Sukses

Punya Hewan Peliharaan Bantu Atasi Psoriasis, Anabul Bikin Pemilik Aktif dan Jauh dari Stres

Berikut manfaat kesehatan yang didapat dari hewan peliharaan bagi mereka yang memiliki psoriasis.

Liputan6.com, Jakarta - Sekilas, psoriasis dan eksim tampak serupa, namun meski sama-sama merupakan gangguan kulit, keduanya berbeda.

Psoriasis menyebbakan ruam kering dan gatal yang ditandai dengan bercak bersisik pada kulit. Kondisi ini cukup umum di AS. Psoriasis merupakan kondisi kronis yang tidak bisa disembuhkan dan cenderug kambuh dengan gejala yang memburuk.

"Tidak seperti eksim, psoriasis dapat terlihat di masa kanak-kanak begitu juga dengan orang dewasa, dan mempengaruhi pria dan wanita secara setara," kata dokter kulit Anar Mikailov MD.

Psoriasis juga merupakan kondisi autoimun, sistem pertahanan tubuh melihat sel normal dan sehat sebagai berbahaya dan melepaskan antibodi untuk menyerangnya.

Ini yang menyebabkan psoriasis mirip dengan penyakit autoimun lainnya seperti rheumatoid arthritis, lupus, dan tiroiditis Hashimoto.

Psoriasis cenderung diturunkan dalam keluarga, dan memiliki beberapa pemicu umum, baik untuk kejadian pertama maupun kambuh setelah terbentuk.

Tempat paling umum munculnya gejala psoriasis adalah di kulit kepala dan wajah, siku, lutut, kaki serta punggung bawah.

Meski psoriasis disebut tidak bisa disembuhkan, memiliki binatang peliharaan rupanya dapat membantu proses mengelola penyakit tersebut.

Dilansir WebMD, berikut manfaat kesehatan yang didapat dari hewan peliharaan bagi mereka yang memiliki psoriasis. 

Hewan Peliharaan Membuat Anda Tetap Aktif

Anjing perlu jalan-jalan setiap hari, sehingga pemiliknya juga melakukan aktivitas fisik secara teratur. Psoriasis meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Namun olahraga menurunkan risiko tersebut dan membantu Anda mengatur berat badan. Menjaga berat badan yang sehat sebenarnya membantu mencegah kambuhnya psoriasis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Meringankan Gejala Stres dan Psoriasis

 

Berada di sekitar hewan jenis apa pun dapat menurunkan kadar kortisol, hormon stres, dalam tubuh Anda. Stres adalah pemicu umum timbulnya psoriasis.

Diperkirakan menyebabkan peradangan di tubuh Anda. Saat Anda rileks, gejala psoriasis Anda sering kali membaik.

 

3 dari 5 halaman

Meningkatkan Citra Tubuh

Psoriasis dapat melukai harga diri Anda ketika wabah kulit membuat Anda merasa kurang menarik. Bagaimana hewan peliharaan bisa membantu?

Penelitian menunjukkan bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki harga diri yang lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan. Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa pemilik anjing dipandang lebih menarik dalam dunia kencan.

 

4 dari 5 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

Memiliki hewan peliharaan sebenarnya dapat menurunkan tekanan darah Anda, bahkan di saat stres. Tekanan darah tinggi sering terjadi pada penderita psoriasis. Dan plak cenderung menjadi lebih buruk jika Anda memiliki kedua kondisi tersebut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemilik hewan peliharaan cenderung memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan -- meskipun indeks massa tubuh (BMI) mereka serupa.

 

5 dari 5 halaman

Mendapatkan Tidur yang Lebih Baik

Rasa sakit dan gatal akibat psoriasis dapat mengganggu tidur Anda. Tapi tidur dengan hewan peliharaan di dalam kamar bisa membantu Anda tidur sebentar.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang anjingnya tertidur di dekatnya memiliki kualitas tidur yang lebih baik -- selama anjing tersebut tidak berada di tempat tidur bersama mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.