Sukses

Bacaan Niat Sholat Tarawih Berjamaah dan Sendiri Lengkap dengan Tata Cara dan Doa

Jangan Lupa Baca Niat Sholat Tarawih, Berikut Lafal Lengkapnya

Liputan6.com, Jakarta - Pada bulan suci Ramadan, umat Muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa yang diiringi dengan pelaksanaan sholat tarawih. Sholat tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang dilakukan setelah sholat Isya' pada malam hari. Dalam artikel ini, akan dibahas niat sholat tarawih, tata cara membacanya, dan doa-doa yang dianjurkan.

Niat sholat tarawih merupakan langkah awal sebelum melaksanakan ibadah tersebut. Niat ini haruslah ikhlas dan dilakukan dengan penuh kesadaran. Niat sholat tarawih dapat dilafalkan dalam hati atau dengan ucapan. Misalnya, "Aku niat melaksanakan sholat tarawih sunnah muakkad dua belas rakaat karena Allah Ta'ala."

Dengan memahami niat sholat tarawih, tata cara pelaksanaannya, serta doa-doa yang dianjurkan, kita dapat melaksanakan ibadah ini dengan lebih baik. Berikut lafal niat sholat tarawih yang dilakukan berjamaah maupun sendirian seperti dikutip dari situs NU Online pada Senin, 11 Maret 2024. 

1. Niat Sholat Tarawih Berjamaah (Imam)

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta‘ālā.

Artinya : Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT.

 

2. Niat Sholat Tarawih Berjamaah (Makmum)

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā.

Artinya : Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.

3. Niat Sholat Tarawih Sendiri

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an lillāhi ta‘ālā.

Artinya : Aku menyengaja sembahyang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah SWT.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tata Cara Sholat Tarawih Selama Bulan Ramadhan

Setelah menentukan niat, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk melaksanakan sholat tarawih. Caranya adalah dengan membersihkan diri, berwudhu, dan memakai pakaian yang bersih. Kemudian, kita dapat mempersiapkan tempat yang nyaman untuk melaksanakan sholat tarawih, baik di rumah atau di masjid.

Tata cara pelaksanaan sholat tarawih terdiri dari 11 rakaat yang dilakukan berjamaah. Setiap rakaatnya dilakukan dengan membaca Al-Fatihah dan surat-surat pendek lainnya. Setelah dua atau empat rakaat, kita dapat melakukan istirahat sejenak sebelum melanjutkan dua atau empat rakaat berikutnya.

Usai menyelesaikan delapan rakaat sholat tarawih, kita akan mendengarkan ceramah atau di banyak masjid langsung menunaikan sholat witir tiga rakaat.

Doa-doa yang dianjurkan dalam sholat tarawih adalah doa yang bersifat umum maupun doa khusus. Doa umum yang dianjurkan adalah memohon ampunan, rahmat, dan hidayah dari Allah SWT. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk berdoa agar diberikan kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Doa khusus yang dianjurkan dalam sholat tarawih adalah doa untuk memohon keberkahan dan keampunan. Kita dapat berdoa agar segala amal ibadah yang kita lakukan diterima oleh Allah SWT dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Selain itu, kita juga dapat berdoa agar diberikan kekuatan untuk terus istiqamah dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

 

 

3 dari 3 halaman

Sholat Tarawih Harus Khusyuk

Dalam melaksanakan sholat tarawih, kita juga perlu menjaga khusyuk dan khushu'. Khusyuk adalah keadaan hati yang penuh konsentrasi dan khushu' adalah keadaan hati yang tunduk dan khusyuk kepada Allah SWT. Kita perlu menghindari segala distraksi dan fokus pada ibadah yang sedang kita lakukan.

Selain itu, kita juga perlu menjaga kekhusyukan dengan menghindari berbicara selama sholat tarawih kecuali dalam keadaan darurat. Kita juga perlu menjaga sikap sopan dan menjaga rasa saling menghormati antara jamaah yang sedang melaksanakan sholat.

Dalam melaksanakan sholat tarawih, kita juga dapat memperbanyak membaca Al-Quran di antara setiap rakaatnya. Hal ini dapat meningkatkan keberkahan ibadah yang kita lakukan. Selain itu, kita juga dapat memperbanyak dzikir dan berdoa setelah selesai melaksanakan sholat tarawih.

Sholat tarawih merupakan ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan. Melalui ibadah ini, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh banyak keberkahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini