Sukses

Ibu Hamil Sebaiknya Nambah Berat Berapa dari Sebelum Hamil?

Menurut panduan Institute of Medicine, AS, wanita dengan berat badan sehat dan mengandung satu bayi, seharusnya bertambah 10- kilogram

Menurut panduan yang dikeluarkan oleh Institute of Medicine, AS, wanita dengan berat badan sehat dan mengandung satu bayi, seharusnya bertambah berat badan 10 hingga 15 kg.

Wanita hamil yang sebelumnya mengalami kelebihan berat badan seharusnya bertambah tujuh hingga sepuluh kg, sedangkan wanita obesitas sebaiknya membatasi pertambahan berat badannya hanya lima hingga 10 kg.

Dalam penelitian tersebut 70 persen wanita yang menderita obesitas sebelum kehamilan mengalami kenaikan berat badan lebih dari panduan tersebut dibandingkan 31 persen wanita yang sebelum hamil memiliki berat badan normal.

Namun, penelitian tersebut menyimpulkan bahwa wanita yang mengalami kenaikan berat badan lebih dari yang direkomendasikan melahirkan bayi yang lebih gemuk tanpa memandang berat badan sebelum kehamilan.

Bayi-bayi baru lahir itu kemudian diukur panjang, berat, dan lemak selama 48 jam setelah kelahirannya lewat alat khusus untuk menghitung lemak. Untuk itu bayi diharuskan berbaring di atas mesin selama dua menit.

Bayi yang dilahirkan dari ibu yang berat badannya naik terlalu banyak selama kehamilan memiliki 0,5 kg lemak tubuh dibandingkan 0,4 lemak pada bayi yang dilahirkan ibu berberat badan sesuai panduan.

Penelitian itu menyimpulkan bahwa ada risiko obesitas meskipun bayi dilahirkan dengan berat badan normal. “Pesannya jelas bahwa ibu harus memiliki berat badan normal sebelum hamil dan mengalami kenaikan berat badan sesuai dengan panduan. Jika naik berat badan terlalu banyak selama hamil, itu akan berdampak tak baik untuk kesehatan anak kelak. Pula, lebih sulit bagi ibu untuk menurunkan berat badan,” ungkap Josefson.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini