Sukses

Hari Kesehatan Dunia 2024: 7 Kebiasaan Kecil yang Bantu Tubuh Jadi Lebih Sehat dan Bugar

Diperingati setiap 7 April, tema Hari Kesehatan Dunia pada tahun ini adalah, "My health, my right" atau "Kesehatanku adalah hakku".

Liputan6.com, Jakarta - Hari Kesehatan Dunia atau World Health Day diperingati setiap 7 April untuk menandai berdirinya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 1948.

Peringatan Hari Kesehatan Dunia juga menjadi kesempatan untuk menarik perhatian pada isu kesehatan global serta upaya meningkatkan kesadaran tentang berbagai topik kesehatan yang memengaruhi masyarakat di seluruh dunia.

Tema Hari Kesehatan Dunia pada tahun ini adalah, "My health, my right" atau "Kesehatanku adalah hakku". Mengutip laman resmi WHO, tema tersebut dipilih untuk memperjuangkan hak setiap orang, di mana pun, untuk memiliki akses terhadap layanan kesehatan, pendidikan, dan informasi berkualitas, serta air minum yang aman, udara bersih, nutrisi yang baik, perumahan berkualitas, kondisi kerja dan lingkungan yang layak, dan kebebasan dari diskriminasi.

Peringatan Hari Kesehatan Dunia memungkinkan kita untuk kembali fokus pada kesehatan pribadi dan pentingnya menjaga kesehatan. Membuat perubahan kecil namun sehat pada rutinitas Anda dapat meningkatkan kualitas hidup secara signifikan.

Berikut daftar perubahan gaya hidup atau kebiasaan kecil yang dapat diterapkan mulai hari ini untuk kesehatan keseluruhan yang lebih baik, dilansir NDTV.

1. Tetap terhidrasi

Minum air dalam jumlah yang cukup membantu menjaga fungsi tubuh, melancarkan pencernaan, mendukung kesehatan kulit, mengatur suhu tubuh, serta membantu mengangkut nutrisi dan oksigen ke sel.

Cara terbaik untuk mengikuti tip ini adalah dengan membawa botol air yang dapat digunakan kembali dan menyesap airnya sepanjang hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Makan makanan seimbang

Mengonsumsi makanan seimbang yang kaya buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, dan lemak sehat menyediakan nutrisi penting, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh yang optimal. Gabungkan berbagai makanan berwarna ke dalam diet Anda.

3. Berolahragalah secara teratur

Aktivitas fisik yang teratur membantu memperkuat otot dan tulang, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan mood, mengurangi stres, dan menjaga berat badan yang sehat.

Usahakan untuk melakukan setidaknya 150 menit olahraga intensitas sedang atau 75 menit olahraga intensitas kuat per minggu.

 

3 dari 4 halaman

4. Prioritaskan tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan karena mendukung fungsi kognitif, fungsi kekebalan tubuh, pengaturan suasana hati, dan pemulihan fisik.

Ciptakan rutinitas waktu tidur yang menenangkan, dan usahakan tidur 7-9 jam setiap malam.

5. Kelola stres

Stres kronis dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental, meningkatkan risiko berbagai kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, obesitas, dan depresi.

Praktik seperti meditasi kesadaran, latihan pernapasan dalam, yoga, dan menghabiskan waktu di alam dapat membantu mengelola stres secara efektif.

 

4 dari 4 halaman

6. Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu penyebab utama kematian yang dapat dicegah di seluruh dunia, meningkatkan risiko berbagai kondisi kesehatan seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, dan masalah pernapasan.

Berhenti merokok dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan dan mengurangi risiko penyakit-penyakit ini.

7. Jaga Kebersihan

Mempraktikkan kebiasaan kebersihan yang baik, seperti mencuci tangan secara teratur, menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang gigi, serta mandi setiap hari, membantu mencegah penyebaran kuman dan mengurangi risiko infeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini