Sukses

Susu yang Diminum Sebelum Tidur, Bikin Rusak Gigi Anak

Kebanyakan anak diberi minum susu sebelum tidur sehingga diharapkan dapat tidur nyenyak. Padahal, sebelum minum susu, si kecil sudah menyikat gigi.

Kebanyakan anak diberi minum susu sebelum tidur sehingga diharapkan dapat tidur nyenyak. Padahal, sebelum minum susu, si kecil sudah menyikat gigi. Tak heran bila masalah gigi terus muncul meski anak rajin sikat gigi.

Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia ( IDGAI) drg. Syarif Hidayat, SpKGA (K) menyebutkan bahwa bakteri yang disebabkan akibat minum susu di malam hari bisa merusak email gigi.

"Jika anak minum susu di malam hari, ibu harus aktif membersihkan giginya dengan cara menyiapkan satu botol (dot) yang diisi air putih dan meminumkannya atau membersihkan giginya dengan kapas yang diberi air bersih," jelas Syarif yang ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (6/5/2013).

Seperti diketahui, malam hari adalah waktu yang tepat untuk perkembangbiakan bakteri karena produksi air liur berkurang. Sudah begitu, ditambah dengan susu. Ini akan menyebabkan masalah pada gigi.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.