Sukses

Rekomendasi 9 Destinasi Wisata Religi untuk Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Ini daftar sembilan destinasi wisata religi yang direkomendasikan Archipelago

Liputan6.com, Jakarta - Selain mudik ke kampung halaman, momen libur Lebaran pun kerap dimanfaatkan untuk berwisata, seperti misalnya wisata religi.

Ada berbagai destinasi wisata religi di Indonesia, sembilan diantaranya direkomendasikan oleh operator grup hotel Archipelago International.

"Destinasi-destinasi ini tidak hanya menawarkan tempat beristirahat, tetapi juga menjadi tempat perlindungan untuk pengalaman bermakna serta momen kedekatan dengan iman," kata CEO Archipelago International John Flood, dilansir Antara.

Ini daftar sembilan destinasi wisata religi yang direkomendasikan Archipelago

Pekalongan

Tak hanya bisa menyaksikan ragam batik khas, wisatawan juga bisa berkunjung ke Masjid Jami Aulia, masjid tua bersejarah di Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Di sana, ada Al Quran berukuran 2x2,3 meter. Selain itu, wisatawan juga bisa ikut merasakan tradisi Syawalan di kota tersebut.

Semarang

Kota Semarang di Provinsi Jawa Tengah merupakan tempat perpaduan dari berbagai budaya, termasuk budaya Jawa, Tionghoa, Arab, dan Belanda.

Di kota yang kaya dengan khazanah kuliner ini, wisatawan bisa mengunjungi situs Kerajaan Demak dan mempelajari sejarah perkembangan Islam pada masa lalu. Wisatawan juga bisa berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah yang memiliki menara setinggi 99 meter.

Gresik

Ingin mendoakan tokoh penting dalam syiar Islam di Indonesia, wisatawan bisa berziarah ke makam Wali Songo di Gresik, Jawa Timur.

Wali Songo merupakan tokoh yang menyebarkan agama Islam di Jawa pada abad ke-15. Selain berziarah, wisatawan pun bisa mempelajari peran para wali tersebut dalam penyebaran ajaran Islam di Tanah Jawa. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cilacap

Cilacap memiliki Masjid Batu Taman Hati, sebuah masjid gua yang dibangun pada 2009 oleh seorang seniman.

Wisatawan juga bisa menjelajahi objek wisata lainnya seperti Bukit Selok, Bukit Srandil, dan Pantai Srandil yang menawarkan ketenangan di tengah alam di daerah tersebut.

Solo

Di Kota Solo, Jawa Tengah ada Masjid Syeikh Zayed Solo serta Masjid Agung Kraton Solo yang bisa dikunjungi.

Tak hanya itu, wisatawan pun bisa menikmati kelezatan kuliner Solo di pasar-pasar tradisionalnya.

Berkunjung ke Keraton Surakarta Hadiningrat yang indah dan bersejarah pun tak kalah menarik untuk dilakukan selama libur Lebaran.

 

 

3 dari 4 halaman

Malang

Kota Malang di Jawa Timur menawarkan banyak tempat wisata. Di antara daerah tujuan wisata di Malang ada Masjid Pintu Seribu Malang, yang bisa menjadi tempat untuk menikmati momen damai di tengah hiruk-pikuk kota.

Banjarmasin

Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan dikenal dengan keindahan ribuan sungai dan warisan spiritual. Kota itu memiliki Masjid Sultan Suriansyah, yang dibangun sejak tahun 1550. Nama masjid itu diambil dari nama sultan Muslim pertama Banjarmasin. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Masjid Jami Banjarmasin dan makam tokoh sejarah di Banjarmasin.

4 dari 4 halaman

Palembang

Kota Palembang di Sumatera Selatan memiliki Al Quran Akbar Palembang, sebuah monumen agung yang menampilkan keindahan seni Islam. Al Quran itu ada Museum Bayt Al-Quran Al-Akbar.

Makassar

Kalau singgah di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, wisatawan bisa mengunjungi Masjid 99 Kubah. Masjid terbesar di Makassar itu dapat menampung hingga 13.000 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.