Sukses

Gado-gado & Karedok Lebih Sehat dari Salad Kalau Diolah Benar

Makanan Indonesia juga banyak yang sehat, seperti misalnya gado-gado atau karedok. Makanan ini disebut ahli gizi lebih sehat dibandingkan salad atau makanan Eropa lainnya.

Tapi meskipun sehat, Guru Besar Departemen gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, menyebutkan semua makanan harus tergantung dari tiga hal, yatiu bahan, komposisi dan cara mengolah dan makannya.

"Semua dikatakan sehat apabila memenuhi ketiga hal tersebut. Salad juga kalau dimakan dengan dressing thousand island misalnya, itu banyak lemaknya. Beda kalau dresingnya cuma satu sendok. Dressing itu kan dibuat dari kuning telur dan susu sehingga lemaknya banyak. Tentu akan jauh lebih sehat gado-gado atau karedok," ungkap Hardinsyah, ditulis Senin (9/9/2013).

Menurut Hardinsyah, karedok tidak memiliki kolesterol karena potongan sayurannya masih fresh. Ditambah lagi dengan saus kacang yang juga tidak ada kolesterolnya.

"Tapi jangan dibandingkan dengan salad yang ada di Prancis atau Middles East yang dressingnya cuma ditebar secukupnya. Mereka juga pakai olive oil (minyak zaitun). Artinya bahwa semua hal ini tergantung dari cara olahnya," jelas Hardinsyah.

Hardinsyah menambahkan, makanan Indonesia bisa lebih buruk jika sayurannya disemprot pestisida dan pengolahannya banyak menggunakan minyak yang dimasak.

(Fit/Igw)

Artikel Selanjutnya
Nikmatnya 6 Makanan Palembang, Bikin Pengen Cepet Berbuka Puasa
Artikel Selanjutnya
8 Tips Menu Buka Puasa Agar Tubuh Tetap Langsing di Bulan Ramadan