Sukses

Meringankan Keluhan yang Terjadi saat Proses Kehamilan

Keluhan Kehamilan, Wanita Hamil

Keluhan wanita tentang masalah perubahan yang terjadi saat kehamilan masih kerap terjadi.  Perubahan-perubahan pada wanita tersebut dapat terjadi sesuai usia kehamilannya.

Pada awal kehamilan, akan terjadi berbagai perubahan, seperti mual, gangguan buang air besar, payudara membesar, puting dan areola menjadi lebih gelap, perut bagian bawah membengkak, dan cairan vagina bertambah. Dan, pada akhir kehamilan, dapat terjadi varises, wasir, sering buang air kecil, kaki bengkak, pinggang atau pundak terasa pegal dan linu.

"Untuk meringankan keluhan-keluhan tersebut, ibu hamil terutama pada kehamilan trimester ke-3 atau 7-9 bulan kehamilan sebaiknya berolahraga ringan atau senam hamil. Saat senam hamil, selain dibimbing cara/ proses melahirkan yang nyaman, juga akan dipelajari tanda-tanda berbahaya pada masa kehamilan dan tanda-tanda mulai terjadinya proses persalinan," ungkap Spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, dalam talkshow yang berjudul Safe and Comfortable Pregnancy, Dr. Handi Suryana, Sp.OG, seperti ditulis Minggu (21/7/2013).

Selain itu masalah nyeri hulu hati juga dialami wanita selama kehamilan. Ibu hamil biasanya merasakan sensasi terbakar di sekitar dada. Keluhan tersebut terjadi selama beberapa bulan di awal kehamilan atau bahkan sepanjang kehamilan.

Nyeri ulu hati selama kehamilan disebabkan peningkatan sekresi hormon wanita, progesteron. Peningkatan hormon ini dapat mengendurkan katup antara perut dan kerongkongan.

Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan minum air jahe dan mengubah pola makan. Hindari makanan terlalu pedas, berminyak, dan berkafein. Agar kesehatan janin tetap terjaga, perbanyak konsumsi makanan bernutrisi seperti buah dan sayuran.

(Mia/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.