Sukses

Waspada, Penderita Tipes Juga Bisa Kena Hepatitis

Gejala yang hampir mirip, seringkali membuat penderita tipes dan hepatitis perlu memeriksakan dirinya agar hepatitis tidak jadi kronis.

Baik tipes maupun hepatitis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri. Gejala yang hampir mirip, seringkali membuat penderitanya perlu memeriksakan diri lebih dini agar peradangan hati (hepatitis) tidak jadi kronis.

Demikian disampaikan oleh Rino A. Gani, MD, PhD dari Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia saat menjelaskan masalah penyakit hati di Indonesia di kantor Kementrian Kesehatan, Jumat (13/7/2013).

Menurutnya tipes dan hepatitis A dan E diakibatkan oleh bakteri yang kebanyakan berasal dari kurangnya kebersihan makanan.

"Gejala hepatitis yang bisa terdeteksi seperti meriang, ngilu, nyeri sendi, itu hanya dialami sekitar 10-15 persen penderitanya. Sementara
85 persennya, tidak merasakan gejala,"jelas Rino.

Untuk mencegah tipes yang menjadi hepatitis, sebaiknya penderita tipes juga memeriksakan dirinya pada spesialis penyakit dalam. Kemudian, budayakan untuk mencuci tangan bagi yang akan memasak dan sebelum makan.

"Gunakan standar kebersihan yang benar, jika petunjuknya harus menggunakan air mendidih, ya lakukan. Jangan menyepelekannya,"tambah Roni.

(Fit/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.