Sukses

Makanan Pelindung Prostat dari Kanker

Rajinlah menyantap buah apel dan buncis, yang mengandung senyawa aktif kuesertin bila ingin terhindar dari kanker prostat.

Rajinlah menyantap buah apel dan buncis, yang mengandung senyawa aktif kuesertin bila  ingin terhindar dari kanker prostat. Anjuran ini berdasarkan riset ilmuwan di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat, yang dimuat dalam Jurnal Carcinogenesis.

Pada uji laboratorium, Nianzeng Xing, ahli kanker dari Departemen Urologi di Mayo Clinic, membuktikan bahwa kuesertin sanggup memblokir reseptor hormon pria (androgen). Reseptor ini bertugas mengaktifkan gen-gen yang mengatur produksi beragam hormon pada saluran prostat. Jumlah reseptor yang terlalu melimpah akan memacu sel-sel sehingga membiak tak terkendali dan mengakibatkan kanker.

Jadi, "Reseptor androgen perlu diblokir untuk mencegah kanker prostat," kata Xing seperti dikutip Science News Magazine, Rabu (2/10/2013).

Sebetulnya, kuesertin sudah lama menjadi pokok penelitian, tapi baru kali ini riset difokuskan pada kanker prostat. Xing mengakui, masih diperlukan riset lebih mendalam untuk melacak cara kerja kuesertin. Namun, temuan Xing ini setidaknya membuka harapan baru bagi penderita kanker prostat.

Berdasarkan data dari 13 fakultas kedokteran negeri sepanjang periode 1988-1990, di Indonesia, kanker prostat termasuk 10 penyakit ganas yang paling sering menyerang kaum pria.

Nah, sembari menunggu riset komplet, Xing menyarankan untuk memperkaya menu makanan dengan sumber kuesertin alami seperti apel, buncis, jeruk, teh, dan bawang merah.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.