapan Mpok Atiek dan temannya itu masih diingatnya: "Lo mau cantik nggak, kalau mau cantik ikut gua, lihat nih wajah gua cantik dan kencang, kalau lo mau nanti gua bayarin," bujuk temannya.


Karena melihat wajah temannya yang menjadi cantik, berhidung mancung, berkulit mulus dan kencang, Mpok Atiek pun tak berpikir panjang lagi. "Siapa yang enggak mau kalau cantik terus dibayarin lagi?" ujar Mpok Atiek.


Sejak itulah wajah alami Mpok Atiek berubah jadi wajah silikon. Wajah cantik silikonnya memang membuatnya percaya diri selama berpuluh tahun dan makin membuatnya eksis di panggung hiburan.


Tapi seiring berjalannya waktu, kondisi pipi, hidung, mata, mulut, dahi yang semuanya disuntik silikon itu mulai membuat masalah. Di tahun ke-15 sejak pertama kali suntik Mpok Atiek mulai merasakan mukanya sering bengkak-bengkak dan merah. Belum lagi kata dokter ada riisko kanker jika silikon kadaluarsa itu tidak dibersihkan dari wajahnya.


Bagaimana balada Mpok Atiek yang lucu dengan perjalanan suntik silikonnya? Berikut kisahnya seperti diceritakannya saat wawancara dengan liputan6.com yang ditulis Rabu (20/11/2013).


Menyesal Suntik Silikon

2 dari 5 halaman


Mpok Atiek mengatakan ada rasa penyesalan, "Salahnya waktu itu tidak tanya ke dokter bedah yang ahli dulu, malah langsung suntik deh tuh, pertama hidung, enggak pakai bius lokal terus pakai kain kasa dijepit pakai kaya jepitan jemuran, kemudian di jepit, abis itu bibir, dan sudah suntik semua," kata wanita yang terkenal dengan latah dengan logat betawinya itu.


Setelah 15 tahun pemakaian Mpok Atiek merasakan ada hal yang aneh pada wajahnya. "Muka sudah keliatan aneh pas 15 tahun pemakaian, aneh wajahnya, berat buka mata karena berat silikon udah kelihatan anehnya kemudian setelah 23 tahun barulah bengkak merah sudah amburadul," kata Mpok Atiek.

Melihat ada hal yang aneh kemudian Mpok Atiek melakukan operasi pengangkatan. "Ya kata dokter itu ternyata udah kelewat kedaluwarsa. Ini kalau didiamkan akan menjadi kanker, dan mau tidak mau dioperasi kanker itu membahayakan, wajahnya akan seperti buah mengkudu benjol gitu saat itu langsung stres dag dig dig," katanya menjelaskan.


Akhirnya Operasi 16 Kali untuk Angkat Silikon

3 dari 5 halaman


Tak kuat dengan derita wajah merah, bengkak-bengkak dan kelopak mata sulit dibuka, Mpok Atiek akhirnya memutuskan untuk membersihkan wajahnya dari silikon.


"Setelah berkonsultasi dengan dokter bedah, dikatakan ini harus diangkat, karena berbahaya enggak berani sebenarnya tapi itu harus. Pas 15 tahun pemakaian sebenarnya sudah merasa aneh, dan ini sudah 16 kali operasi karena sudah bengkak dan merah," katanya.


Mpok Atiek menjalani proses operasi di dagu, bibir, kelopak mata dan hidung, menurutnya proses operasi tidak berlangsung lama.


"Operasinya sebentar banget oleh dokter bedah, enggak lama pokoknya enggak sampai tiga jam. Sudah 16 kali operasi, habis di dagu beberapa bulan silikon masih bertahan gede lagi potong lagi, dagu sendiri empat kali operasi buang silikon, bibir tiga kali, tiga kali hidung kemudian kelopak mata," kata artis yang terkenal dengan latahnya ini.


Operasi pengangkatan tersebut membuat Mpok Atiek harus menghindari makanan yang amis. "Sebenarnya tidak ada pantangan yang berarti, yang penting jangan yang amis-amis karena jahitannya takut gatal," ujarnya.


Mpok Atiek mengaku menyesal tidak berkonsultasi kepada dokter bedah sebelum penyuntikan silikon. "Salahnya saat itu udah langsung suntik saja, tidak tanya dokter bedah dulu," katanya.


Wajah belum bersih dari silikon, bisa operasi lagi

4 dari 5 halaman


Akibat suntik silikon yang dilakukan di tahun 90-an itu, Mpok Atiek mengaku menyesal dan kapok. "Sudah cukup sekali saja dan itu terakhir, karena selama 23 tahun pemakaian wajah mpok semakin bengkak dan merah-merah sehingga harus operasi," katanya.


Mpok Atiek sudah melakukan 16 kali operasi pengangkatan silikon yang ada pada wajahnya, "Sampai tahun ini sudah 16 kali operasi, itu kan proses tidak sekaligus jadi habis operasi 5 hari kemudian baru boleh operasi yang lain lagi karena silikon tersebut terus muncul dan menyebabkan pembengkakan," ujarnya.


Menurutnya ada kemungkinan dampak dari silikon yang masih ada akan muncul lagi. "Setelah 16 kali operasi sih wajah sudah fresh, ya ada perubahan sempurna tapi belum sempurna banget. Kata dokternya ada kemungkinan operasi lagi tiga atau enam bulan lagi, itu kalau memang muncul lagi," katanya.


Operasi pengangkatan silikon tersebut dilakukan Mpok Atiek karena menurutnya sudah lewat kadarluarsa. "Jadi mpok juga baru tahu kalau itu ada kadaluarsanya kata dokter harusnya cuma 10 tahun, tapi mpok malah 23 tahun jadinya bengkak makanya harus dioperasi. Dan lagi silikon cair itu sebenarnya bukan untuk wajah, menyesal sekali," ungkapnya.


Apa kata dokter

5 dari 5 halaman


Ahli Bedah Plastik, dr. Enrina Diah SpBP mengatakan kemungkinan besar yang digunakan dalam kasus Mpok Atiek adalah silikon cair.


"Kelihatan sekali kok yang pakai silikon cair, seperti Mpok Atiek. Harusnya itu tidak digunakan untuk bedah plastik karena berbahaya, dan tanda-tanda seperti kemerahan atau bolong-bolong karena ada reaksi penolakan dari jaringan dalam tubuh," kata dr. Enrina.


Menurut Ahli Bedah Plastik dari Ultimo Clinic Aestetic & Dental Center itu, walaupun telah dilakukan operasi pengangkatan berkali-kali, silikon tersebut ada yang sudah menyatu dengan jaringan.


"Itu tidak akan hilang semuanya karena ada yang sudah menyatu, untuk itu silikon cair tidak dianjurkan untuk bedah plastik," katanya saat diwawancarai Liputan6.com.


Untuk menghindari masalah yang akan terjadi, dr. Enrina menyarankan bila ingin melakukan operasi plastik sebaiknya tidak menggunakan silikon cair dan ditangani oleh dokter bedah plastik.


"Silikon cair tidak dianjurkan untuk bedah plastik, kalau payudara biasanya implan silikon gel dan kalau hidung pakai silikon padat atau filler itu aman. Dan bukan di sembarang tepat tetapi di dokter bedah plastik," ucap dr. Enrina.

(Mia/Igw)