Sukses

Manfaat Kumpul Keluarga Saat Lebaran, Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

Salah satu manfaat utama dari berkumpul keluarga di momen Lebaran adalah mempererat hubungan keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran Idul Fitri merupakan momen yang penuh makna di mana keluarga berkumpul untuk merayakan kemenangan setelah menjalani puasa selama sebulan penuh. Tradisi berkumpul dengan keluarga pada hari raya ini menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu, terutama karena kehangatan dan kebersamaan yang tercipta.

Salah satu manfaat utama dari berkumpul keluarga di momen Lebaran adalah mempererat hubungan antar anggota keluarga. Ketika keluarga berkumpul, tercipta ruang untuk berbagi cerita, pengalaman, dan kebahagiaan bersama. 

"Menghabiskan waktu bersama keluarga adalah aspek penting dalam hidup kita dan dapat berdampak besar pada kesehatan kita. Menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dapat menjadi salah satu pengalaman yang paling berharga dalam hidup,” kata psikoterapis Chandni Tugnait, MD.

Menurut Tugnait, ini bukan hanya tentang berbagi tawa dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan, tetapi juga tentang meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa hubungan keluarga dapat secara signifikan mempengaruhi kesehatan mental dan emosional. Waktu yang dihabiskan bersama orang-orang terkasih dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan.

“Dengan mendedikasikan waktu untuk membangun dan memelihara hubungan yang penting ini, dapat meningkatkan kesejahteraan dan memperkuat ikatan yang membuat kita tetap terhubung dengan orang-orang yang paling berarti," kata Tugnait.

Dilansir dari Hindustan Times, Tugnait membagikan beberapa manfaat bagi tubuh yang luar biasa dari menghabiskan waktu bersama keluarga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Meningkatkan Kesehatan Mental

Menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. Berinteraksi dengan orang yang dicintai dapat memberikan dukungan emosional dan memungkinkan Anda untuk berbagi pikiran dan perasaan, yang dapat membantu meringankan stres serta mencegah perasaan kesepian.

Memperkuat Hubungan

Menghabiskan waktu bersama membantu memperkuat ikatan di antara anggota keluarga, menumbuhkan kepercayaan, pengertian, dan komunikasi yang terbuka. Terlibat dalam kegiatan dan berbagi pengalaman dengan keluarga dapat menciptakan kenangan abadi dan memperdalam hubungan emosional.

Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Individu dapat mengembangkan kecerdasan emosional yang lebih baik dengan menghabiskan waktu bersama keluarga, terutama dalam situasi yang menantang secara emosional.

Mengamati dan berpartisipasi dalam dinamika keluarga dapat mengajarkan seseorang cara mengelola emosi, berempati dengan orang lain, dan mengkomunikasikan perasaan secara efektif, meningkatkan hubungan pribadi dan keterampilan sosial.

3 dari 5 halaman

Kepuasan Hidup yang Lebih Besar

Menghabiskan waktu bersama keluarga dapat memberikan kepuasan dan kebahagiaan yang lebih besar. Cinta, dukungan, dan dorongan dari anggota keluarga dapat meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri, yang mengarah pada pandangan yang lebih positif terhadap kehidupan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa individu dengan hubungan keluarga yang kuat lebih bahagia dan lebih puas dengan kehidupan mereka.

"Keluarga dapat membantu mengurangi rasa kesepian," kata Dr Sonal Anand, Psikiater, Rumah Sakit Wockhardt, Mira Road.

Tidak Merasa Kesepian

Kesepian secara bertahap berubah menjadi masalah dengan porsi yang lebih besar setelah pandemi. Isolasi dan penghindaran sosial secara real time menjadi cara hidup yang benar-benar bertentangan dengan sifat bawaan kita.

Memiliki ikatan keluarga yang kuat dan sehat dapat membantu mengatasi kesulitan yang muncul akibat kesepian, khususnya kecemasan dan memenuhi kebutuhan emosional.

4 dari 5 halaman

Membantu Menghadapi Rasa Tidak Aman dan Ketakutan

Saat anak-anak tumbuh dewasa, mereka terpapar dengan pengaruh yang baik dan buruk. Dengan hubungan yang baik dan bimbingan dari rumah, mereka dapat membuat pilihan yang lebih baik dan menciptakan ikatan orang tua-anak yang sehat yang dapat menjadi sumber kegembiraan dan keseimbangan bagi keduanya.

Meningkatkan harapan hidup

Menghabiskan waktu bersama keluarga dan memiliki ikatan yang baik dapat meningkatkan kadar oksitosin di otak, dan hormon perasaan baik lainnya. Oksitosin membantu mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan perasaan terikat dan meningkatkan kesehatan secara umum.

"Meluangkan waktu untuk orang yang kita cintai bukan hanya masalah ikatan; hal ini memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan kita secara keseluruhan," kata Jyoti Kapoor, Pendiri-Direktur dan Psikiater Senior, Manasthali.

5 dari 5 halaman

Memberikan Dukungan Emosional

Salah satu manfaat mendasar dari menghabiskan waktu bersama keluarga adalah dukungan emosional yang mereka berikan. Anggota keluarga menawarkan ruang yang aman dan tidak menghakimi untuk berbagi pikiran, kekhawatiran, dan kegembiraan. Hubungan emosional ini membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan menumbuhkan rasa memiliki. 

Mengembangkan Keterampilan Komunikasi

Interaksi yang teratur dengan anggota keluarga memberikan suasana yang ideal untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif. Terlibat dalam percakapan dan secara aktif mendengarkan pemikiran dan perspektif satu sama lain akan menumbuhkan empati dan pemahaman.

Meredakan Stres

Menghabiskan waktu bersama keluarga bertindak sebagai pereda stres yang ampuh. Terlibat dalam kegiatan yang mendorong relaksasi, seperti menonton film bersama, berjalan-jalan, atau melakukan hobi, membantu mengurangi tingkat stres.

Dukungan emosional dan tawa bersama yang dialami selama waktu bersama keluarga melepaskan hormon yang membuat senang seperti oksitosin, yang pada gilirannya menurunkan stres dan kecemasan, sehingga meningkatkan kondisi ketenangan dan kesejahteraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini