Sukses

Cumi, Udang, Kepiting Bikin Kulit Tak Cantik Lagi

Meski berprotein tinggi, makanan laut seperti cumi, udang, kepiting tidak terlalu bagus untuk kulit bila berlebihan dikonsumsi. Anda bisa tidak cantik lagi

Makanan laut memang baik untuk dikonsumsi demi kesehatan. Namun, jangan salah. Kalau Anda menggemari makanan jenis ini dan kalap alias tidak bisa menahan makan sehingga berlebihan mengonsumsinya, makanan laut seperti cumi, udang dan kepiting akan memengaruhi kulit, bikin wanita tak cantik lagi.

"Walaupun tidak memengaruhi secara langsung dengan kecantikan, tapi  makan cumi, udang, kepiting merupakan jenis makanan laut yang mengandung kolesterol tinggi,"ujar dokter kecantikan di Skin Care and Body Treatment, dr. Theresia Tedjasukmana beberapa waktu lalu seperti ditulis di Jakarta, Jumat (17/5/2013).

Makanan ini menurut Theresia mengandung lemak sangat jenuh. Jadi jika dikonsumsi berlebihan akan membuat masalah kesehatan seperti jantung koroner, stroke karena meningkatkan kolesterol jahat.

"Memang, makanan ini mengandung protein yang cukup tinggi," ungkap Theresia. Dan kulit membutuhkan protein untuk regenerasi sel. Namun, bila berlebihan, makanan laut sangat berisiko bagi tubuh karena membuat sel-sel tubuh tidak berkembang dengan baik. Sel-sel akan mengalami degenerasi. Akibatnya tidak hanya kulit yang rusak tetapi juga risiko kena penyakit jantung atau stroke.

Sel yang baik akan menjaga kulit tetap segar dan memperlampat proses penuaan. "Jadi alangkah baiknya jika kita bisa memilih jenis protein laut yang rendah kolesterolnya seperti ikan laut. It's more safe," tambahnya.

(Fit/Abd/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.