Sukses

Terjebak Kesepian dalam Hubungan, Apa yang Harus Dilakukan?

Merasa kesepian dalam sebuah hubungan adalah hal yang cukup sering terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda merasa kesepian meskipun berada dalam suatu hubungan? Rasa sepi ini bisa muncul meskipun Anda dikelilingi oleh orang-orang terkasih, termasuk pasangan.

Kesepian dalam hubungan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya komunikasi, kesalahpahaman, atau perbedaan minat. Hal ini dapat membuat Anda merasa terisolasi, frustrasi, dan bahkan sedih.

Melansir dari Time Magazine, psikolog dan pakar hubungan Niloo Dardashti yang mengungkapkan bahwa merasa kesepian dalam hubungan jangka panjang adalah hal yang umum. Dardashti menjelaskan bahwa ada dua alasan utama di balik fenomena ini. Pertama, ada kemungkinan terdapat disfungsi dalam hubungan itu sendiri. Kedua, salah satu atau kedua pasangan mungkin memiliki ekspektasi yang tidak realistis dan berharap pasangan mereka dapat mengisi "kekosongan" yang mereka rasakan.

Survei Pew Research Center tahun 2018 menunjukkan bahwa 28% orang yang tidak puas dengan kehidupan keluarga mereka merasa kesepian sepanjang waktu atau sebagian besar waktu. Hal ini sejalan dengan temuan General Social Survey tahun 2016 yang menunjukkan jumlah pasangan tidak bahagia dalam pernikahan mencapai titik tertinggi sejak tahun 1974.

Menurut Gary Brown, seorang terapis keluarga dan pernikahan, perasaan kesepian ini sering muncul ketika pasangan kehilangan koneksi emosional. "Bahkan dalam hubungan yang sangat baik, ada kalanya salah satu atau kedua pasangan merasa jauh dan terasing satu sama lain," terangnya.

Ketidakmampuan untuk menjadi terbuka juga dapat menjadi penyebab kesepian dalam hubungan romantis, seperti yang diungkapkan Jenny Taitz, seorang psikolog klinis. "Salah satu faktor yang berkontribusi pada kesepian adalah tidak berbicara tentang perasaan Anda atau berbagi hal-hal yang mungkin terasa berisiko," paparnya. "Anda mungkin dekat dengan seseorang, tetapi mereka mungkin tidak tahu hal-hal pribadi tentang Anda."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampak Media Sosial Pada Hubungan

Media sosial dapat memperparah rasa kesepian dalam hubungan. Menurut Taitz, membandingkan hubungan Anda dengan unggahan di media sosial dapat menimbulkan perasaan kesepian.

"Misalnya, katakanlah itu Hari Valentine, dan Anda makan malam yang menyenangkan. Tapi kemudian Anda membuka media sosial dan orang lain mendapatkan perhiasan atau bunga yang sangat indah," katanya. "Itu akan secara otomatis membuat Anda merasa kesepian."

Ketika Anda membandingkan hubungan Anda dengan yang ada di media sosial, Anda menciptakan "jarak yang tidak menyenangkan" antara Anda dan pasangan Anda. Melalui jarak ini, perasaan kesepian mulai muncul. Dan semakin banyak waktu yang Anda habiskan di media sosial, semakin kesepian Anda bisa merasa. Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa orang yang menghabiskan lebih dari dua jam sehari di media sosial dua kali lebih mungkin merasa kesepian.

Namun, terkadang rasa kesepian muncul sebelum hubungan dimulai. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa kesepian bisa menjadi sifat yang dapat diwariskan dan beberapa orang mungkin secara genetik cenderung merasa lebih kesepian. Dardashti memperingatkan bahwa memasuki hubungan untuk menyembuhkan kesepian yang sudah ada sebelumnya tidak akan berhasil.

"Orang berharap orang lain ini menjadi solusi untuk kesendirian eksistensial mereka di dunia, tapi biasanya itu bukan [kasus]," katanya. "Tidak ada orang ini yang akan mengambil [menghilangkan] kesendirian itu."

3 dari 4 halaman

Mengidentifikasi Akar Kesepian Dalam Hubungan

Menemukan sumber kesepian Anda bisa jadi rumit. Langkah pertama adalah berbicara dengan pasangan Anda tentang perasaan Anda, saran Joshua Rosenthal, seorang psikolog klinis. Jika pasangan Anda menunjukkan upaya untuk memuaskan Anda secara emosional namun Anda tetap merasa kesepian, kemungkinan akar permasalahannya berasal dari diri Anda sendiri, kata Rosenthal.

Perhatikan hubungan masa lalu Anda untuk melihat apakah perasaan ini merupakan pola. Apakah Anda selalu merasa kesepian setelah tahap awal hubungan baru? "Itu adalah pertanyaan yang harus dipertimbangkan. Apa yang ada dalam diri Anda yang menciptakan dinamika ini?" saran Dardashti, seorang terapis pernikahan dan keluarga.

Jika Anda dan pasangan Anda sama-sama merasa kesepian, kemungkinan besar hubungan Anda adalah penyebabnya. Kesepian bisa menular, menurut sebuah studi tahun 2009 dalam Journal of Personality and Social Psychology.

Penting untuk melihat perasaan ini dalam konteks hubungan Anda, kata Dardashti. Apakah Anda merasa lebih kesepian sekarang daripada sebelumnya? Apakah Anda merasa ada waktu ketika Anda lebih puas dengan pasangan Anda? Jika jawabannya ya, maka ini bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak berfungsi dalam hubungan Anda. Seringkali, Anda berdua mungkin telah berubah dan "menjauh ke arah yang berbeda," kata Dardashti.

4 dari 4 halaman

Mengatasi Rasa Kesepian Dalam Hubungan

Jika Anda merasakan kesepian dalam hubungan dan ingin kembali ke jalur yang benar, kuncinya adalah komunikasi terbuka dengan pasangan Anda.

Langkah pertama adalah menyadari perasaan Anda dan mengomunikasikannya dengan cara yang tidak menghakimi.

"Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjadi sadar akan apa yang Anda rasakan dan kemudian mendekati pasangan Anda dan memulai apa yang mungkin akan menjadi serangkaian percakapan," kata Brown. "Ini harus terjadi dengan cara yang membuat pasangan Anda tidak merasa dihakimi; lebih kepada sekadar memberi tahu mereka apa yang Anda alami."

Gunakan bahasa yang tidak menuduh dan fokuslah pada perasaan Anda. Contohnya, Anda bisa mengatakan, "Saya ingin mempercayai Anda dengan apa yang terjadi dalam dunia batin saya — Saya merasa agak diabaikan belakangan ini, dan saya tidak ingin Anda mendengarnya sebagai suatu kesalahan, tapi lebih sebagai pengalaman saya," kata Brown.

Tunjukkan empati dan dengarkan sudut pandang pasangan Anda.

 

Pertimbangkan juga beban pikiran yang mungkin dimiliki pasangan Anda yang bisa membuat mereka tidak sepenuhnya ada untuk Anda, tambah Brown.

Jika pasangan Anda ingin memperbaiki hubungan, Anda dapat bekerja sama untuk mencari solusi.

Jika Anda merasa kesulitan berkomunikasi atau mencari solusi, pertimbangkan untuk pergi ke terapis pasangan. "Jika Anda merasa terjebak dengan beberapa masalah atau kesulitan berkomunikasi dengan efektif dengan pasangan Anda dan [Anda] menghargai hubungan Anda, ada terapi pasangan berbasis bukti yang dapat membantu Anda meningkatkan kedekatan dalam sejumlah sesi dengan mengajarkan Anda keterampilan," kata Taitz.

Keterampilan ini dapat membantu Anda berkomunikasi dengan cara yang meredakan ketegangan dan mengatur emosi sebelum berbicara dengan pasangan.

Dengan komunikasi yang terbuka dan usaha bersama, Anda dapat mengatasi kesepian dalam hubungan dan membangun kembali kedekatan dengan pasangan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.