Sukses

Menkes Budi: Bila Mau Anak-Anak Sehat, Harus Ada Upaya Preventif Termasuk Imunisasi

Pemberian imunisasi secara lengkap mencegah anak sakit atau mencegah keparahan bila sakit.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendorong agar anak-anak mendapatkan imunisasi yang lengkap. Imunisasi dapat menjaga anak-anak tetap sehat dan mencegah keparahan penyakit.

“Lebih baik promotif preventif daripada kuratif, lebih baik beresin masalahnya di hulu maupun di hilir. Lebih baik sekarang daripada telat gitu kan. Nah program yang promotif preventif itu buat anak-anak kalau saya ngeliatnya satu itu mesti diedukasi keluarganya,” kata Menkes Budi dalam acara National Immunization Champion Workshop bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Jumat (8/3/2024).

Di Indonesia, pemerintah memberikan 14 jenis vaksin untuk imunisasi rutin anak. Penambahan jenis vaksin yang diberikan gratis, kata Budi, berdasarkan rekomendasi para ahli.

“Imunisasi sendiri di Indonesia tadinya 11 antigen, waktu saya masuk atas rekomendasi teman-teman ahli dinaikin jadi 14 antigen, kita tambahnya tiga.”

"Satu PCV itu buat pneumonia, kemudian rotavirus itu buat diare, kemudian HPV itu untuk kanker serviks. Nah dua dari tiga yaitu PCV dan rotavirus kita berikan karena kita lihat nih anak-anak kita paling banyak meninggalnya gara-gara apa? Balita kita kematiannya tinggi, itu lagi mau nurunin supaya nggak malu-maluin.”

Selain imunisasi, Budi juga mendorong masyarakat untuk rajin melakukan skrining untuk mengetahui apakah ada penyakit atau tidak.

Pneumonia dan Diare

Salah satu penyebab utama kematian tinggi pada balita adalah infeksi. Salah satu infeksi yang tinggi kasusnya di Indonesia adalah pneumonia dan diare. Padahal, kedua penyakit ini ada vaksinasinya.

“Jadi balik lagi untuk bisa anak-anak kita sehat intervensinya itu harus preventif. Salah satunya adalah imunisasi. Nah, imunisasi itu harus diberikan secara lengkap untuk melindungi anak-anak kita supaya nanti daya tahan tubuhnya lebih siap,” ucap Budi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

IDAI Ajak Selain Dokter untuk Gencarkan Imunisasi

Dalam kesempatan yang sama, Ketua IDAI Piprim Basarah Yanuarso menjelaskan soal workshop imunisasi yang digelar.

Menurutnya, workshop ini mengundang 30 cabang dokter anak di seluruh Indonesia. Selain dokter anak, IDAI mengundang stakeholder lain seperti kelompok guru, ulama, dan masyarakat lain.

“Ini supaya imunisasi itu bukan hanya miliknya dokter tapi awareness-nya itu juga dibantu penyebarannya oleh kelompok masyarakat. Saya kira ini akan sangat efektif kalau menyebarkan (edukasi) imunisasi dengan bahasa mereka,” ujar Piprim.

 

3 dari 4 halaman

Kampanye Vaksin di Sekolah

Piprim menilai, jika guru-guru ikut terlibat dalam kampanye imunisasi di sekolah maka hasilnya akan jauh lebih efektif.

“Apalagi HVP ini nanti di usia sekolah ya, nanti akan jauh lebih efektif dibanding dokter aja (yang kampanye. Jadi dokternya, guru-gurunya, orangtuanya, perkumpulan orangtua muridnya itu saya kira perlu dilibatkan semua.”

Partisipasi semua pihak di berbagai sektor pada gilirannya dapat membuat semua masyarakat menerima imunisasi tanpa ragu-ragu.

4 dari 4 halaman

Target usai Workshop Imunisasi

Dalam workshop imunisasi ini, Piprim mengajarkan peserta terkait cara komunikasi saat menghadapi orang-orang yang ragu mendapatkan imunisasi.

“Bagaimana menyusun program di daerahnya masing-masing untuk advokasi imunisasi. Jadi enggak selesai sekarang, makanya ini program dua tahun karena kita enggak mau hit and run. Ini terus dikawal dan ada hasil signifikan yang bisa kita dapat di akhir.”

Lebih lanjut, Piprim mengatakan bahwa imunisasi di Indonesia menjadi hal penting lantaran situasi di Tanah Air yang kerap mengalami kejadian luar biasa (KLB).

“Kemarin kita dengan KLB polio, difteri juga masih ada, campak masih ada, rubella masih ada. Itu biasanya karena cakupan (vaksinasinya) lebih rendah di masyarakat.”

Rendahnya cakupan imunisasi dapat disebabkan berbagai hal salah satunya informasi keliru yang sampai pada masyarakat sehingga membuat mereka ragu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diare adalah kondisi di mana feses yang dikeluarkan encer atau berair dengan frekuensi lebih sering daripada biasanya.

    Diare

  • Pneumonia atau yang lebih dikenal dengan istilah paru-paru basah, merupakan peradangan yang terjadi pada jaringan paru-paru

    Pneumonia

  • Imunisasi adalah proses pembentukan sistem imun tubuh, agar kebal terhadap penyakit tertentu.

    Imunisasi

  • Menkes Budi

Video Terkini