Sukses

Rekomendasi Menu Buka Puasa yang Sehat dan Praktis

Berikut menu buka puasa yang bukan cuma sehat dan praktis tapi juga mengenyangkan.

Liputan6.com, Jakarta Apa menu buka puasa favorit Anda? Ada beberapa yang menyebut es teh dan gorengan jadi menu favorit berbuka puasa.

Menurut praktisi kesehatan masyarakat Ngabila Salama empat menu berikut yang direkomendasikan untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan. Mulai dari kurma hingga buah-buahan, berikut penjelasannya

1. Kurma

Kurma mengandung karbohidrat sederhana yang bisa menjadi sumber energi untuk tubuh setelah berpuasa. Kurma juga mengandung kalori, serat, protein, serta vitamin B6 yang baik untuk kesehatan tubuh.

"Kandungan serat pada buah kurma juga membuat cepat merasa kenyang sehingga tidak akan mengkonsumsi berlebihan," kata Ngabila dalam pesan tertulis yang diterima Liputan6.com.

2. Makanan Tinggi Protein

Telur, ikan, ayam, daging mengandunh protein cukup tinggi akan merasa kenyang lebih cepat.

Ngabila menuturkan bahwa ikan adalah sumber protein dan vitamin B yang bisa membantu untuk mengembalikan energi setelah berpuasa selama satu hari. Sementara itu, daging ayam bagian dada tanpa kulit juga menjadi sumber protein yang sehat usai seharian berpuasa.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti kale dan bayam menjadi sayuran yang baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Kandungan protein dan antioksidan di dalamnya membuat lebih bertenaga setelah seharian berpuasa.

4. Buah-buahan

Makanan sehat lainnya yang baik untuk dikonsumsi saat buka puasa adalah buah pisang yang mengandung gula alami hingga serat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saran Menu Sahur yang Bikin Kenyang Lebih Lama

Mengenai menu sahur, penting juga untuk memilih makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama. Pemilihan menu sahur yang tepat membantu puasa lancar seharian dari fajar hingga matahari terbenam.

"Makanlah saat sahur yang membuat perut merasa kenyang lebih bertahan lama dan berenergi," kata Ngabila.

Berikut rekomendasi makanan untuk sahur dari Ngabila:

1. Sup

Sayuran, serat, daging selain membuat kenyang terasa lebih lama juga dapat menghentikan sel-sel di perut untuk memproduksi hormon yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan pada tubuh. Sup juga mengandung air yang cukup banyak, sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dengan kuah bening, bukan krim.

 2. Nasi Merah

Nasi merah memiliki kalori lebih rendah jika dibandingkan nasi putih dan indeks glikemik lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih, mi, atau pasta. Indeks glikemik rendah dapat membuat proses penyerapan zat gizi akan lebih lambat pada tubuh dan kenyang terasa lebih lama

 

3 dari 4 halaman

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan juga memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. Contoh: kacang edamame yang dapat membuat kenyang bertahan lama.

 4. Telur

Mengonsumsi telur yang dimasak matang akan menyehatkan dan membuat merasa kenyang lebih lama. Hal ini berkat kandungan protein dan lemak pada telur yang dapat membuat kamu tidak merasa lapar dalam jangka waktu yang cukup lama.

 

4 dari 4 halaman

5. Buah Pisang

Buah seperti pisang membuat kenyang lebih lama selama berpuasa karena kaya mineral seperti magnesium dan potasium.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.