Sukses

Kenapa Bisa Terjadi Kekerasan seperti Dialami Sisca Yofie

Orang yang terlihat manis di luar bisa berubah menjadi ganas jika memiliki masa lalu yang kelam.

Orang yang terlihat manis di luar bisa berubah menjadi ganas dan kasar jika memiliki masa lalu yang kelam. Jika orang tersebut mendapat pemicu yang terus menerus, keganasannya bisa muncul tanpa diduga-duga.

Menurut Psikolog Tika Bisono, perilaku kekerasan biasanya tidak muncul tiba-tiba. Melainkan sudah tertanam bertahun-tahun.

"Perilaku itu bisa muncul setiap ada stimulasi yang intensitasnya tinggi sehingga kemungkinan kekerasan itu muncul besar," kata Tika saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (27/8/2013).

Tika menjelaskan, untuk mengetahui sesuatu yang tersembunyi bukan hal yang mudah diketahui. Pasangan suami istri saja bisa tidak mengetahuinya.

"Istri saja belum tentu tahu apa yang tersembunyi di dalamnya, yang belum terlihat. Apalagi pacar, orang manis bisa menyimpan amarah yang besar," ujarnya.

Ia menjelaskan, ada beberapa pemicu yang bisa membuat orang manis berubah jadi ganas seperti mendapat kekerasan verbal, kekerasan visik, emosional, masalah ekonomi, dan sosial.

"Jika orang punya trauma dibentak-bentak, kemudian dibentak-bentak pacar itu bisa membangkitkan kenangan masa lalunya,"

Seperti diketahui, belakangan ini banyak kekerasan yang terjadi di Indonesia. Seperti yang dialami Sisca Yofie yang menjadi korban kekerasan dari saudaranya yang menjambretnya. Begitu pula dengan kasus yang dialami Greg Nwokolo karena dituduh melakukan kekerasan dan pemerkosaan.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini