Sukses

Konsumsi Kalsium Bisa Cegah Penyakit Kardiovaskular, Kapan Waktu Tepat Minum Susu?

Mereka menemukan bahwa asupan kalsium di antara waktu sarapan hingga makan malam dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Liputan6.com, Jakarta - Mengonsumsi susu diketahui dapat membantu menyehatkan jantung. Ini karena susu mengandung kalsium. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya, Anda perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya.

Dalam sebuah penelitian terbaru, para peneliti mengalisis konsumsi kalsium pada 36.164 orang dewasa di Amerika. Mereka menemukan bahwa asupan kalsium di antara waktu sarapan hingga makan malam dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Hal yang lebih baik yakni mengurangi asupan kalsium sebesar 5 persen ketika makan malam dan meningkatkannya sebanyak 5 persen di pagi hari dapat mengurangi risiko kardiovaskular hingga 6 persen. Hal ini terungkap dalam riset yang diterbitkan BMC Public Health pada bulan lalu, dilansir New York Post.

Para peneliti mencatat, kandungan kalsium dalam makanan dapat memperbaiki kadar lipid darah, massa lemak, serta tekanan darah yang ketiganya merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular. Penyebab utama kematian di seluruh dunia, penyakit kardiovaskular termasuk gagal jantung, serangan jantung, dan stroke.

Kunci penyerapan kalsium – yang banyak terdapat pada produk susu, sayuran berdaun hijau gelap, dan ikan tertentu – mungkin terletak pada jam biologis 24 jam tubuh.

“Dari perspektif pola sirkadian, penelitian menunjukkan bahwa penyerapan kalsium mungkin sedikit lebih tinggi pada siang hari karena hormon tertentu yang diperlukan untuk metabolisme kalsium seperti hormon paratiroid, misalnya, cenderung juga lebih tinggi pada siang hari,” Melanie Murphy Richter — seorang ahli gizi ahli diet terdaftar dan direktur komunikasi untuk perusahaan nutrisi Prolon, yang tidak terlibat dalam penelitian ini – mengatakan kepada Medical News Today minggu ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekomendasi Minum Susu Sesuai Usia

Penelitian baru ini memang memiliki keterbatasan, termasuk pengecualian pada orang berusia di bawah 20 tahun, wanita hamil, orang yang mengonsumsi lebih dari 4.500 kalori sehari, dan mereka yang mengonsumsi suplemen kalsium.

Mayo Clinic merekomendasikan pria berusia 19 hingga 70 tahun dan wanita berusia 19 hingga 50 tahun mengonsumsi 1.000 miligram kalsium sehari, sedangkan pria berusia 71 tahun ke atas dan wanita berusia 51 tahun ke atas harus mengonsumsi 1.200 miligram.

Batas atas kalsium yang disarankan adalah 2.500 miligram sehari untuk orang dewasa berusia 19 hingga 50 tahun dan 2.000 miligram untuk mereka yang lebih tua.

 

3 dari 3 halaman

Orang dengan Diet Seimbang Mungkin Tak Perlu Suplemen Kalsium

Menurut University of California San Francisco Health, secangkir susu biasanya mengandung 300 miligram kalsium, sedangkan secangkir bayam matang mengandung 240 miligram dan 3 ons sarden mengandung 370 miligram.

Richter mengatakan kepada Medical News Today bahwa mereka yang mengonsumsi “diet seimbang yang kaya akan tumbuhan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sesekali produk susu atau produk susu yang diperkaya” kemungkinan besar tidak memerlukan suplemen kalsium.

Tetapi mereka yang mengonsumsi banyak makanan olahan tinggi atau mereka yang tidak toleran laktosa mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter mereka tentang suplementasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini