Sukses

Kenapa Orang Sering Mengucek Mata?

Mengucek mata dapat memberikan tekanan yang tidak perlu pada mata dan, dalam beberapa kasus, bahkan dapat menyebabkan kondisi serius yang disebut keratoconus.

 

Liputan6.com, Jakarta - Tindakan mengucek mata merupakan kebiasaan yang umum dilakukan orang. Namun, asisten profesor oftalmologi serta direktur Klinik Mata Komprehensif di Eye and Ear Infirmary Mount Sinai, New York, Masako Cen, MD mengatakan mengucek mata memberi tekanan yang tidak perlu pada mata dan dalam beberapa kasus bahkan menyebabkan kondisi serius yang disebut keratoconus.

“Sejujurnya saya berpikir semua orang tidak boleh menggosok mata mereka, dan hanya meneteskan air mata buatan jika terasa gatal,” kata Chen, dilansir Health.

“Ini sebenarnya akan mengurangi banyak kunjungan ke dokter.”

Secara keseluruhan, mengucek mata cenderung lebih banyak merugikan daripada menguntungkan.

Mengapa Beberapa Orang Sering Mengucek Mata?

Siapa pun bisa merasakan dorongan untuk mengucek mata, namun masalah kesehatan mata tertentu mungkin membuat sebagian orang lebih rentan untuk terlalu sering mengucek mata.

Misalnya, alergi bisa menjadi penyebab utama menggosok mata.

Baik karena alergi musiman atau kondisi lainnya, penderita konjungtivitis alergi, atau alergi mata, sering kali mengalami rasa gatal, perih, dan keluarnya cairan bening yang membuat mereka lebih rentan untuk memiliki kebiasaan mengucek mata.

Penyakit mata juga dapat menyebabkan lebih banyak gesekan—blepharitis, peradangan pada kelopak mata, dan konjungtivitis virus, atau mata merah, dapat menyebabkan seseorang lebih sering menggosok mata, kata asisten profesor klinis oftalmologi di Stanford University School of Medicine Jill Beyer, OD dan Chen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mata Kering

Dan, mata kering juga bisa menjadi penyebab umum terjadinya gesekan.

“Saat ini kita semua duduk di depan ponsel, komputer, dan kurang berkedip—lapisan air mata kita menguap,” kata Clark Chang, OD, direktur urusan medis global di Glaukos dan direktur lensa khusus di Wills Eye Hospital.

“Selain meningkatnya laporan alergi, [mata kering] juga semakin [umumnya] terdiagnosis, dan kami tahu pasien tersebut cenderung mengucek mata mereka,” jelasnya.

Beyer menambahkan, kelelahan mata atau ketegangan mata—yang juga sering disebabkan oleh menatap layar—juga dapat menyebabkan seseorang mengucek mata.

Dan, bahkan jika seseorang tidak mengalami salah satu dari kondisi ini, seringnya menggosok mata bisa menjadi kebiasaan bagi sebagian orang, kata Chang kepada Health.

3 dari 4 halaman

Mengucek Mata Biasanya Membuat Keadaan Lebih Buruk

Secara keseluruhan, mengucek mata cenderung lebih banyak merugikan daripada menguntungkan.

Bagi penderita alergi, mengucek mata justru bisa melepaskan lebih banyak histamin sehingga membuat mata semakin gatal, kata Beyer.

Abrasi juga memprihatinkan.

Menurut Beyer, menggosok mata terlalu keras bisa menyebabkan cedera pada kornea. Dan jika Anda menggosok mata saat ada sesuatu di dalamnya yang tidak seharusnya—bahkan debu—cedera juga bisa terjadi, kata Chen.

“Saat Anda berjalan di jalan, ada sesuatu yang mengenai mata, dan jika ada sesuatu di sana, Anda dapat mencapai titik yang dapat menyebabkan lecet, yang bisa sangat, sangat menyakitkan,” dia menjelaskan.

Meskipun jarang terjadi, menggosok mata dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius.

Setiap kali seseorang menggosok mata, tekanan pada mata meningkat, yang seiring waktu dapat membengkokkan kornea dan membuatnya lebih tipis, jelas Chen. Hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada serat kolagen dan protein lain yang menyusun mata, tambah Chang.

Dalam beberapa kasus, perubahan pada kornea ini dapat menyebabkan keratoconus—penonjolan kornea—pada orang yang rentan.

Chang menjelaskan bahwa keratoconus lebih sering terlihat dan didiagnosis pada orang muda dan bisa menjadi penyakit yang cukup serius. Chen menambahkan bahwa dalam beberapa kasus, mereka yang mengidap keratoconus akan memerlukan “prosedur atau bahkan transplantasi kornea jika sudah parah.”

Beyer mengklarifikasi bahwa menggosok mata bukanlah satu-satunya penyebab keratoconus, meskipun itu adalah salah satu penyebab terjadinya kondisi tersebut.

Jika Anda memang mengidap keratoconus, katanya, mengucek mata terus menerus akan memperburuk kondisinya.

Dan lagi—tidak semua orang yang sering mengucek mata akan terkena keratoconus, tegas Chang.

 

 

4 dari 4 halaman

Menghentikan Kebiasaan Mengucek Mata

Meskipun Anda belum mengidap keratoconus, para ahli sepakat bahwa menggosok mata adalah kebiasaan yang harus dihentikan oleh setiap orang.

“Secara umum, yang terbaik adalah menghindari menggosok mata jika memungkinkan, yang menurut saya sulit,” kata Beyer.

Jika orang menggosok mata saat merasa kering, mereka bisa menggunakan air mata buatan, saran Beyer.

Selain itu, jika seseorang menyadari bahwa mereka mengucek mata saat bekerja di depan komputer atau di tempat lain saat mata mereka lelah, Beyer merekomendasikan aturan 20-20-20—setiap 20 menit, lihat sejauh 20 kaki selama 20 detik. 

“Kita semua menggunakan komputer dan perangkat kita sepanjang waktu, sehingga hampir setiap orang kini mengalami kelelahan mata atau mata kering, hanya ketegangan mata secara umum,” katanya. “Mungkin terasa menyenangkan untuk sesaat, tapi bisa memperburuk keadaan dan menimbulkan lebih banyak masalah.”

Jika seseorang merasa tidak dapat berhenti mengucek matanya, atau jika ia mengalami penglihatan kabur, sensitivitas atau iritasi mata, mata merah, nyeri, atau masalah lainnya, itu semua merupakan indikator bahwa ia harus menemui dokter mata, kata Chen. 

Baik itu mata kering, alergi, keratoconus, atau hal lainnya, ahli kesehatan dapat membantu seseorang menemukan akar masalahnya.

“Jika Anda khawatir mata Anda tergores dan Anda tidak tahu apa alasannya,” kata Chang, “Saya sangat menyarankan Anda pergi ke dokter mata untuk memeriksakannya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.