Sukses

Pejabat Harus Tahan Godaan Biar Nggak Korupsi

Seorang pejabat haruslah orang yang punya integritas tinggi, yang tahan godaan biar tidak korupsi.

Siapa yang tak tergiur melihat uang berlimpah. Namun, sebagai seorang pejabat publik jangan mudah terlena dengan godaan materi. Seorang pejabat haruslah orang yang punya integritas tinggi, yang tahan godaan biar tidak korupsi.

"Kita tahu, kalau mau mencari pejabat yang jujur itu susah karena banyak kesempatan. Sehingga integritas itu penting," tegas Psikiater RS OMNI Alam Sutera, dr.Andri,SpKJ, saat dihubungi Liputan6, Kamis (3/10/2013).

Selain integritas, lanjut dr Andri, seorang pejabat publik haruslah bijaksana. Semakin tinggi kedudukan seseorang maka akan semakin rentang menghadapi masalah penyelewengan tanggung jawab.

"Harus bijaksana dari segi informasi dan pengetahuan tentang hak dan tanggung jawabnya sebagai pejabat publik. Dia harus tahu dari hilir sampai hulu praktik yang mungkin terjadi seperti apa. Misalnya pengadaan barang, komisi dan tender bisa jadi masalah.

Menurutnya, pejabat publik itu juga harus tahu tujuan akhirnya sehingga jika mampu melakukan sesuatu dengan baik kemungkinan bisa terhindar dari korupsi.

Periksa Kesehatan Jiwa

Dr Andri mengatakan, memang sebelum menjadi pejabat publik biasanya kesehatan jiwanya diperiksa. Namun, pemeriksaan itu tak bisa memprediksi apakah orang itu bisa menjadi koruptor atau tidak.

"Pemeriksaan kesehatan jiwa itu sebagai pemeriksaan penunjang. Kita memberikan rekomendasi. Tapi, ujung-ujungnya jabatan banyak masalah politis," ujar dr Andri.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.