Sukses

Tips Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Berpuasa, Bisa Pakai Bahan Alami

Beberapa tips berikut ini bisa mengatasi bibir kering saat berpuasa

Liputan6.com, Jakarta Selama bulan puasa, salah satu keluhan utama adalah bibir kering dan pecah-pecah.

Tidak seperti area kulit lainnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaganya tetap lembap.

Mengutip dari Arab News, kulit bibir kita 15 kali lebih tipis dari kulit tubuh, sehingga membutuhkan perawatan dan perlindungan ekstra, terutama selama bulan Ramadan ketika tingkat hidrasi berada pada titik terendah.

Selain itu, kebanyakan orang tidak menyadari betapa seringnya mereka menjilat dan bahkan mengelupas kulit bibir mereka tanpa memikirkannya.Kebiasaan tersebut malah membuat kulit bibir sangat kering.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan bibir menjadi kering, dengan mengendalikan faktor-faktor tersebut, dapat membantu mengobati dan mencegah bibir pecah-pecah. Berikut ini cara mencegah bibir pecah-pecah selama berpuasa.

1. Minum Banyak Air Putih

Cara terbaik untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering adalah dengan meningkatkan asupan air saat berbuka puasa dan sahur. Secara umum, minum dua liter air per hari akan membuat bibir Anda halus sekaligus terhindar dari dehidrasi.

Dehidrasi adalah penyebab utama bibir pecah-pecah. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang masuk.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan menarik air dari area tertentu untuk memastikan sel-sel tetap terhidrasi. Hal ini dapat menyebabkan bibir kering

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Berhenti Menjilat Bibir

Kebiasaan membasahi bibir dengan air liur hal ini justru membuat bibir semakin kering. Air liur tidak hanya mengandung asam yang dapat mengiritasi bibir, tetapi menjilat bibir secara terus menerus akan menghilangkan minyak alami yang ada pada kulit.

Sebagai gantinya, gunakanlah lip balm untuk menutrisi dan menenangkan bibir yang kering.

Carilah pelembap bibir yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan dan melembapkan, seperti patroleum, lanolin, beeswax, dan Ceramide.

3. Gunakan Masker Bibir

Mirip dengan masker wajah, masker bibir mudah digunakan dan dikemas dengan bahan pelembab seperti asam hyaluronic, shea butter, dan vitamin E.

Untuk menggunakannya, letakkan lembaran berbentuk bibir di mulut Anda selama 10 menit. Kemudian, lepaskan penutupnya dan biarkan sisa serum menyerap ke dalam kulit Anda untuk mendapatkan bibir yang lebih halus.

3 dari 4 halaman

4. Exfoliasi Bibir

Bibir pecah-pecah ditutupi oleh lapisan kulit kering yang dapat mencegah bahan penyembuh dalam lip balm mencapai area yang tepat. Anda dapat menggunakan scrub bibir yang mengandung gula atau soda kue untuk mengelupas kulit kering ini dengan lembut.

Eksfoliasi bibir akan membuat bibir Anda lebih lembut dan terhidrasi, tanpa menghilangkan kelembapan alaminya. Anda bisa membuat scrub bibir sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan dapur seperti madu dan gula. Anda dapat membuat scrub dengan menggabungkan madu, minyak kelapa, dan gula mentah dengan perbandingan yang sama, lalu oleskan campuran tersebut dengan lembut ke bibir Anda.

5. Gunakan Pelembap Udara

Udara kering dapat menghilangkan kelembapan kulit termasuk bibir. Cobalah untuk menggunakan pelembap udara ke dalam ruangan Anda selama bulan suci untuk menambahkan kelembapan udara yang sangat dibutuhkan agar menjaga bibir tetap lembap.

4 dari 4 halaman

Cobalah Pengobatan Bibir Alami

Berikut ini ada beberapa pengobatan alami yang efektif untuk mengatasi bibir pecah-pecah menggunakan bahan yang mudah didapat, menurut Medical News Today:

  • Lidah buaya: Mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan anti-inflamasi yang dapat menenangkan dan menghidrasi kulit yang rusak.
  • Minyak kelapa: Terbuat dari daging buah kelapa, minyak ini memerangi peradangan dan bersifat emolien, yang berarti dapat menenangkan dan melembutkan kulit.
  • Madu: Madu sangat melembapkan, yang membuatnya menjadi perawatan yang baik untuk bibir kering.
  • Mentimun: Mentimun dapat melembapkan bibir dengan lembut, kemungkinan vitamin dan mineral di dalamnya dapat meningkatkan penampilan bibir.
  • Teh hijau: Mengandung polifenol yang dapat mengurangi peradangan. Rendam sekantong teh hijau dalam air hangat dan gosokkan dengan lembut pada bibir untuk melembutkan dan menghilangkan kulit kering yang berlebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.