Sukses

Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa

Untuk mengatasi kulit kering saat puasa, ahli gizi klik dari UI umbar rahasianya

Kurangnya cairan saat puasa biasanya akan menyebabkan kulit kering. Mungin bukan hanya bibir yang pecah-pecah tapi juga kulit menjadi kusam dan kering.

Untuk mengatasinya, ahli gizi klinik yang juga dosen di Universitas Indonesia dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK menyampaikan beberapa trik berikut ini:

1. Perbanyak makan buah

"Makan banyak buah saat puasa bisa membantu kulit agar tetap lembap saat puasa. Hal ini dikarenakan buah bisa menjaga sintesis kolagen yang terdapat pada vitamin C. Selain itu buah juga bisa menjaga kesegaran kulit," kata Fiastuti saat acara 'Buavita Dorong Semangat Hidup Sehat Selama Berpuasa' di Mesjid Istiqlal, Jakarta dan ditulis Rabu (17/7/2013).

Menurut Fiastuti, pada buah terdapat 2-6 gram serat walaupun tiap buah memiliki kandungan serat yag berbeda. "Maka itu, mengonsumsi buah harus beragam, jangan hanya satu jenis".

Banyak buah yang dapat dikonsumsi saat buka puasa seperti anggur, apel, jambu biji atau jeruk.

2. Latihan rutin

Jangan melakukan olahraga saat sahur. Usahakan bergerak dan berkeringat di sore hari atau sekitar 30 menit sebelum berbuka puasa. Lakukan jalan kaki rutin juga dibolehkan.

3. Perbanyak minum

"Minum manis jangan berlebihan saat sahur. Usahakan minum 3 gelas saat sahur untuk memenuhi kecukupan air 8 gelas sehari," jelasnya.

(Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.