Sukses

Ibu Hamil Sering Alami Masalah Kulit, Ini 5 Bahan Alami yang Aman Digunakan

Bahan Alami Ini Aman Digunakan Ibu Hamil untuk Atasi Masalah Kulit

Liputan6.com, Jakarta - Ibu hamil sering mengalami masalah kesehatan kulit karena adanya perubahan hormonal, sistem imun, dan metabolisme selama kehamilan dan menyusui. Dr Yusfa Rasyid SpOG MARS menjelaskan bahwa perubahan ini dapat menyebabkan perubahan bentuk, warna, pigmentasi, dan struktur kulit.

"Masalah kulit yang umum dialami ibu hamil meliputi perubahan pada rambut, kulit, kuku, dan pembuluh darah. Beberapa masalah bersifat fisiologis, sementara yang lain bersifat non-fisiologis seperti flare up penyakit," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu, 6 April 2023.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa respons terhadap perubahan kulit saat hamil dapat bervariasi. Sebagai contoh, beberapa ibu hamil mungkin mengalami stretch marks, sementara yang lain tidak.

Menurutnya, ini dipengaruhi oleh protein asing dari suami yang terlibat dalam pembentukan janin. Protein dari suami kadang-kadang dapat berperan sebagai alergen yang menyebabkan reaksi alergi pada ibu hamil.

"Ini bisa menyebabkan sebagian ibu hamil mengalami stretch marks secara signifikan, sementara yang lain tidak sama sekali. Beberapa mungkin juga mengalami gatal pada tahap-tahap tertentu kehamilan," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang berpraktik di tiga rumah sakit, yaitu YPK Mandiri, Brawijaya Hospital Saharjo, dan Hermina Jatinegara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Stretch Marks Tidak Dapat Dicegah Tapi Bisa Diminimalisir

Lebih lanjut, Yusfa menyarankan agar ibu hamil mandi minimal dua kali sehari menggunakan sabun berpelembab, dan mengaplikasikan pelembap yang aman secara rutin. Jika ada keluhan yang mengganggu, berkonsultasilah dengan dokter.

Mengenai stretch marks, dia menjelaskan bahwa meskipun tidak dapat dicegah sepenuhnya, tapi bisa diminimalisir. "Misalnya dengan mengurangi rasa gatal atau memudarkan warnanya," ujarnya.

Pada masa kehamilan, disarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan kulit. Contohnya adalah magnolia, lidah buaya, minyak zaitun, alpukat, dan lainnya. Ini karena bahan-bahan tersebut terbukti aman bagi ibu hamil dan tidak akan mengganggu perkembangan janin.

 

3 dari 3 halaman

Perawatan Kulit bagi Ibu Hamil

Menurut Yusfa, ibu hamil sebaiknya menggunakan produk perawatan kulit yang terbukti aman dan menghindari kandungan-kandungan berpotensi merugikan, seperti Benzoyl Peroxide, Tretinoin, Retinol, dan sebagainya.

"Menggunakan bahan dasar alami mungkin lebih baik karena kulit menyerap apa pun yang diterapkan padanya, dan sebagian akan diserap oleh pembuluh darah. Meskipun tidak semua zat berbahaya dapat menembus plasenta, memilih produk yang mengandung bahan alami dan telah terbukti aman tentu lebih disarankan," katanya.

Bunga Magnolia tidak hanya memiliki kecantikan dan aroma harum, tapi juga menyimpan manfaat yang beragam, baik untuk kesehatan kulit maupun kecantikan.

Tidak hanya itu, ekstrak bunga magnolia juga memiliki bermacam-macam manfaat, yaitu mencerahkan kulit, melindungi dari kerusakan, mengatasi peradangan, hingga merawat kulit berjerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini