Sukses

Anda Vegetarian dan Hamil? Tak Masalah Kali!

Bila Anda seorang vegan tidak perlu khawatir untuk hamil, asupan protein bisa didapat dari protein nabati.

Siapa bilang vegetarian sulit mendapatkan asupan protein saat hamil. Dengan bergaya hidup vegetarian atau vegan bukan berarti nutrisi tak terpenuhi. Bahkan saat sedang hamil tidak perlu khawatir bila Anda seorang vegan. Asupan protein bisa didapat dari protein nabati.

Vegetarian adalah sebutan untuk mereka yang menghindari konsumsi segala jenis daging bahkan juga telur dan susu dalam konsumsi setiap harinya. Sehingga untuk memenuhi kecukupan gizinya didapat dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

"Tidak ada masalah vegetarian untuk hamil, asupan protein bisa didapat dari tempe tahu, alangkah lebih baik bisa ditambahkan dengan minum susu," ujar Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Rumah Sakit Omni Pulomas, Jakarta Timur Dr. Caoline Tirtajasa Sp.OG (K) ditulis Sabtu (9/6/2013).

"Seimbangkan makanan, tidak masalah vegan saat hamil asalkan asupan nutrisinya sudah baik," ungkap dr. Caroline.

Persyaratan asupan zat besi adalah 1,8 kali lebih tinggi untuk vegetarian karena zat besi nonheme tidak diserap serta besi heme. Heme dan non-heme adalah dua bentuk zat besi yang diperoleh dari makanan. Anda mendapatkan besi heme dari daging dan besi non-heme dari tumbuhan.

Rekomendasi harian adalah 18 mg zat besi per hari. Lengkapi juga dengan konsumsi vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.