Sukses

Buah Kering Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaatnya

3 Buah Kering yang Baik untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Buah kering memiliki sumber vitamin dan mineral yang dapat bertahan lebih lama dari pada buah segar. Buah-buahan ini memiliki rasa yang manis dan baik dimakan sebagai camilan sehat. Namun, apakah buah kering menawarkan manfaat kesehatan yang sama dengan buah segar?

Mengutip dari Health pada Sabtu, 9 Maret 2024, setelah air dihilangkan dari buah segar, buah yang tersisa akan lebih terkonsentrasi pada kalori, dan proses pengeringan juga dapat menghilangkan sebagian besar kandungan vitamin buah. 

Meskipun begitu, buah-buahan yang dikeringkan dapat menjadi bagian penting dari diet sehat. Beberapa jenis buah-buahan kering bahkan memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi daripada yang lainnya. Penting untuk memilih buah-buahan kering yang sehat dan tidak mengandung tambahan gula atau pengawet. Beberapa contoh buah-buahan kering yang sehat:

  • Aprikot Kering: Aprikot kehilangan sebagian besar Vitamin C selama proses pengeringan, tapi tetap kaya akan nutrisi penting lainnya. Aprikot yang dikeringkan adalah sumber kalium yang baik, yang berperan dalam hidrasi dan kontraksi otot, dan tembaga, yang penting untuk pembentukan sel darah merah.
  • Apel Kering: Apel kering cenderung lebih rendah kalori. Ditambah lagi, apel kering mengandung cukup banyak tembaga yang mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan pembentukan sel darah merah.
  • Kismis: Kismis mengandung banyak vitamin dan mineral, serta jumlah serat yang cukup banyak. Kismis cenderung tinggi gula dan kalori, tetapi jika dikonsumsi dengan hati-hati, kismis dapat mendukung kesehatan pencernaan, kadar zat besi, dan tulang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nutrisi Pada Buah Kering

Ada beragam jenis buah kering yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan profil nutrisi yang berbeda. Satu porsi campuran buah kering biasanya mengandung sejumlah nutrisi penting, meskipun jumlahnya bisa bervariasi tergantung pada jenis buah yang terdapat dalam campuran tersebut.

Contoh nutrisi yang umumnya terdapat dalam satu porsi campuran buah kering adalah sebagai berikut, seperti dilansir dari WebMD pada Sabtu, 9 Maret 2024.

  • Kalori: 480
  • Protein: 4 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat 112 gram
  • Serat: 8 gram
  • Gula: 92 gram

Secara umum, mikronutrien yang paling umum ditemukan dalam buah kering meliputi:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Kalium

Sebagai contoh, kismis mengandung vitamin C dan zat besi yang tinggi. Di sisi lain, plum memiliki lebih banyak vitamin A.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kesehatan Potensial dari Buah Kering

Mikronutrien dalam buah kering telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan yang berbeda. Ini berarti bahwa camilan manis ini tidak hanya mengandung kalori kosong.

Kesehatan Mata

Vitamin C dan A telah terbukti bermanfaat dalam mencegah dan memperlambat perkembangan katarak. Vitamin C juga telah dikaitkan dengan pencegahan gangguan penglihatan yang berkaitan dengan usia.

Pencegahan Osteoporosis

Kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, terutama jika Anda mencoba mencegah timbulnya osteoporosis. Salah satu buah kering yang memiliki kandungan kalsium yang sangat baik adalah kiwi.

Kehamilan yang Sehat

Mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi telah terbukti penting untuk kehamilan yang sehat. Selama kehamilan, tubuh perlu menyerap zat besi dalam jumlah besar, yang berarti lebih banyak yang harus dikonsumsi daripada biasanya. Cobalah aprikot kering untuk mendapatkan zat besi, karena satu cangkirnya mengandung 3,5 mg.

4 dari 4 halaman

Potensi Risiko Buah Kering

Hampir semua jenis buah kering memiliki masalah terkait dengan kandungan gula, karbohidrat, dan kalorinya yang tinggi. Proses pengeringan menyebabkan semua nutrisi terkonsentrasi dalam kemasan yang lebih kecil. Sehingga untuk mencapai ambang batas kalori yang sama dengan buah segar, Anda perlu mengonsumsi lebih sedikit buah kering berdasarkan beratnya.

Penambahan Berat Badan

Meskipun buah kering mengandung serat yang tinggi, kandungan gulanya yang tinggi sebenarnya dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Buah segar adalah pilihan yang lebih baik. Pada buah segar, kandungan serat yang tinggi disertai dengan kandungan air yang tinggi. Kedua faktor ini membantu Anda merasa kenyang lebih cepat.

Masalah Diabetes

Penderita diabetes harus berhati-hati dengan buah kering. Semua buah, segar atau kering, harus diperhatikan ketika ingin mengonsumsinya. Buah kering lebih baik dikonsumsi sebagai camilan sehat pengganti snack atau junkfood.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini